15 Cara Menerima Pesanan GoFood dari GoBiz Terbaru 2020

Cara Menerima Pesanan GoFood dari GoBiz – Ada banyak hal baru yang ditawarkan Gojek sebagai salah satu perusahaan transportasi online ternama di Indonesia. Salah satunya adalah dengan dirilisnya layanan GoBiz sebagai terobosan baru dalam membantu para pelaku usaha untuk bisa mengelola dan mengembangkan usaha mereka.

Dengan dihadirkannya GoBiz ditengah para pelaku usaha, tentu saja mereka akan lebih mudah dalam mengelola usaha karena aplikasi ini telah terintegrasi pada layanan GoFood. Yang dimana dengan aplikasi GoBiz ini, para pemilik warung makan atau restoran bukan hanya bisa menambah dan MENGHAPUS MENU saja.

Melainkan mereka akan dapat melakukan berbagai macam hal terkait dengan usaha tersebut. Dan seperti kami singgung diatas, aplikasi GoBiz yang telah terintegrasi dengan layanan GoFood ini juga akan memberikan keuntungan yang lebih baik kepada para pemilik usaha karena mereka akan langsung bisa menerima pesanan GoFood dari para pelanggan.

Dengan begitu para pelanggan akan dapat menerima orderan GoFood jauh lebih cepat. Akan tetapi dengan dihadirkannya metode baru ini, tidak sedikit para pengguna baru aplikasi GoBiz yang masih merasa bingung ketika ingin menerima pesanan GoFood tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, infojek akan menjelasakannya secara rinci.

Cara Menerima Pesanan GoFood dari GoBiz Terbaru

Cara Menerima Orderan GoFood dari GoBiz

Pada dasarnya cara menerima pesanan GoFood dari GoBiz tidak jauh berbeda dari yang lainnya. Hanya saja mungkin karena ini merupakan fitur baru, masih banyak pengguna APLIKASI GOBIZ yang masih belum paham mengenai alurnya. Jika kalian salah satunya, berikut panduan lengkap cara menerima orderan GoFood dari aplikasi GoBiz.

Baca  6 Cara Mengakses GoBiz Dashboard Lewat PC & Laptop 2020

Cara Menerima Pesanan GoFood dari GoBiz

Ada beberapa tahap yang harus kalian lakukan untuk menerima pesanan GoFood dari aplikasi GoBiz. Meski begitu semua tahap yang harus kalian lakukan tergolong mudah mengingat semuanya sudah tersusun rapi di dalam aplikasi tersebut. Jadi jika kalian mendapatkan pesanan, maka berikut hal yang perlu kalian kerjakan.

