Akun Grab Penumpang Dibekukan ? Begini Cara Mengatasinya

Akun Grab Penumpang Dibekukan – Tak dipungkiri pengguna layanan Grab di Indonesia memang semakin bertambah seiring berjalan nya waktu. Grab terus berinovasi untuk mewujudkan kenyaman serta keamanan pelanggan untuk setiap layanan nya. Untuk dapat menikmati berbagai layanan Grab memang pelanggan haruslah menginstall aplikasi Grab yang bisa diunduh secara gratis melalui AppStore atau Google Playstore.

Setelah melakukan pendaftaran dan verifikasi, pengguna dapat dengan mudah memesan Grabcar, Grabbike, pesan Grab Express, GrabHitch serta masih banyak lain nya. Apalagi dengan hadirnya kode Promo Grab yang bisa lebih menguntungkan karena potongan harga untuk berbagai layanan. Namun ada kalanya banyak kendala yang dihadapi ketika ingin melakukan pemesanan layanan Grab.

Salah satu masalah terbesar adalah apabila akun Grab penumpang dibekukan atau di suspend. Sebelumnya kami sudah membahas cara mengatasi akun Grab driver suspend. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar penyebab serta cara mengatasi akun Grab penumpang yang terkena suspend. Hal yang perlu diperhatikan apabila akun Grab penumpang dibekukan adalah saldo Grabpay serta poin GrabRewards.

Jika anda melakukan login menggunakan nomor ponsel berbeda maka resiko paling besar adalah kehilangan saldo Grabpay dan poin GrabRewards. Secara otomatis sistem Grab akan menganggap bahwa akun anda sebelumnya sudah hilang karena login dengan nomer baru yang belum pernah terdaftar jika login di smartphone yang sama. Demikian pula apabila terjadi suspend permanen atau banned terhadap akun Grab maka semua data akan hilang termasuk juga dengan isi saldo nya.

Akun Grab Penumpang Dibekukan

Akun Grab Penumpang Dibekukan

Akun Grab Penumpang Dibekukan

Sebagai pelanggan memang sangat merugikan apabila akun Grab terkena suspend karena tidak bisa melakukan pesanan dari berbagai layanan. Apalagi jika harus melakukan pendaftaran ulang yang dirasa terlalu ribet karena semua identitas dan data transaksi lama akan hilang. Apabila anda mengalami akun Grab penumpang dibekukan alangkah baiknya ketahui dahulu penyebab utamanya.

Baca  Cara Hapus History Gojek 2018 Terbaru Mudah Dan Cepat

Penyebab Akun Grab Penumpang Dibekukan

Memang ada berbagai penyebab mengapa bisa akun Grab penumpang dibekukan. Bisa dari faktor kelalaian penggunaan aplikasi ataupun beberapa hal yang tidak disadari berpotensi membuat akun terkena suspend. Namun tidak menutup kemungkinan apabila ada pengaruh pihak ketiga seperti misalnya nomor ponsel maupun kesalahan login. Nah berikut ini beberapa penyebab akun Grab penumpang dibekukan yang sering terjadi.

Penyebab Akun Grab Penumpang Dibekukan

Penyebab Akun Grab Penumpang Dibekukan

1.Terlalu Sering Cancel Orderan

Terlalu sering melakukan pembatalan pemesanan layanan Grab sangat berpotensi membuat akun dibekukan. Sering banyak penumpang melakukan pembatalan karena berbagai alasan seperti jarak, kesalahan order maupun terlalu memilih driver. Sistem histori Gojek akan merekam semua transaksi pengguna nya, apabila melebihi kuota cancel order maka sistem akan secara otomatis melakukan pembekuan akun.

2. Sering Login Menggunakan Smartphone Lain 

Penyebab lain nya adalah pengguna terlalu sering melakukan login dengan smartphone lain. Sistem Grab akan mendeteksinya sebagai kecurangan karena identifikasi melalui nomor handphone maupun Email. Jika anda ingin menggunakan smartphone lain untuk login maka terlebih dulu harus menghubungi Call Center Grab. Pihak Call Center akan memberikan panduan apabila ingin menggunakan smartphone lain.

3. Mengisi Saldo GrabPay Terlalu Banyak

Kemudian penyebab selanjutnya adalah pengguna terlalu banyak mengisi saldo GrabPay. Memang pemikiran pengguna agar tidak perlu bolak balik melakukan top up Grabpay, namun nyata malah hal ini beresiko besar menimbulkan suspend akun. Jelas pengguna akan rugi karena semua saldo yang ada akan hangus sehingga tidak bisa digunakan kembali di akun baru sekalipun.

