8 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Food untuk Merchant

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Food – Layanan food delivery kini sudah jadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan makan secara mudah. Banyak platform yang kini bisa kita gunakan untuk membeli makanan secara online, mulai dari GoFood, GrabFood hingga Shopee Food.

Dari semua layanan tersebut, mungkin belakangan ini nama Shopee Food tengah banyak diperbincangkan karena merupakan layanan baru yang ditawarkan platform marketplace Shopee. Tidak heran apabila banyak pemilik usaha mendaftarkan restoran / usaha kuliner mereka ke Shopee Food.

Sayangnya dengan semakin banyaknya merchant terdaftar, tidak sedikit omset penjualan yang sebelumnya pesat kini mulai menurun akibat persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, sebagai pemilik usaha kuliner terutama di Shopee Food, kita harus selalu berinovasi.

Dimana inovasi yang dilakukan yakni dengan membuat strategi pemasaran yang mungkin lebih menarik dan berbeda. Tujuannya jelas untuk meningkatkan penjualan di Shopee Food. Namun pertanyaannya seperti apa sih cara meningkatkan penjualan di Shopee Food tersebut?.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Food

Nah buat kalian para pelaku usaha kuliner yang saat ini sedang mengalami penurunan omset dari platform Shopee Food. Kami rasa beberapa tips dan trik mengenai cara meningkatkan penjualan di Shopee Food berikut ini akan bisa menjadi referensi yang menarik.

Tentang Shopee Food

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara meningkatkan penjualan di Shopee Food, tak ada salahnya bila kita kenali dulu apa itu Shopee Food. Shopee Food merupakan sebuah layanan pesan antar makanan online yang disediakan oleh pihak Shopee.

Tak berbeda jauh dari GrabFood maupun GoFood, Shopee Food juga bisa diakses langsung dari aplikasi Shopee. Karena memang tujuan utama Shopee untuk tetap membuat pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan berbagai macam kebutuhan mulai dari shopping hingga membeli makanan.

Kenapa Harus Berjualan di Shopee Food

Menjadi salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia, Shopee memang terus melebarkan sayapnya dengan menawarkan berbagai macam program menarik. Dimana salah satunya yakni dengan menambahkan layanan food delivery bernama Shopee Food.

Baca  6 Cara Ganti Nada Dering Shopee Food Driver 2022

Dengan begitu setiap pemilik usaha kuliner di wilayah jangkauan Shopee Food, dapat memasarkan produk makanan mereka dengan mudah. Akan tetapi kalian perlu mendaftar sebagai merchant Shopee Food terlebih dahulu untuk dapat mengakses semua fitur penjualannya.

Nah pertanyaannya, kenapa harus berjualan di Shopee Food?

  • Karena Shopee memiliki jumlah pengguna begitu banyak sehingga membuka kemungkinan untuk mendapatkan omset tinggi saat berjualan di Shopee Food.
  • Wilayah jangkauan Shopee Food terbilang cukup luas sehingga dapat membuat produk semakin dikenal masyarakat.
  • Memiliki jumlah driver yang begitu banyak sehingga dapat mempercepat proses penjemputan dan pengiriman makanan sesuai estimasi waktu.
  • Shopee sering mengadakan promosi dalam bentuk voucher hingga gratis ongkir yang menarik pengguna untuk melakukan pembelian di Shopee Food.
  • Sebagai pemilik usaha kuliner, kalian akan dapat memperoleh promosi gratis tanpa harus beriklan.
  • Mendapatkan pelatihan langsung dari pihak Shopee Food untuk meningkatkan penjualan.

Itulah beberapa alasan mengapa para pemilik usaha kuliner harus mencoba menjadikan Shopee Food sebagai salah satu platform untuk meningkatkan penjualan produk. Lantas apa saja kiranya tips dan trik mengenai cara meningkatkan penjualan di Shopee Food?.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Food

Untuk dapat meningkatkan penjualan di Shopee Food, setidaknya ada cukup banyak metode yang dapat kalian lakukan. Namun hal utama yang perlu diperhatikan dan pahami disini yakni memahami karakteristik pelanggan Shopee Food merchant kalian.

Dengan begitu setidaknya dapat dengan mudah menarget konsumen dengan cukup mudah. Selain itu ada pula beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan di Shopee Food, beberapa di antaranya seperti:

1. Foto Produk Original & Menarik

Tidak bisa kita pungkiri, daya tarik sebuah foto yang menggambarkan produk merupakan daya pikat paling besar. Maka dari itu, untuk dapat meningkatkan penjualan di Shopee Food, sebaiknya selalu gunakan foto menu makanan original yang telah kalian buat semenarik mungkin.

Dengan begitu hal ini akan dapat membuat calon pembeli merasa terpanggil untuk membuka merchant / resto kalian dan melakukan pembelian makanan. Hal ini perlu dilakukan karena tidak sedikit penjual yang mendapatkan komplain karena makanan yang di dapat tidak sesuai dengan gambar / foto.

