Penjualan Shopee Food Berkurang? Ini 5 Solusinya Omset Naik!

Penjualan Shopee Food Berkurang – Menjalankan bisnis usaha kuliner di era modern seperti sat ini bukanlah hal yang sulit. Ada banyak platform yang bisa di andalkan untuk membantu mempromosikan dan menjual menu yang kalian miliki secara online.

Selain membagikan menu di media sosial, salah satu cara paling banyak diandalkan para pelaku usaha kuliner untuk bisa meningkatkan penjualan yakni dengan mendaftarkan resto kalian ke Shopee Food merchant. Simak cara daftar Shopee Food merchant di postingan sebelumnya.

Setidaknya dengan mendaftarkan usaha resto kalian ke merchant hal ini dapat meningkatkan penjualan. Namun tentu saja hal tersebut pun harus diimbangi dengan strategi pemasaran secara benar. Karena tidak sedikit para pemilik resto yang akhir akhir ini mengeluhkan penjualan Shopee Food berkurang.

Berkurangnya angka penjualan di Shopee Food sendiri memang bisa saja terjadi, apalagi jika kalian tidak mengikuti perkembangan ada saat ini. Oleh karena itu buat kalian yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah serupa.

Penjualan Shopee Food Berkurang

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang penyebab dan cara mengatasi penjualan Shopee Food berkurang. Jadi silahkan simak informasi lengkapnya di bawah ini sampai akhir yah.

Penyebab Penjualan Shopee Food Berkurang

Mendapati penjualan & omset menurut saat mulai memasarkan makanan dan minuman di Shopee Food memang menjadi hal wajar saat ini. Mengingat semakin berkembangnya Shopee Food, semakin banyak pula para pelaku usaha yang mendaftarkan resto mereka ke Shopee Food Merchant.

Baca  8 Cara Upload Bukti Pembayaran Shopee Food Driver & Fungsi 2022

Namun bila kita melihat secara detail, jelas menurun / berkurangnya penjualan Shopee Food terjadi karena adanya berbagai macam penyebab. Maka dari itu sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi / solusi penjualan Shopee Food berkurang, berikut beberapa penyebab yang mungkin saja terjadi.

  • Harga makanan / minuman kalian jual terlalu mahal.
  • Kurangnya minat konsumen dengan menu makanan kalian sajikan.
  • Tidak pernah memberikan promo diskon pada resto kalian sehingga konsumen memilih mencari menu di resto lain.
  • Kurangnya pelayanan yang diberikan saat ada orderan masuk.
  • Kualitas dan kuantitas makanan disajikan terlalu biasa.

Nah itulah kiranya beberapa penyebab utama yang mungkin saja menjadikan omset penjualan Shopee Food berkurang. Lantas apa saja hal yang bisa dilakukan untuk kembali membuat omset penjualan meningkat?.

Solusi Mengatasi Penjualan Shopee Food Berkurang

Sebenarnya ada banyak hal / cara dapat kalian lakukan untuk bisa membuat omset penjualan kembali meningkat. Namun mungkin karena kurangnya informasi kalian dapat, hal ini akan terasa sulit dilakukan.

Oleh karena itu sesuai dengan judul artikel di atas, kali ini infojek.com akan membagikan panduan lengkap tentang cara mengatasi penjualan Shopee Food berkurang. Oleh karena itu simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Riset Harga Menu Sebelum Menentukan!

Melihat beberapa penyebab menurunnya angka penjualan Shopee Food seperti di atas kami sampaikan. Salah satu yang menjadikan hal tersebut terjadi adalah persaingan harga yang semakin tinggi. Mungkin saja harga menu kalian terlalu mahal bila dibandingkan dengan resto lain.

Oleh karena itu, hal ini perlu kalian kaji lebih dalam. Adapun cara mungkin perlu untuk kalian lakukan adalah dengan melakukan riset harga menu serupa di resto lain. Dimana cara paling mudah yakni menuliskan nama menu di kolom pencarian Shopee Food pembeli.

Baca  Arti Cashback 100 Persen di Shopee? Cara Hitung & Gunakan!

Nantinya akan ada banyak pilihan menu serupa yang muncul lengkap dengan harga jualnya. Disinilah kalian perlu untuk merangkum dan mencatat berapa harga pasarannya. Apabila harga kalian terlalu mahal, segera ubah sesuai harga pasar dengan mengkalkulasikannya dahulu modal dikeluarkan.

2. Gunakan Fitur Promo Diskon

Sama seperti penjelasan tentang cara meningkatkan penjualan Shopee Food yang sebelumnya telah kami bagikan. Salah satu cara paling ampuh untuk kembali meningkatkan penjualan Shopee Food yang berkurang yakni dengan menerapkan promo diskon / potongan harga.

Setidaknya dengan kalian memasang promo diskon harga, ini akan dapat menarik minat calon pembeli agar dapat membuat menu dan memilih di toko kalian hingga melakukan pembelian. Dan ada baiknya gunakan fitur promosi Shopee Food merchant ini secara berkala dan bertahap.

3. Meningkatkan Pelayanan

Banyak konsumen yang mengeluhkan bahwa beberapa merchant Shopee Food selalu mengalami keterlambatan pada penyiapan pesanan. Dan hal ini tentu saja menjadi nilai buruk bagi para pelaku usaha kuliner di Shopee Food.

Karena para konsumen jelas akan memberikan rating kurang dari 5 dengan adanya pelayanan tersebut. Oleh karena itu jika dirasa hal ini termasuk dalam salah satu masalah yang ada di resto kalian.

Maka sebaiknya perbaiki sektor pelayanan sehingga rating pun meningkat dan otomatis akan direkomendasikan oleh Shopee pada pembeli yang sedang mencari menu makanan serupa pada resto kalian.

4. Pasang Strategi Pemasaran yang Baik

Selain mengandalkan beberapa cara yang sudah kami sampaikan di atas, hal lain dapat kalian lakukan ketika ingin meningkatkan omset penjualan Shopee yang berkurang yakni dengan memasang strategi penasaran secara baik.

Lalu apa saja strategi pemasaran yang baik dan benar itu?

  • Pertama silahkan lakukan dekorasi pada tampilan resto kalian dengan tampilan semenarik mungkin.
  • Gunakan foto asli dengan kualitas jernih.
  • Lalu pahami karakteristik dari konsumen mulai dari keinginan dan minat mereka ke resto kalian.
Baca  √ Fake GPS Shopee Food : Fungsi, Setting, Kelebihan & Kekurangan

Dengan memahami semua hal tersebut, setidaknya kalian akan dapat menarget penjualan yang lebih tepat sasaran.

5. Tambah Makanan Paling Laris di Shopee Food

Nah cara terakhir meningkatkan penjualan Shopee Food yang berkurang yakni dengan menambah menu makanan sedang trend / laris di Shopee Food. Untuk hal ini kalian dapat menyimak informasi mengenai ide makanan paling laris di Shopee Food yang sebelumnya sudah kami bagikan.

Akhir Kata

Dengan menggunakan metode atau cara-cara di atas setidaknya penjualan Shopee Food berkurang mungkin tidak akan lagi terjadi. Namun fokus utama yang harus kalian perhatikan disini adalah memahami karakteristik pembeli.

Dan usahakan untuk selalu mendapatkan rating bintang 5 dari konsumen yang telah membeli makanan di resto kalian. Dengan begitu, minat konsumen lain terhadap resto kalian pun makin besar. Dan kiranya sekian informasi yang dapat infojek.com sampaikan, semoga bermanfaat.

Sumber Gambar: infojek.com, google.com