√ Putus Mitra Shopee Food Driver : Penyebab & Cara Atasi

Putus Mitra Shopee Food Driver – Memilih untuk bergabung menjadi driver Shopee Food sepertinya sudah banyak dipilih sebagai salah satu profesi yang begitu menguntungkan. Mengingat sampai saat ini selain pihak Shopee yang terus mengembangkan layanan food delivery terbaru mereka.

Ternyata minat masyarakat terkait layanan pesan antar makanan milik Shopee juga terus meningkat. Bahkan di lain sisi, Shopee juga masih terus memperluas wilayah jangkauan Shopee Food untuk beberapa kota besar di tanah air. Hal tersebut membuat pencarian informasi mengenai CARA DAFTAR SHOPEE FOOD DRIVER pun terus meningkat.

Walau sudah menjadi profesi “sejuta umat”, namun jika boleh di kata. Menjadi driver Shopee Food bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Apalagi bagi kalian yang mengharapkan penghasilan lebih. Karena seperti kebanyakan perusahaan jasa transportasi online yang ada, Shopee juga memberlakukan Standard Operating Procedure atau SOP.

Dimana semua SOP terkait kemitraan bersama dengan Shopee Food telah tertulis lengkap dalam KODE ETIK SHOPEE FOOD DRIVER. Yang perlu diperhatikan adalah semua kode etik tersebut harus dan selalu kalian taati ketika sudah resmi menjadi mitra driver Shopee Food. Jika tidak, besar kemungkinan akun akan dinonaktifkan.

Putus Mitra Shopee Food Driver dari Penyebab Cara Mengatasinya

Bahkan besar kemungkinan akun akan terkena putus mitra. Jika akun sudah mendapatkan notifikasi putus mitra Shopee Food. Maka semua bentuk orderan tidak akan pernah bisa lagi masuk ke akun tersebut. Lantas apa sih sebenarnya putus mitra Shopee Food driver, dan apa penyebab serta cara mengatasinya?.

Apa Itu Putus Mitra Shopee Food Driver?

Apa Itu Putus Mitra Shopee Food Driver

Mungkin bagi mitra driver, sudah tentu tahu apa yang dinamakan putus mitra. Hanya saja, tidak sedikit driver Shopee Food baru masih belum memahami makna atau arti putus mitra. Oleh sebab itu, sebelum kita bahas lebih detail mengenai penyebab serta bagaimana cara mengatasinya. Berikut sedikit penjelasan tentang apa itu putus mitra.

Baca  11 Cara Daftar Driver Teleport AirAsia 2021 : Syarat & Penghasilan

Secara garis besar, putus mitra merupakan sebuah sanksi paling berat yang bisa diterima driver Shopee Food dari pihak aplikator. Alasan paling utama biasanya karena driver tidak menjalankan orderan sesuai SOP atau melanggar kebijakan serta kode etik mitra Shopee Food driver sehingga masuk dalam kategori pelanggaran berat.

Penyebab Putus Mitra Shopee Food Driver

Nah itu adalah sedikit arti dan pengertian mengenai apa itu putus mitra. Dari penjelasan singkat di atas. Lantas apa saja sih yang bisa menjadi faktor utama mitra Shopee Food driver terkena putus mitra?. Nah buat kalian yang penasaran dan ingin mengetahuinya, berikut adalah beberapa indikasi faktor penyebab putus mitra Shopee Food driver.

1. Memakai Aplikasi MOD (Modifikasi)

Memakai Aplikasi Modifikasi

Seiring ramainya layanan Shopee Food, ada beberapa oknum “mitra driver Shopee Food nakal” yang terus mencari cara untuk bisa mendapatkan keuntungan besar selama on-bid. Dari beberapa cara yang mungkin kita tahu, pemakaian aplikasi driver Shopee Food mod / aplikasi yang sudah dimodifikasi.

Bisa menjadi salah satu faktor utama terkena putus mitra Shopee Food. Walau mungkin masih ada yang menggunakannya sampai dengan detik ini. Infojek sangat menyarankan agar kalian menghapus aplikasi tersebut dan menggantinya menggunakan aplikasi Shopee Food driver resmi yang di unduh dari play store.

2. Tidak Sesuai Titik

Tidak Sesuai Titik GPS

Bekerja menjadi driver Shopee Food, setidaknya kita harus bergelut dengan berbagai macam teknologi canggih yang ada di dalamnya. Namun terkadang kecanggihan teknologi pun masih bisa terjadi “error”. Nah dalam dunia driver online, mungkin salah satu teknologi canggih yang paling utama adalah maps atau (petunjuk arah).

Apa sih hubungannya dengan putus mitra Shopee Food?. Dari penelusuran infojek.com, ternyata salah satu penyebab mitra Shopee Food terkena putus mitra yakni saat sistem Shopee memberi order namun titik pada maps terkait lokasi kalian sangat jauh dari lokasi pembeli meskipun posisi sebenarnya sangatlah dekat.

Meski hanya ada satu / dua driver yang pernah mengalaminya, namun perlu diwaspadai bahwa ketidak sesuaian titik pada maps saat menerima order dengan posisi asli seringkali menjadi penyebab utama akun terkena putus mitra.

3. Terlalu Sering Mengabaikan Orderan

Mengabaikan Orderan

Selain penyebab di atas, ternyata putus mitra Shopee Food juga bisa saja terjadi karena sebagai mitra driver kalian terlalu sering mengabaikan orderan masuk meski dalam posisi on-bid. Sebaiknya jika memang sedang tidak ingin menerima orderan, sebaiknya off-kan semenetara akun Shopee Food driver agar sistem tidak membaca kalian sedang aktif.