Baca  5 Shopee Food Driver Versi Gacor untuk Orderan Makin Lancar

Adapun trik yang dapat membantu kalian membuat tampilan foto menu makanan terlihat begitu jelas dan menarik antara lain seperti:

  • Melakukan pemotretan menu dengan kualitas pencahayaan tinggi.
  • Ambil angle yang dirasa tepat untuk menghasilkan foto menu semenarik mungkin.
  • Unggah foto dengan ukuran file yang besar agar detail tetap terlihat jelas (sesuaikan dengan ketentuan Shopee).

2. Gunakan Judul Makanan yang Memikat

Tidak sedikit pemilih merchant / restoran di Shopee Food yang mungkin “asal-asalan” dalam memberikan judul pada produk jualan mereka. Padahal bila kita bicara tentang cara meningkatkan penjualan di Shopee Food.

Salah satu peran penting judul menu makanan / nama menu makanan yang di pasarkan sangatlah tinggi. Maka dari itu untuk bisa meningkatkan penjualan pastikan gunakan / berikan judul menu makanan semudah mungkin dan tidak terlalu panjang sehingga mudah dibaca.

3. Jelaskan Menu Secara Detail di Bagian Deskripsi

Kemudian hal lain yang juga punya peran penting terhadap angka penjualan menu makanan di restoran Shopee Food adalah detail produk. Secara garis besar sama halnya dengan berbagai macam produk yang kita jumpai di Shopee.

Menempatkan deskripsi menu makanan dengan jelas dan benar, singkat dan padat namun mengena dan menggambarkan menu tersebut secara garis besar menjadi hal yang patut untuk kalian lakukan. Dengan begitu minat masyarakat yang tertarik dengan menu kalian akan lebih meningkat.

4. Buat Promo yang Menarik

Cara meningkatkan penjualan di Shopee Food yang berikutnya dapat dilakukan yakni dengan selalu membuat promo menarik di setiap produk / menu baru / menu unggulan. Dalam hal ini kalian dapat melakukan pembuatan promo diskon harga / voucher gratis ongkir.

Tujuan utama dari pembuatan promo menarik di resto Shopee Food yang sedang dikelola kalian adalah untuk membuat minat ketertarikan masyarakat terhadap menu tersebut semakin tinggi. Dengan begitu pembelian pun bisa langsung terjadi.

5. Pasang Harga Bersaing

Siapa sih yang tidak tertarik denga harga miring? yah mungkin strategi cara meningkatkan penjualan di Shopee Food ini bukanlah cara baru. Karena pada umumnya setiap penjual / seller di Shopee maupun marketplace lain pun menggunakan metode ini.

Baca  10 Cara Melihat Foto Bukti Pengiriman di Shopee Semua Ekspedisi

Meski hanya selisih 100 – 500 rupiah. Nyatanya hal ini tetap menjadi perhatian bagi sebagian pengguna Shopee. Jadi pastikan sebelum menentukan harga jual di Shopee Food untuk menu makanan yang kalian miliki, lakukan reset terkait harga pasar di Shopee Food itu sendiri.

6. Selalu Jaga Kualitas Produk

Tak kalah pentingnya dari beberapa tips cara meningkatkan omset Shopee Food seperti kami sampaikan di atas. Menjaga dan selalu memberikan kualitas terbaik pada produk makanan yang kalian pasarkan juga menjadi nilai plus.

Dengan kata lain, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam hal ini antara lain seperti:

  • Kemasan
  • Rasa
  • Topping
  • Serta Kebersihan

Memberikan kualitas produk terbaik jelas akan membuat para pelanggan akan senang dan bisa kembali lagi untuk melakukan pembelian ulang di resto / merchant kalian. Sehingga omset penjualan pun akan lebih meningkat.

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Tidak sekedar memberikan kualitas terbaik pada produk / menu makanan & minuman yang kalian hidangkan / pasarkan. Cara lain untuk dapat meningkatkan penjualan di Shopee Food berikutnya juga bisa dilihat dari pelayanan yang ditawarkan.

Berkaca dari pengalaman pribadi, admin sama sekali tidak menyukai resto yang terlalu lama menyelesaikan orderan. Maka dari itu, usahakan ketika ingin meningkatkan omset di Shopee Food untuk selalu memberikan pelayanan terbaik baik itu dari segi kecepatan pengemasan / lainnya.

8. Pasang Banner Menu Terlaris

Tips terakhir untuk dapat membantu meningkatkan penjualan di Shopee Food yakni dengan melakukan pemasangan foto banner produk yang kalian unggulkan / miliki di resto Shopee Food kalian. Hal ini bertujuan untuk memikat visualisasi para pelanggan atau calon pembeli.

Tujuan utama dari pemasangan banner ini jelas untuk membuat daya pikat para pelanggan ketika membuka toko kalian. Sehingga ketertarikan dengan beragam menu menarik didalamnya semakin timbul.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya beberapa tips tentang cara meningkatkan penjualan di Shopee Food bagi para merchant yang kini sedang mengalami penurunan omset penjualan. Silahkan gunakan beberapa cara yang sudah infojek.com rangkum di atas agar kalian bisa kembali meraup untung saat berjualan di Shopee Food.

Sumber Gambar: infojek.com, techinasia.com