  1. Jika ada pesanan masuk, biasanya aplikasi GoBiz akan memberikan sebuah notifikasi yang berada pada halaman “Dalam Proses“. Dan pesanan tersebut harus segera kalian terima. Apabila tidak maka dalam batas waktu 3 menit pesanan tersebut akan batas secara otomatis.
    Notifikasi Pesanan Masuk Di Halaman Dalam Proses
  2.  Pada halaman tersebut kalian juga bisa melihat pesanan yang sedang berjalan. Dan pada versi terbaru, pesanan GoFood yang belum kalian lihat memiliki tampilan notifikasi baru agar bisa membedakan mana pesanan sedang berjalan dan mana pesanan baru. Dan daftar pesanan yang berada dibagian paling atas merupakan pesanan yang masuk terlebih dahulu.
  3. Silahkan pilih salah satu pesanan yang ada pada halaman “Dalam Proses” tersebut untuk bisa melihat rincian detail pesanan seperti nomor order, nama pelanggan, daftar menu pesanan, jumlah menu yang dipesan, catatan tambaha, total harga, serta informasi nama mitra driver dan nomor HP driver.
  4. Silahkan cek terlebih dahulu seluruh pesanan yang dipesan oleh pelanggan, apabila semuanya ada, kalian langsung tekah menu Terima.
    Klik Terima
  5. Jika pesanan sudah kalian terima, secara otomtis GoBiz akan mencarikan driver untuk menjemput orderan kalian.
  6. Sampai disini, kalian harus segera menyiapkan pesanan saat driver sedang berada dalam perjalanan dengan cara menekan tulisan Tandari Pesanan Udah Siap.
    Pesanan Udah Siap
  7. Saat mitra driver tiba, sebaiknya cek kembali nama driver dan rincian pesanan. Dan pada saat nominal harga yang dimasukan oleh driver sudah muncul, kalian juga harus memeriksa nominal yang dimasukan oleh driver tersebut apakah sudah benar.
  8. Jika jumlah yang dimasukan oleh driver tidak sesuai, maka kalian diharuskan memilih Tidak Sesuai / Incorrect.
    Tidak Sesuai atau Incorrect
  9. Jika jumlah yang dimasukan driver sudah sesuai, maka diharuskan memilih Sesuai / Correct.
    Sesuai atau Correct
  10. Setelah dipastikan benar, silahkan kalian berikan PIN Validasi kepada driver untuk melanjutkan proses pengambilan pesanan.
    PIN Validasi
  11. Setelah driver memasukan PIN Validasi tersebut, maka nominal pembayaran akan langsung di transfer ke dompet GoPay kalian sekaligus mengkonfirmasi pesanan.
  12. Jika dibutuhkan kalian juga bisa mencetak struk untuk diberikan ke pihak driver dengan cara klik menu Cetak Struk.
    Cetak Struk
  13. Sampai disini pesanan akan dibawa oleh driver sekaligus memindahkan pesanan GoFood tersebut ke halaman Selesai.
  14. Dan status pesanan pun akan berubah menjadi Makanan Udah Dijemput.
    Makanan Udah DiJemput
  15. Apabila makanan telah diterima oleh pelanggan, maka status pesanan tersebut akan berubah menjadi Makanan Udah Diantar.
    Makanan Udah Diantar
Baca  6 Cara Mengubah Jam Operasional GoFood Terbaru 2020

Bagaiama cukup mudah bukan cara yang bisa kalian lakukan untuk menerima pesanan GoFood dari aplikasi GoBiz ini?.  Dengan mengikuti arahan yang telah disediakan di dalam aplikasi, maka kalian sudah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan kalian.

Jika Pesanan Dibatalkan Driver

bagi kalian yang mungkin mengalami pesanan GoBiz kalian ditolak oleh driver. Tidak perlu khawatir karena secara otomatis sistem GoBiz akan segera mengulang pesanan tersebut dan akan diberikan kepada driver lain. Dengan begitu pesanan yang telah kalian terima akan tetap diteruskan kepada pelanggan yang telah memesan menu di outlet kalian.

Jika Pesanan Dibatalkan Pelanggan

Jika Pesanan Dibatalkan Pelanggan

Apabila pesanan tersebut justru dibatalkan oleh pelanggan, maka secara otomtis kalian tidak akan mendapatkan transaksi apapun termasuk terpotongnya saldo GoPay dari pihak driver. Namun hal tersebut hanya akan terjadi apabila kalian belum memberikan PIN Validasi kepada pihak driver.

Namun jika ternyata kalian sudah memberikan PIN Validasi tersebut dan pesanan orderan GoFood tersebut dibatalkan oleh pelanggan. Maka pihak driver harus melaporkan hal ini pada bagian Driver Care Unit lewat halaman Batal. Namun dalam hal ini, Gojek hanya memberikan dua opsi alasan pembatalan tersebut yaitu:

  1. Pesanan dibatalkan oleh driver atau pelanggan.
  2. Pesanan dibatalkan karena sistem GoBiz tidak menemukan Driver.

Nah seperti itu kiranya informasi yang kali ini dapat infojek.com sampaikan seputar cara menerima pesanan GoFood dari GoBiz untuk para pemilik usaha restoran atau warung makan yang telah tergabung dalam layanan GoBiz. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi yang membantu.