4.Sering Mengganti Nama

Hal yang paling simple seperti sering mengganti nama juga sangat berpengaruh pada suspend akun. Grab memang sangat memperhatikan identitas pribadi pelanggan. Nama asli juga sangat penting untuk menghindari terjadinya order fiktif. Oleh karena itu sebaiknya sebagai pelanggan haruslah menggunakan identitas asli agar semua transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Baca  Cara Withdraw Gojek Terbaru 2018 Terlengkap Dan Mudah

5.Nomor Rusak Ataupun Hilang

Seperti yang dikatakan diatas, Grab memang sangat mementingkan nomor handphone dan email sebagai akun utama. Jika nomor mengalami kerusakan atau bahkan hilang maka secara otomatis anda tidak akan bisa mengakses akun Grab. Apabila akun tidak bisa login dalam tenggat waktu tertentu maka akun akan dihapus secara permanen di sistem Grab.

6.Aktifitas Mencurigakan

Aktifitas mencurigakan termasuk pemalsuan lokasi, order fiktif maupun akun bodong. Grab secara intensif membaca lokasi pelanggan, apabila muncul lokasi palsu menggunakan aplikasi Fake GPS maka dapat menimbulkan akun Grab penumpang dibekukan. Selain itu apabila terbukti akun pengguna palsu serta melakukan order fiktif maka resiko banned permanen juga akan dihadapi.

Cara Mengatasi Akun Grab Penumpang Dibekukan

Untuk mengatasi masalah akun Grab penumpang dibekukan anda dapat melakukan beberapa cara. Memang sebelumnya anda harus mengetahui penyebab mengapa akun terkena suspend seperti yang kami jabarkan diatas. Baru setelah itu silahkan memilih solusi paling tepat untuk mengatasi akun Grab penumpang dibekukan. Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah akun Grab penumpang dibekukan.

Cara Mengatasi Akun Grab Penumpang Dibekukan

Cara Mengatasi Akun Grab Penumpang Dibekukan

1.Hubungi Call Center Grab

Langkah pertama adalah dengan menghubungi Call Center Grab melalui telepon, Email, Facebook, Twitter maupun Instagram. Namun cara paling cepat adalah menggunakan telepon karena bisa langsung berbicara dengan Customer representative. Walau jika menggunakan telepon tidak gratis, alias harus mengorbankan pulsa cukup banyak namun layanan akan jauh lebih cepat serta responsive.

Email Grab : support.id@grab.com
Call Center Grab : 021-80648777
Facebook Grab 
Twitter Grab
Instagram Grab 

2.Lakukan Banding Akun Grab

Langkah selanjutnya adalah melakukan banding akun Grab yang sudah terkena suspend. Silahkan anda isi formulir sesuai dengan data pada akun lama anda dengan benar. Lebih lengkapnya ikuti tutorial dibawah ini

  • Kunjungi laman grab.com/sg/appeal/?lang=id
  • Isi nama sesuai dengan akun terdaftar sebelumnya
  • Pilih negara terdaftar sesuai dengan akun terdaftar sebelumnya
  • Isi nomor ponsel
  • Centang alasan, apabila alasan anda berbeda maka bisa mengetiknya pada kolom
  • Persetujuan Community Guidlines dan verifikasi captcha
  • Klik Submit untuk mengirim formulir banding
Formulir Banding Akun Grab

Formulir Banding Akun Grab

Setelah mengirim formulir maka prosesnya akan berjalan kurang lebih 14 hari kerja, namun apabila masalah suspend terlalu berat maka bisa lebih lama memakan waktu. Tentunya anda harus sabar karena prosesnya cukup panjang

Baca  Daftar CIMB Niaga Grabbike 2018 Syarat Dan Cara Lengkap

3.Mengganti Nomor Atau Kartu Baru

Apabila nomor mengalami rusak atau hilang tentunya anda harus pergi ke Call Center untuk menanganinya. Setiap call center operator seluler bisa memberikan nomor sama dengan kartu baru asalkan anda membawa identitas lengkap seperti KTP atau SIM. Namun sebelum mengganti nomor anda pastikan mengunjungi laman help.grab.com/hc/id/360001253047 agar saldo Grabpay tidak hangus. Apabila terpaksa mengganti dengan nomor baru maka sangat disarankan untuk menghubungkan nya terlebih dahulu ke akun grab melalui Facebook dan Google.

4.Datang ke Kantor Grab Terdekat

Jika bertempat tinggal di area kota Indonesia maka dapat memanfaatkan layanan kantor Grab terdekat. Apabila akun Grab penumpang dibekukan langsung saja bisa mendatangi kantor Grab dimana pihak customer service akan memberikan solusi serta panduan untuk membuka nya secara langsung. Cara ini termasuk efektif karena pengguna bisa bertatap muka secara langsung dan menyelesaikan masalah lebih cepat.

Beberapa cara diatas memang diakui bisa mengatasi masalah akun Grab suspend. Memang banyak penyebab akun suspend yang wajib diwaspadai oleh pengguna. Jadi lebih bijak serta teliti lagi saat menggunakan aplikasi Grab agar tidak terjadi pembekuan akun. Semoga informasi seputar akun Grab penumpang suspend bisa berguna serta bermanfaat untuk anda.