12 Cara Melihat Barcode GoPay Kita & QR Code GoBiz, 1 Menit Jadi!

Cara Melihat Barcode GoPay – Terus berkembangnya teknologi ke arah yang lebih maju, membuat berbagai macam hal sekarang ini dapat dilakukan dengan mudah serta juga cepat. Salah satu bidang yang ikut merasakan kemajuan teknologi tersebut antara lain sektor pembayaran.

Dalam bidang atau sektor ini, saat ini kita dimudahkan dengan begitu banyaknya dompet digital yang memungkinkan kita bisa melakukan pembayaran dengan tanpa mengeluarkan uang cash. Satu di antara begitu banyaknya dompet digital terbaik yang ada yakni GoPay.

GoPay yang merupakan layanan keuangan dari Gojek memang telah menjadi pioner untuk para pengguna bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam hal pembayaran cepat. Bahkan dengan GoPay kita bisa KIRIM UANG ke sesama pengguna atau bahkan ke REKENING BANK sekaligus.

Bicara mengenai GoPay, tentu kita semua tahu bahwa GoPay sendiri sudah terintegrasi ke dalam layanan GoBiz sebagai salah satu metode pembayaran bisa kita lakukan. Dengan begitu bukan hanya pengguna umum atau konsumen Gojek, para pemilik resto GoFood juga punya akses GoPay. Menariknya, guna memudahkan proses pembayaran ataupun transfer saldo GoPay.

Cara Melihat Barcode GoPay Milik Kita dan QR Code GoPay GoBiz

Sebagai pemilik Gojek telah melakukan kerjasama dengan QRIS untuk bisa membuat barcode dan juga QR Code. Lewat fitur ini kita bisa melakukan transfer dan bayar hanya melakukan scan barcode atau QR Code. Nah pertanyaannya bagaimana sih cara melihat barcode GoPay kita dan QR Code GoBiz kita?.

Baca  Gojek Samarinda : Alamat, Jam Kerja, No Telepon, & Layanan

Fungsi Barcode & QR Code GoPay

Fungsi Barcode QR Code GoPay

Meski telah banyak penggunanya, akan tetapi dari sekian banyaknya pengguna tersebut, masih ada beberapa di antaranya mungkin masih belum mengetahui apa fungsi Barcode atau QR Code GoPay.

Oleh karena itu, sebelum masuk ke pembahasan mengenai panduan cara melihat barcode GoPay serta QR Code GoBiz seperti di atas kami tulis di judul. Berikut akan kami sampaikan beberapa fungsi utama dari Barcode dan QR Code di GoPay.

  1. Fungsi pertama yakni sebagai media untuk para pengguna GoPay lain dapat melakukan transfer saldo GoPay dengan cepat dan mudah tanpa harus memasukan nomor telepon.
  2. Selain itu bagi para pelaku usaha (GoBiz) maka mereka bisa menerima pembayaran Non Tunai.

Itulah beberapa fungsi utama dari barcode atau QR Code GoPay. Khusus untuk para pengguna GoBiz, maka untuk bisa melihat QR Code / Barcode GoPay diwajibkan dan diharuskan untuk melakukan AKTIVASI QRIS GOBIZ lebih dulu.

Cara Melihat Barcode GoPay Kita

Setelah mengetahui apa saja fungsi barcode atau kode QR Gopay seperti di atas kami sampaikan. Buat kalian para pengguna aplikasi Gojek dan ternyata masih belum tahu bagaimana cara melihat barcode GoPay milik sendiri.

Maka berikut ini sudha infojek.com siapkan panduan cara melihat barcode Gopay milik kita sendiri. Jadi simak hingga akhir yah informasi ini agar kalian paham dan tahu apa saja langkah serta bagaimana panduan cara melihat barcode Gopay kita.

1. Masuk Aplikasi Gojek

Langkah pertama silahkan buka aplikasi Gojek di HP kalian dan pastikan posisi akun sudah terlogin dan sudah terupdate. Jangan lupa pastikan pula bahwa koneksi yang dipakai lancar yah.

