20 Kode Etik Driver ShopeeFood & Sanksi Terlengkap 2021

Kode Etik Driver ShopeeFood – Memanasnya persaingan bisnis pesan antar makanan secara online sepertinya akan kembali terjadi. Pasalnya seperti rumor kabar yang beredar, Shopee salah satu penguasa pasar marketplace online ternama kabarnya akan merilis ShopeeFood.

Layanan ini akan memberi perlawanan ketat bagi para perusahaan ride hailing yang ada di Indonesia lebih dulu seperti Grab ataupun Gojek. Yang mana kita semua tahu bahwa kedua perusahaan yang sebelumnya dikabarkan akan MERGER punya layanan GrabFood atau GoFood.

Walau terdengar masih sebatas rumor, namun dari pengamatan infojek.com. Shopee sepertinya benar-benar akan menawarkan layanan pesan antar makanan dan minuman ShopeeFood. Karena dari hari ke hari halaman bantuan terkait ShopeeFood terus mendapatkan update baru.

Setelah sebelumnya ada update terkait panduan CARA DAFTAR MERCHANT SHOPEEFOOD. Baru-baru ini ada satu lai pembaruan di halaman bantuan Shopee terkait layanan ShopeeFood.

Kode Etik Driver ShopeeFood Terbaru dan Terlengkap

Yang dimana, pembaruan tersebut terkait dengan peraturan atau kode etik driver ShopeeFood atau bisa juga disebut kode etik mitra pengemudi ShopeeFood. Lantas apa itu kode etik dan apa saja kode etik yang diberikan Shopee untuk para mitra pengemudi ShopeeFood?

Apa itu Kode Etik?

Apa itu Kode Etik

Bila dilihat secara umum, kode etik adalah sebuah sistem atau norma serta nilai dan aturan profesional yang dikeluarkan oleh pemilik usaha/perusahaan dalam bentuk tertulis dan tegas.

Yang dimana dalam beberapa poin tertulis tersebut disertakan pernyataan terkait tentang peraturan dan juga hal-hal yang boleh dikerjakan atau dilakukan dan hal yang tidak boleh di lakukan baik sengaja ataupun tidak.

Baca  10 Cara Daftar ShopeeFood Merchant 2021: Syarat & Keuntungan

Jadi jika di ringkas, maka kode etik juga bisa dikatakan sebuah pola aturan, tanda, pedoman etis dan juga tata cara ketika melakukan sebuah kegiatan. Jadi bila ditanya apa itu kode etik driver ShopeeFood tentu kita akan paham dan bisa menjelaskannya secara detail.

Kode Etik Mitra Pengemudi ShopeeFood

Kode Etik Mitra Pengemudi ShopeeFood

Jika dilihat dari fasilitas layanan yang diberikan oleh pihak Shopee, secara garis besar sebenarnya ada beberapa kode etik mitra pengemudi ShopeeFood yang hampir sama dengan KODE ETIK GRAB atau Gojek yang sebelumnya pernah kami sampaikan.

Namun untuk membuat kalian lebih paham dan jelas dengan apa saja kode etik yang diberikan oleh Shopee sebagai pemilik layanan ShopeeFood. Maka dibawah ini akan infojek.com sampaikan secara rinci dan jelas apa saja daftar kode etik driver ShopeeFood tersebut.

Komintmen Mitra

NoKode Etik
1Tidak mengenakan atribut resmi ShopeeFood seperti Jaket / Helm
2Tidak menggunakan peralatan yang cukup seperti alat atau peralatan kurang atau bahkan rusak
3Berpenampilan atau memakai kostum yang tidak rapi
4Tidak mengunggah bukti pembelanjaan sesuai dengan aplikasi Shopee atau bahkan sengaja mengunggah pembelanjaan yang tidak jelas
5Mengemudi dalam pengaruh alkohol atau NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya)
6Terlibat kasus yang membutuhkan investigasi baik langsung atau tidak langsung saat menjalankan sebuah layanan
7Standar layanan di bawah rata–rata seperti tingkat penerimaan rendah, tingkat penyelesaian rendah, waktu online, tingkat pembatalan tinggi dan atau rating rendah

Kualitas Layanan

NoKode Etik
8Menyelesaikan status pengantaran tanpa mengambil pesanan dan atau mengirimkannya kepada pelanggan
9Menghubungi pelanggan untuk tujuan diluar layanan ShopeeFood
10Menggunakan kata-kata kasar dan tidak sopan saat berkomunikasi
11Menolak atau menunda pengambilan dan pengantaran pesanan kepada pelanggan dalam waktu lebih dari 15 menit
12Pesanan yang diantar dan di terima pelanggan tidak berada pada kondisi yang baik dan tidak sesuai pesanan saat diterima pelanggan
Baca  √ Kantor ShopeeFood Jakarta : Alamat, Jam Buka & Layanan

Keamanan Data

NoKode Etik
13Secara sengaja menyebarluaskan data atau informasi pribadi pelanggan atau mitra dan merchant melalui media apapun
14Lalai menjaga keamanan akun mitra pengemudi, sehingga akun digunakan oleh orang lain untuk menjalankan layanan ShopeeFood
15Melakukan jual beli akun mitra driver pengemudi
16Secera sengaja melakukan penyalahgunaan kepada akun pengguna atau pelanggan ShopeeFood

Kecurangan

NoKode Etik
17Terindikasi menggunakan dokumen yang dipalsukan termasuk KTP/SIM/STNK/KK atau yang lainnya
18Menyebarkan atau membujuk orang lain untuk menyebarkan kabar berita buruk yang tidak benar/bohong yang akan dapat merusak nama baik ShopeeFood
19Menekan tombol ambil produk atau makanan atau selesai tidak sesuai dengan tempat dan waktu
20Menggunakan perangkat yang telah diubah tingkat keamanannya seperti Root (android) dan atau Jaibreak (iOS)
21Melakukan kecurangan dengan memanupulasi sistem Shopee milik sendiri atau orang lain untuk mendapatkan order atau uang tambahan

Sanksi & Pentingnya Kode Etik Driver ShopeeFood

Pentingnya Memahami Kode Etik Driver ShopeeFood

Diatas merupakan bagian dari beberapa kode etik driver ShopeeFood yang harus kalian pahami ketika bergabung menjadi Driver ShopeeFood. Karena jika tidak atau menyalahi salah kode etik yang telah di sesuaikan oleh pihak Shopee akan cukup fatal.

Bahkan bukan hanya pemecatan namun juga akan memutus mitra kerja antara kalian dan ShopeeFood. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan membawanya ke meja hijau untuk menemukan keadilan.

Maka dari itu penting jika kalian telah memilih menjadi mitra DRIVER SHOPEEFOOD untuk mengetahui kode etik mitra pengemudi ShopeeFood diatas.

Itulah kiranya daftar lengkap kode etik yang harus dipahami setiap Driver ShopeFood. Silahkan pelajari dan pahami apabila memang kalian berencana untuk menjadi Driver layanan pesan antar makanan online ShopeeFood.

Baca  8 Cara Cepat Dapat Orderan Shopee Food & Faktor Penentu!