Baca  13 Cara Menjalankan Orderan Shopee Food : Terima, Ambil & Antar

4. Melakukan Pelanggaran Kode Etik

Melakukan Pelanggaran Kode Etik

Seperti yang sudah infojek.com sebutkan di atas, Shopee sebagai pemilik layanan Shopee Food memiliki SOP atau kode etik tersendiri bagi setiap mitra driver. Ketika akun terbaca oleh sistem melakukan pelanggaran dalam bentuk apapun yang sudah tertulis didalam kode etik tersebut.

Maka besar kemungkinan selain AKUN DITAHAN, bisa saja akun justru terkena notifikasi putus mitra. Maka dari itu, sebaiknya bekerjalah sesuai dengan aturan serta kode etik Shopee Food driver yang telah ditentukan agar akun aman dan tetap bisa menjalankan orderan.

5. Sering Cancel Orderan

Sering Cancel Orderan

Bekerja mungkin akan ada masa di mana jenuh ataupun lelah. Namun jika hal tersebut tengah kalian alami akan tetapi akun tetap kalian hidupkan dengan status on-bid. Maka bisa saja akan membuat kalian membatalkan pesanan yang masuk.

Saat hal tersebut kalian alami namun justru terhitung oleh sistem terlalu sering membatalkan orderan. Besar kemungkinan hal ini juga menjadi salah satu faktor penyebab akun Shopee Food driver terkena putus mitra.

Cara Mengatasi Putus Mitra Shopee Food Driver

Cara Mengatasi Putus Mitra Shopee Food Driver

Apakah akun putus mitra Shopee Food driver masih bisa aktif kembali? secara keseluruhan akun terkena putus mitra masih tetap bisa di aktifkan. Adapun cara yang harus dipakai yaitu dengan mengajukan banding ke pihak Shopee Food. Nah pertanyaannya bagaimana cara banding akun Shopee Food putus mitra?.

Untuk dapat melakukan banding akun putus mitra Shopee Food, sebenarnya sangatlah mudah. Namun hal tersebut juga harus kalian imbangi dengan menyerahkan beberapa syarat dokumen yang diperlukan, seperti :

  • Fotokopi KTP atau bahkan KTP asli (jika dibutuhkan).
  • Fotokopi SIM atau berkas asli (jika dibutuhkan).
  • STNK motor yang dipakai untuk MENJALANKAN ORDERAN SHOPEE FOOD.
  • Nomor HP terdaftar serta email aktif dan terdaftar di akun Shopee Food driver.

Setelah menyiapkan semua berkas dokumen persyaratan pengajuan banding akun putus mitra Shopee Food driver seperti di atas infojek.com sampaikan. Maka berikut adalah beberapa ketentuan umum pengajuan banding akun putus mitra.

  • Mengajukan banding sebaiknya lakukan di kantor Shopee Food terdekat di wilayah masing-masing.
  • Memastikan semua berkas dokumen yang dibutuhkan sudah sesuai dengan data di dalam akun Shopee Food driver.
  • Pengajuan banding akun putus mitra Shopee Food hanya dapat dilakukan maksimal 7 hari setelah mendapatkan notifikasi putus mitra.
  • Jika pengajuan banding tidak dilakukan selama 7 hari setelah mendapat notifikasi. Maka akun akan secara permanen berstatus pelanggaran.
Baca  8 Cara Upload Bukti Pembayaran Shopee Food Driver & Fungsi 2021

Dari penjelasan di atas, lantas apa saja sih hal yang harus dilakukan ketika terkena atau mendapat notifikasi akun di Shopee Food tersebut?

  1. Lakukan panggilan telepon ke call center Shopee Food untuk meminta bantuan.
  2. Segera datangi kantor Shopee Food driver terdekat di daerah masing-masing dengan membawa semua berkas syarat di atas.
  3. Lakukan verifikasi data di hadapan para petugas untuk mencocokan data.
  4. Apabila akun putus mitra Shopee Food masih bisa di aktifkan, maka proses pengaktifan akan di bantu oleh petugas.

Tips Terhindar Putus Mitra Shopee Food

Tips Terhindar Putus Mitra Shopee Food

Meski dapat dibilang cara mengajukan banding akun putus mitra Shopee Food cukup mudah seperti di atas kami sampaikan. Akan tetapi untuk bisa menghindari akun kalian bisa terkena putus mitra pung juga sebenarnya bisa kalian hindari. Nah berkut ini adalah beberapa tips terhidar dari putus mitra Shopee Food driver.

  1. Sebaiknya selalu terima orderan masuk tanpa sering melakukan pembatalan (terkecuali ada hal lebih mendesak).
  2. Jika sering mengalami titik posisi tidak tepat seperti kami sebutkan di atas, ada baiknya segera lakukan kalibrasi maps sesuai dengan jenis serta tipe HP masing-masing.
  3. Pastikan ketika sudah menerima orderan harus segera diselesaikan.
  4. Selalu bersikap ramah terhadap pelanggan agar bintang 5 selalu di dapat dari konsumen.

Akhir Kata

Itu saja kiranya penjelasan yang dapat infojek.com rangkum dan sampaikan pada kesempatan kali ini terkait status putus mitra Shopee Food mulai dari arti, penyebab serta cara mengatasi akun Shopee Food driver terkena notifikasi putus mitra. Semoga apa yang sudah kami rangkum bisa menjadi referensi menarik.