8 Cara Mengaktifkan Fitur POS di GoBiz : Fungsi & Keuntungan

Cara Mengaktifkan Fitur POS di GoBiz – Gojek terus memberikan inovasi bagi para mitra usaha yang saat ini sudah terintegrasi dengan layanan GoFood dan juga GoPay. Tujuan utamanya tentu saja untuk memberikan kesejahteraan bagi mereka dalam kemajuan usaha yang sedang dikerjakan.

Salah satu inovasi baru telah di berikan Gojek bagi para mitra usaha yaitu dengan mengeluarkan aplikasi GoBiz. Dimana lewat aplikasi ini, para mitra akan dapat mengontrol seluruh otulet usaha mereka dengan begitu mudah. Mulai dari laporan harian, promo, hingga fasilitas lainnya.

Dari banyaknya fitur yang ditawarkan di dalam apliksai GoBiz. Salah satu fitur paling menarik adalah integrasi outlet dengan fitur POS atau Poin of Sales. Dengan fitur tersebut setiap pemilik usaha dapat menerapkan sistem kasir modern pada outlet mereka.

Selain akan meningkatkan kredibilitas outlet, apabila mengaktifkan fitur POS lewat GoBiz, para mitra juga akan bisa menerapkan metode pembayaran super lengkap. Baik itu pembayaran tunai, non tunai, kartu kredit, debit dan lainnya.

Fungsi, Keuntungan & Cara Mengaktifkan Fitur POS di GoBiz

Cara Mengaktifkan Fitur POS di GoBiz

Dengan begitu outlet terdaftar akan memiliki tampilan modern pada bagian kasir pembayaran. Akan tetapi untuk bisa mendapatkan dan mengaktifkan fitur tersebut, setiap pemilik outlet diharuskan melengkapi persyaratan utama terlebih dahulu. Lalu apa saja syarat mendapatkan fitur POS dan bagaimana cara mengaktifkan fitur POS di Gobiz?.

Syarat Mendapatkan Fitur POS

Sebenarnya para pemilik usaha yang sudah terintegrasi dengan layanan GoFood dan GoPay dapat dengan mudah memperoleh fitur POS di dalam aplikasi GoBiz mereka. Namun ada syarat lain yang harus benar-benar terpenuhi agar fitur POS tersebut benar-benar bisa di manfaatkan.

Baca  6 Cara Mengakses GoBiz Dashboard Lewat PC & Laptop 2020

Dimana syarat utama tersebut adalah para mitra sudah melakukan KONFIRMASI KEPEMILIKAN akun Gobiz sebagai pemilik atau penanggung jawab usaha. Apabila hal tersebut sudah terpenuhi, maka kalian sudah bisa mengaktifkan fitur POS lewat aplikasi Gobiz.

Cara Mengaktifkan Fitur POS di GoBiz

Seperti diatas kami singgung, jika syarat utama mendapatkan fitur POS telah terpenuhi. Maka langkah selanjutnya untuk bisa memanfaatkan fitur tersebut adalah mengaktifkannya. Adapun cara mengaktifkan fitur POS di Gobiz dapat dilakukan melalui cara berikut ini.

  1. Pertama update aplikasi Gobiz ke versi terbaru lewat play store.
  2. Setelah itu silahkan buka dan login menggunakan AKUN GOBIZ kalian.
  3. Apabila sudah berada di halaman utama, silahkan pilih menu Bayar dan klik menu Cobain POS, Yuk! yang ada dibagian pojok kanan atas aplikasi.
    Pilih Menu Bayar dan Klik Cobain POS
  4. Sampai disini, silahkan pelajari secara detail fitur POS, setelah itu lanjutkan klik menu Cobain Sekarang.
    Pilih Menu Cobain Sekarang
  5. Kemudian pelajari syarat dan ketentuan berlaku yang telah disediakan oleh pihak Gobiz.
    Pelajari Syarat dan Ketentuan yang Berlaku
  6. Jika telah dipelajari dengan benar, beri tanda centang tepat dibagian bawah dan klik Aktifkan POS.
    Beri Tanda Centang dan Klik Aktifkan POS
  7. Sesampainya dihalaman ini, langsung saja tap atau klik menu Yuk Segera Proses POS untuk bisa mulai menggunakannya.
    Beri Tanda Centang dan Klik Aktifkan POS
  8. Apabila sudah kalian klik, maka layanan atau fitur POS sudah bisa digunakan pada outlet atau merchant terdaftar.
    Aktivasi Fitur POS Berahasil Dilakukan

Dengan mengaktifkan fitur POS diatas, para pengelola akan dapat dengan cepat membuat menu makanan. Bahkan dapat dibuat secara manual di tempat sekalipun atau langsung menyalinnya dari menu GoFood apabila sudah tersedia menu GoFood yang aktif.

Biaya Berlangganan Fitur POS

Biaya Berlangganan Fitur POS

Bagi mitra yang telah mengaktifkan fitur POS lewat aplikasi GoBiz serta menggunakan perangkat milik sendiri, maka tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias GRATIS. Namun jika menggunakan perangkat dari pihak penyedia maka akan di kenakan biaya sewa harian sebesar Rp 4.900.

Baca  8 Cara Mencairkan Transaksi Debit Lewat GoBiz Terbaru 2020

Biaya sewa tersebut pun masih bisa berubah sesuai dengan kebijakan Gobiz yang berlaku. Selain itu biaya sewa harian perangkat POS tersebut hanya akan ditagih setiap hari untuk satu nomor terdaftar. Jadi saat mitra sudah memiliki perangkat kasir, dan mengaktifkan fitur POS sendiri maka biaya harian hanya akan dibebankan satu kali saja.

Fungsi Fitur POS di GoBiz

Fungsi Fitur POS di GoBiz

Selain akan membuat tampilan kasir pada outlet mitra terlihat lebih modern, ada beberapa fungsi dan manfaat yang bisa diperoleh ketika mitra sudah mengaktifkan fitur POS di Gobiz mereka. Diantaranya adalah:

  • Dapat mencatat data transaksi secara lengkap serta memprosesnya secara mudah menjadi laporan.
  • Dapat memantau stok atau bahan baku dan ketersediaan barang apabila sudah terintegrasi dengan sistem stok barang atau inventory.
  • Dapat memberikan laporan penjualan usaha secara real-time dan online.
  • Dapat melakukan perubahan data seperti harga dan menu secara cepat.
  • Dapat mencetak stuk pembelian yang mungkin dibutuhkan oleh pelanggan.
  • Dapat mempermudah proses penghitungan kembalian saat para pembeli membayar dengan uang cash.
  • Dapat menerima berbagai macam metode pembayaran baik tunai, non tunai, kartu kredit, serta lainnya.

Bagaimana apakah tertarik dengan fitur POS yang satu ini? apabila tertarik hal pertama harus kalian lakukan adalah mengkonfirmasi kepemilikan outlet atau resto di aplikasi Gobiz. Setelah itu baru bisa mengaktifkan fitur POS ini. Demikian kiranya informasi yang dapat infojek.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat.