Kode Booking Sedang Dibuat Shopee, Arti & Cara Mengatasi

Kode Booking Sedang Dibuat Shopee – Saat ini bisnis online menjadi bagian yang cukup mendapatkan perhatian lebih dari para pelaku usaha. Selain dapat membuat omset bulanan semakin meningkat, menjual berbagai macam produk unggulan dari usaha kalian secara online juga membuat nama besar toko semakin luas.

Bahkan buat kalian yang baru merintis usaha online, sekarang ini tak perlu lagi mengeluarkan modal besar sekedar untuk membangun website ataupun toko online sendiri. Kenapa? karena di era modern seperti saat ini, ada banyak sekali start up e-Commerce yang siap menampung semua produk dagangan kalian, salah satu paling populer saat ini adalah Shopee.

Untuk dapat mulai menjual produk unggulan, kalian harus mendaftar sebagai seller di Shopee dengan membuat sebuah toko online. Nantinya di toko terserbut kalian akan dapat memasarkan berbagai macam produk unggulan sesuai dengan kebutuhan. Yah menariknya lagi, dengan memiliki online shop di Shopee.

Kalian tak lagi perlu memikirkan metode pengiriman, karena di Shopee sudah ada banyak perusahaan ekspedisi yang siap membantu mengirimkan barang ke alamat konsumen. Kalian cukup memasukkan pilihan jenis layanan pengiriman Shopee yang ada baik itu JNE, J&T, SiCepat, Anteraja, Shopee Express atau bahkan pengiriman cargo Shopee.

Kode Booking Sedang Dibuat Shopee Lama Cara Mengatasi

Dengan begitu nantinya setiap pengguna akan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan mereka. Akan tetapi meski sudah di atur secara otomatis, terkadang banyak dari seller yang melaporkan bahwa mereka sering melihat adanya status kode booking sedang dibuat Shopee. Apa sih sebenarnya maksud dari status tersebut?.

Apa Itu Kode Booking?

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai maksud dari kode booking sedang dibuat Shopee, hal pertama yang perlu dan harus kalian pahami agar pembahasan kita kali ini mudah untuk kalian pahami adalah apa yang dimaksud kode booking. Untuk mengawali pembahasan, mari kita perjelas apa yang dimaksud dengan kode booking.

Baca  √ Kantor Shopee Food Bekasi : Alamat, Layanan & Jam Operasional

Jadi, sesuai dengan namanya. Kode booking dalam pengiriman paket dan barang baik itu cargo maupun ekspedisi merupakan sebuah kode khusus yang diberikan dari pihak ekspedisi atau pengiriman kepada seller yang mendapatkan pesanan dari konsumen sebagai tanda bahwa seller sudah memesan layanan pengiriman milik jasa pengiriman terpilih.

Dengan adanya kode booking pengiriman tersebut, nantinya setiap seller akan dapat memberikan barang pesanan kepada pihak kurir pengiriman sebelum proses pengiriman ke alamat tujuan dilakukan. Atau jika seller memiliki layanan SiCepat dalam opsi pengiriman dan di pilih, maka kalian juga bisa langsung melakukan request pickup SiCepat agar barang di ambil.

Itulah kiranya penjelasan singkat yang mungkin bisa kalian pahami ketika ada pertanyaan apa itu kode booking pengiriman paket dan barang. Selanjutnya bagi kalian yang masih penasaran dengan arti kode booking sedang dimuat Shopee, maka dibawah ini akan infojek.com sampaikan secara lengkap arti dan maksudnya.

Apa yang Ada Didalam Kode Booking?

Setelah kalian mengetahui apa sebenarnya kode booking itu, sebagai tambahan informasi secara tidak langsung kode booking yang secara otomatis dibuat Shopee akan menyisipkan berbagai macam informasi penting terkait pengiriman paket dari seller Shopee ke peneriman.

Lantas apa sih informasi penting yang ada di dalam kode booking yang sedang dibuat Shopee terserbut?

  • Alamat pengirim atau alamat pemilik seller di Shopee.
  • Berikutnya ada juga nama barang kiriman yang siap dikirim.
  • Nama penerima pesanan atau alamat lengkap penerima.
  • Nomor telepon pengirim barang.
  • Nomor telepon penerima barang.
  • Nomor transaksi.
  • Invoice ID pembelian.
  • Dan lain sebagainya.

Arti Kode Booking Sedang Dibuat Shopee

Apa sih arti atau maksud dari kode booking sedang dibuat Shopee?. Sesuai dengan namanya, kode booking sedang dibuat Shopee maksudnya adalah kode pesanan seller kepada pihak pengiriman sedang diproses dan dibuat oleh pihak Shopee sesuai dengan jenis ekspedisi atau pengiriman yang telah di pilih oleh para konsumen.