1 Masuk Aplikasi Gojek

2. Pilih Menu Bayar

Nah pada saat telah berada pada halaman utama atau halaman depan, langsung saja pilih menu bertuliskan Bayar di bagian atas.

2 Pilih Menu Bayar

3. Pilih Pakai Kode

Sampai pada halaman pembayaran, disini kalian akan menemukan berbagai macam pilihan metode pembayaran. Untuk melihat barcode GoPay, maka pilih menu Pakai Kode seperti kami tunjuk pada gambar di bawah ini.

Baca  Kantor Gojek Kudus : Alamat, No Telp, dan Jam Operasional
3 Tap Pakai Kode

4. Masukkan PIN GoPay

Sistem akan meminta kalian untuk memasukan PIN GoPay, jadi silahkan masukan 6 digit PIN GoPay dengan benar. Apabila memang  mengaktifkan FITUR TOUCH ID, maka cukup tempelkan jari terdaftar untuk bisa masuk.

4 Masukkan PIN GoPay

5. Barcode GoPay Terlihat

Apabila semua langkah di atas kalian lakukan secara baik dan benar, maka secara otomatis barcode GoPay kita pun akan dapat terlihat jelas.

5 Barcode GoPay Kita Terlihat

Seperti itulah langkah dan cara melihat barcode GoPay kita di aplikasi customer langsung. Pada halaman barcode ini terdapat ketentuan yang wajib kalian pahami. Beberapa ketentuan tersebut antara lain :

  • Maksimal pembayaran untuk dapat dilakukan melalui barcode Gopay tersebut sebesar Rp 500.000.
  • Kode barcode atau QR Code tersebut hanya berlaku selama 3 menit. Lebih dari itu barcode sudah tak bisa digunakan lagi.

Cara Melihat QR Code GoPay GoBiz

Seperti di atas kami sampaikan, GoPay juga sekarang sudah terintegrasi langsung di aplikasi GoBiz yang merupakan aplikasi khusus bagi para pelaku usaha GoFood. Nah untuk kalian yang tergabung dalam mitra usaha GoFood, maka wajib tahu bagaimana cara melihat QR Code GoPay GoBiz.

Berbeda dengan cara melihat barcode GoPay milik kita, untuk melihat GoPay GoBiz terdapat dua metode yang bisa kita gunakan. Kedua metode tersebut yaitu:

1. Lewat Menu Bayar / GoKasiar

  • Pertama buka aplikasi GoBiz kemudian masuk halaman bayar / GoKasir (untuk mitra usaha GoPay yang telah mengaktifkan GoKasir).
    1 Masuk Halaman Bayar
  • Setelah itu masukan nominal transaksi sesuai dengan nominal yang harus dibayar pelanggan, jika sudah tap lanjutkan pembayaran.
    2 Masukkan Nominal Transaksi
  • Sampai disini maka kalian akan melihat berbagai macam metode pembayaran QRIS. Untuk memakai GoPay maka pilih GoPay – QRIS.
    3 pilih GoPay QRIS
  • Maka QR Code GoPay GoBiz kalian pun akan terlihat.
Baca  15 Cara Transfer Gopay ke Rekening Bank 2021, Syarat & Biaya

2. Lewat Menu QR di Halaman Transaksi

  • Pertama silahkan buka aplikasi GoBiz, kemudian masuk halaman transaksi.
    1 Masuk Halaman Transaksi
  • Pada halaman transaksi silahkan memilih Logo Kode QRIS di bagian kanan atas layar seperti di bawah ini.
    2 Pilih Logo Kode QRIS
  • Secara otomatis QR Code GoPay GoBiz pun terlihat seperti berikut ini.
    3 QR Code GoPay GoBiz
  • Kalian cukup minta pelanggan melakukan scan  dengan memakai kamera HP ke arah QR Code tersebut untuk melanjutkan proses pembayaran.

Akhir Kata

Bagaimana mudah bukan cara melihat barcode GoPay kita dan juga QR Code GoPay GoBiz? Semoga informasi yang sudah infojek.com rangkum di atas, bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara melihat barcode GoPay, sekarang sudah bisa melakukannya dengan mudah dan cepat.