Arti Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee: Penyebab & Solusinya!

Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee – Popularitas nama Shopee sebagai salah satu marketplace ternama di tanah air kini sudah mulai meningkat. Banyak sudah masyarakat yang mungkin lebih memilih melakukan pembelian / membangun bisnis online (toko) di Shopee.

Hal tersebut tentu terjadi bukan tanpa alasan. Melainkan seperti apa yang kita tahu bersama, Shopee memberikan banyak opsi menarik yang cukup menguntungkan bagi pembeli maupun seller ketika menggunakan Shopee untuk menjual barang maupuan membeli barang.

Salah satu hal kecil yang mungkin tidak bisa kita dapatkan ketika belanja online di marketplace lain yakni ketersediaannya jasa pengiriman serta metode pembayaran yang super lengkap. Bahkan Shopee kini memiliki layanan berupa Shopee Paylater membuat kita bisa beli sekarang bayar nanti.

Akan tetapi meski sudah menjadi perusahaan terbaik. Tak bisa dipungkiri, detail informasi terkait transaksi dilakukan terkadang membuat seller maupun pembeli merasa khawatir. Seperti halnya ketika kalian sebagai pembeli sudah menyelesaikan pembayaran.

Arti Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee

Namun pada informasi transaksi tersebut tertulis pesanan sedang diverifikasi Shopee. Nah apa sebenarnya arti pesanan sedang diverifikasi Shopee serta apa penyebab, berapa lama dan bagaimana cara cek & mengatasi verifikasi pesanan shopee tersebut?.

Apa Itu Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee?

Apa Itu Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee

Melihat banyaknya pengguna Shopee yang menanyakan tentang masalah pesanan sedang diverifikasi, seperti apa yang sudah infojek.com sampaikan di atas. Setelah sebelumnya membahas tentang arti member Shopee.

Kali ini kami akan membagikan penjelasan lengkap mengenai hal tersebut mulai dari lama verifikasi, penyebab dan cara mengatasinya.

Namun sebelum kita mulai membahas secara detail, tentu ada dari kalian yang bertanya apa sebenarnya arti pesanan sedang diverifikasi Shopee. Oleh karena itu disini akan coba kami jelaskan lebih dulu apa yang dimaksud dengan hal tersebut.

Sehingga pemahaman tentang penyebab dan solusi serta cara melihat status verifikasi tersebut bisa lebih mudah dilakukan.

Arti pesanan sedang diverifikasi Shopee merupakan proses dimana pihak Shopee sedang melakukan validasi terhadap pembelian barang yang sudah dibayar oleh pelanggan / konsumen untuk memastikan bahwa barang pesanan, jumlah dan varian sudah sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh penjual.

Dengan kata lain ketika status tersebut muncul di halaman pembelian / dashboard seller Shopee, itu artinya pesanan masih belum diproses dapat diproses oleh penjual. Atau istilah lain yang juga banyak disebut oleh pengguna Shopee adalah pesanan tertunda.

Lama Proses Verifikasi Pesanan Shopee

Adanya proses verifikasi yang dilakukan pihak Shopee di setiap pembelian yang dilakukan memang menjadi hal yang cukup banyak dipertanyakan. Kenapa? karena proses ini biasanya akan membuat pesanan mengalami keterlambatan dari estimasi waktu pengiriman yang ada.

Meskipun begitu hal ini juga memberikan kepastian kepada para pengguna / seller untuk memastikan bahwa barang yang dibeli dan diverifikasi oleh pihak Shopee sudah sesuai. Sehingga meminimalisir kesalahan pengiriman barang / retur barang karena item / varian dikirim tidak sesuai pesanan.

Meski di sisi lain proses verifikasi ini sangat membantu, namun tidak sedikit masyarakat terutama para konsumen yang menanyakan berapa lama proses verifikasi pesanan Shopee dilakukan. Karena semakin lama verifikasi jelas akan membuat barang mengalami keterlambatan seperti yang kami sebut di atas.

Terkait berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses verifikasi ini, sebenarnya tidak ada waktu pastinya. Karena ada beberapa pengguna yang mengatakan proses ini hanya berlangsung 4 jam ada juga yang berlangsung hingga 8 – 12 jam / lebih.

Namun sebagai informasi pastinya, sebenarnya proses pesanan sedang diverifikasi Shopee sendiri akan memakan waktu kurang lebih 1×24 jam sejak pembayaran diterima oleh pihak Shopee.

Penyebab Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee

Lantas apa sih yang menyebabkan proses pesanan masuk ke dalam verifikasi Shopee? untuk masalah ini secara garis besar tidak ada penyebab utamanya. Namun memang sudah menjadi ketentuan dari pihak Shopee untuk meminimalisir kesalahan pengiriman barang.

Jadi bila ditanya apa saja penyebab pesanan sedang diverifikasi Shopee tentu saja tidak bisa kami katakan secara pasti. Karena semua itu merupakan proses yang memang sudah ditentukan pihak Shopee untuk membantu kenyamanan pelanggan / seller dan keamanan mereka.

Cara Mengatasi Verifikasi Pesanan Shopee

Dengan tidak adanya penyebab seperti yang sudah kami sampaikan di atas, jelas apabila kalian juga bertanya apa saja cara mengatasi masalah verifikasi pesanan Shopee. Kami pastikan kembali bahwa kalian juga tidak perlu melakukan hal apapun.

Mengingat proses verifikasi ini merupakan alur pembelian dan pengiriman yang sudah ditetapkan pihak Shopee. Hanya saja apabila status verifikasi masih muncul di atas batas waktu di atas.

Maka kami sarankan untuk kalian segera menghubungi pihak customer service Shopee guna menanyakan masalah tersebut. Untuk itu kalian bisa langsung menghubungi pihak customer service Shopee melalui:

Cara Cek Status Verifikasi Pesanan Shopee

Dan ketika kalian ingin memantau status pesanan sedang diverifikasi Shopee masih ada / sudah masuk ke proses selanjutnya. Maka kalian juga dapat melihat status tersebut dengan mudah baik itu para pembeli maupun para seller.

Nah cara yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain seperti:

Cek Lewat Shopee Toko

Untuk metode ini berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee Seller
  • Masuk ke menu penjualan.
  • Pilih tab pesanan sedang diverifikasi

Cek Lewat Seller Center

Untuk metode ini kalian bisa lakukan dengan langkah:

  • Masuk ke seller center Shopee
  • Pilih ke menu pengiriman saya
  • Info pesanan tertunda / sedang diverifikasi terlihat.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat infojek.com rangkum serta jelaskan terkait arti pesanan sedang diverifikasi Shopee. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas menjadi referensi menarik dan bermanfaat.

Sumber Gambar: infojek.com, google.com