Baca  13 Cara Menjalankan Orderan Shopee Food : Terima, Ambil & Antar

Namun pembuatan kode booking di Shopee sendiri biasanya akan dilakukan ketika pesanan sudah dikonfirmasi lalu penjual menyelesaikan pengaturan metode pembayaran. Setelah semua rangkaian proses tersebut selesai dilakukan, maka paket kiriman pun akan secara otomatis memiliki atau mendapatkan resi yang dapat setiap konsumen gunakan untuk melacak posisi paket.

Jadi singkatnya kode booking sedang dibuat Shopee artinya pihak Shopee sedang mempersiapkan pemesanan kepada pihak pengirim atau ekspedisi secara otomatis untuk melanjutkan proses pemesanan barang hingga pengiriman ke alamat tujuan.

Status kode booking sedang dibuat Shopee tiba-tiba muncul itu biasanya terjadi karena nomor resi pengiriman tidak muncul secara otomatis atau istilah lainnya sistem mengalami “loading” untuk menunggu kode terupdate dari pihak Shopee. Nah pada kondisi status tersebut terlihat.

Maka seller Shopee sama sekali tidak bisa melakukan pencetakan label pengiriman ataupun melakukan pengiriman pesanan. Itu artinya jika status ini seller lihat maka, benar-benar harus menunggu sampai kode booking berhasil dibuat.

Kerugian Bagi Seller

Sampai disini kami pastikan kalian sudah mulai paham dengan apa yang dimaksud kode booking sedang dibuat Shopee. Meski terlihat sepele, namun hal ini sedikit merugikan bagi para seller. Nah jika bicara mengenai kerugian, berikut ini adalah beberapa kerugian terparah yang akan di alami seller ketika kode booking tidak kunjung dibuat.

  1. Akan membuat pengiriman terlambat dan tidak sesuai dengan estimasi pengiriman sehingga mendapatkan review buruk dari pihak pembeli karena proses terlalu lama. Dan ini tentu saja akan berakibat reputasi toko kurang bagus.
  2. Selain itu, jika jasa pengiriman yang digunakan adalah Same Day, maka besar kemungkinan pesanan akan di cancel tau dibatalkan oleh pihak pembeli.
  3. Yang lebih parahnya lagi, hal ini juga akan membuat toko terkena penalti langsung dari Shopee karena di anggap melanggar ketentuan.
Baca  4 Cara Cek Resi Shopee Express Standard : Ketentuan & Arti Status

Cara Mengatasi Kode Booking Sedang Dibuat Shopee

Sederhananya setiap seller sebenarnya dapat mengatasi masalah ini dengan cukup mudah dan cepat, namun pastikan bahwa memang kendala ini bukan terjadi karena kesalahan kalian sebagai seller. Jika sudah di pastikan ini memang kesalahan sistem, maka kalian dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Logout – Login Aplikasi

Cara pertama yang dapat seller lakukan ketika mengalami status tersebut yakni dengan mencoba keluar dan masuk atau bahasa kerennya logout dan login lagi dari aplikasi ataupun browser yang kalian pakai.

2. Hapus Cache Browser / Aplikasi

Selain cara di atas, metode lain dapat kalian manfaatkan untuk mengatasi masalah kode booking sedang dibuat Shopee selanjutnya yaitu dengan melakukan hapus cache atau aplikasi yang digunakan.

3. Buka Akun Seller Shopee di Perangkat Lain

Solusi lain ketika kalian mengalami masalah seperti di atas kami jelaskan yakni coba dengan mengakses atau membuka akun seller Shopee di perangkat lain. Baik itu dari PC/Laptop lain atau dengan menggunakan HP yang digunakan untuk menginstal aplikasi.

Itulah beberapa metode bisa kalian gunakan ketika status kode booking dibuat Shopee terlihat. Jika memang dari semua metode di atas belum juga membuat masalah terselesaikan, sangat infojek.com sarankan untuk segera menghubungi pihak Shopee melalui call center atau layanan lainnya dibawah ini untuk meminta bantuan.

  • Telepon : 1500702
  • Email : support@shopee.co.id

Akhir Kata

Kiranya cukup sekian informasi yang dapat infojek.com sampaikan terkait maksud dan arti kode booking sedang dibuat Shopee, jika ada pertanyaan mengenai informasi di atas. Jangan sungkan untuk mengirimkan pertanyaan kalian kepada kami melalui menu kontak yang sudah kami sediakan, sekian dan semoga bisa bermanfaat.