3 Cara Mengaktifkan Fitur Touch ID GoPay Android dan iOS

Cara Mengaktifkan Fitur Touch ID GoPay – Perkembangan teknologi yang semakin pesat sekarang ini memberikan banyak sekali kemudahan di dalam berbagai macam urusan. Salah satu kemudahan yang bisa kita rasakan dari imbas pertumbuhan teknologi tersebut adalah layanan transaksi yang sudah serba digital.

Bahkan hingga saat ini tercatat sudah ada begitu banyak aplikasi mobile yang bisa kita pakai untuk keperluan transaksi keuangan, salah satunya adalah Gojek. Dengan aplikasi ini kini kita dapat memperoleh banyak kemudahan seperti layanan transportasi, logistik, pemesanan makanan, pembayaran hingga kebutuhan sehari-hari.

Menariknya lagi bukan hanya menyediakan layanan yang super lengkap, pada aplikasi Gojek kita juga bisa dapat melakukan transaksi tersebut dengan begitu mudah. Terutama dalam urusan pembayarannya, karena seperti kita ketahui bersama di dalam aplikasi tersebut, Gojek  sudah mengintegrasikan dengan layanan bernama GoPay.

Dimana GoPay sendiri merupakan uang elektronik atau dompet digital yang dapat kita gunakan untuk membayar begitu banyak layanan milik Gojek. Jika kalian sering menggunakan GoPay, tentunya tidak perlu lagi merasa khawatir tetang keamanannya. Karena Gojek benar-benar memberikan keamanan super tinggi pada layanan tersebut.

Cara Mengaktifkan Fitur Touch ID GoPay Android dan iOS

Cara Mengaktifkan Fitur Touch ID GoPay Android dan iOS

Bahkan belum lama ini Gojek secara resmi menerapkan keamanan baru berupa Touch ID atau sidik jari pada layanan GoPay tersebut. Namun untuk bisa menggunakan fitur keamanan tersebut, kalian perlu mengaktifkan terlebih dahulu lewat menu pengaturan. Nah bagi kalian yang tertarik mencoba fitur baru ini, berikut infojek.com rangkumkan panduan cara mengaktifkan fitur Touch ID Gopay di HP Android dan iOS.

Baca  10 Cara Upgrade GoPay Plus : Syarat Daftar & Keuntungan 2020

Fungsi Touch ID GoPay

Touch ID atau pemindai sidik jari yang di terapkan Gojek pada layanan GoPay merupakan salah satu bentuk kepedulian mereka terhadap keamanan akun GoPay pada konsumen. Karena seperti kami jelaskan diatas, GoPay merupakan dompet digital yang didalamnya berisi uang milik kita.

Dengan adanya fitur Touch ID ini, maka bisa dipastikan bahwa keamanan uang tersebut akan selalu terpantau. Karena ketika fitur Touch ID ini sudah diaktifkan, maka setiap kali melakukan transaksi kalian tidak lagi diminta untuk memasukan PIN GOPAY, melainkan sudah diganti dengan Touch ID ini. Sehingga selain kalian tidak ada lagi orang yang bisa menggunakannya.

Cara Mengaktifkan Fitur Touch ID GoPay Android

Fitur keamanan baru yang memanfaatkan identitas biometrik atau karakteristik fisiologis dari masing-masing pengguna ini bisa dirasakan para pengguna HP android ataupun iOS. Akan tetapi untuk bisa menggunakannya kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Dimana untuk para pengguna HP Android bisa mengaktifkan fitur Touch ID ini dengan dua metode yaitu lewat halaman GoPay langsung dan juga dari halaman transaksi pembayaran. Untuk lebih jelasnya berikut panduan cara mengaktifkan fitur Touch ID GoPay di HP Android.

1. Dari Halaman GoPay

Cara mengaktifkan fitur Touch ID GoPay di HP android pertama yang bisa kalian lakukan yaitu lewat halaman GoPay langsung. Untuk langkah-langkahnya silahkan simak dibawah ini.

1. Pertama-tama silahkan upgrade aplikasi GoJek ke versi paling baru lewat play store.

2. Setelah itu buka aplikasi Gojek dan masuk pada halaman GoPay lalu pilih menu Lainnya.

3. Pada halaman tersebut silahkan pilih menu Pengaturan kemudian klik ID Sidik Jari.

Aktifkan Fitur Sidik Jari

4. Jika sudah silahkan tempelkan jari anda pada lokasi sidik jari di HP Android kalian.

Baca  Program Berkat Gojek : Syarat & Rincian Terbaru 2020

Tempelkan Jari

4. Kemudian akan muncul permintaan untuk memasukan PIN GoPay. Silahkan masukan dengan benar.

Masukan PIN GoPay

5. Sampai disini, silahkan beri izin untuk mengaktifkan fitur ID Sidik Jari.

Beri Izin Pengaktifkan fitur Touch ID GoPay

6. Jika sudah diberi izin, maka fitur Touch ID pun sudah bisa kalian gunakan.

Fitur Touch ID Telah Aktif

2. Dari Halaman Transaksi Pembayaran

Cara kedua yang bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur Touch ID GoPay di HP Android yaitu lewat halaman transaksi pembayaran. Untuk mengaktifkan lewat halaman ini, berikut langkah-langkahnya.

1. Silahkan buat pesanan dan selesaikan transaksi tersebut menggunakan GoPay.

2. Sampai disini, nanti akan muncul notifikasi pengaktifan ID Sidik Jari Silahkan Klik Izinkan Sekarang.

Klik Izinkan Sekarang

 

3. Kemudian tempelkan jari kalian pada sensor sidik jari di HP Android kalian.

Tempelkan Jari Pada FingerPrint Sensor

4. Masukan PIN GoPay kalian dengan Benar

Masukan PIN GoPay Dengan Benar

5. Selamat, fitur Touch ID GoPay pun sudah bisa kalian gunakan.

Fitur Touch ID Telah Berhasil Diaktifkan

Cara Mengaktifkan Fitur Touch ID GoPay iOS

Sementara bagi kalian pengguna APLIKASI GOJEK di HP iPhone atau iOS, kalian bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan cara berikut ini.

1. Pertama-tama update lebih dulu aplikasi GoJek di HP iPhone kalian lewat App Store.

2. Buka aplikasi tersebut lalu masuk pada menu Lainnya.

Pilih Menu Lainnya

3. Pilih Pengaturan yang ada dibagian kiri bawah.

Pilih Menu Pengaturan

4. Aktifkan fitur Touch ID dengan menggreser switch UI ke arah kanan hingga berubah menjadi warna hijau.

Aktifkan Touch ID

5. Kalian akan diminta untuk memverifikasi Touch ID, silahkan tempelkan jari pada Home Button.

Tempelkan Jari Kalian Pada Tombol Home

6. Masukan 6 Digit Pin GoPay dengan benar untuk menyelesaikannya.

Masukan PIN GoPay iOS

7. Selamat fitur Touch ID GoPay sudah aktif.

Touch ID Pun Telah Aktif

Dengan mengaktifkan fitur Touch ID GoPay baik di HP Android atau iOS, maka kalian akan bisa mendapatkan kemudahan setiap kali melakukan transaksi GoPay. Selain itu keamanan pun juga jauh lebih tinggi karena seperti kami sebutkan diatas, fitur ini hanya akan membaca identitas biometrik dari jari para pemilik akun yang sudah didaftarkan.

Baca  2 Cara Daftar Merchant Go Pay : Syarat & Keuntungan 2020

Seperti itulah kiranya panduan yang kali ini dapat kami sampaikan seputar cara mengaktifkan fitur Touch ID atau Sidik Jari pada aplikasi Gojek. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu kalian yang ingin mengaktifkan fitur baru tersebut.