Akun Grab Suspend ? Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Akun Grab Suspend – Grab memang jadi salah satu alat transportasi modern pilihan banyak orang. Tak heran jika banyak orang mencari nafkah menjadi driver Grab karena sisi penghasilan cukup menjanjikan. Namun menjadi driver Grab harus melalui proses panjang mulai pendaftaran Grab, membuat rekening Grab dan mengetahui peraturan pihak Grab.

Jika terbukti melakukan pelanggaran maka tak segan segan akun terkena suspend yang mengakibatkan driver tidak bisa menerima order. Akun Grab suspend tentunya harus siap dihadapi oleh driver, sehingga banyak memilih cara jujur ketimbang melakukan kecurangan. Memang akun Grab Suspend sangat menyusahkan bagi driver karena semua aktivitas dibekukan.

Tanda tanda akun Grab kena suspend akan muncul pop up notifikasi pada aplikasi dengan tulisan “Akun anda telah dibekukan. Silahkan klik Pusat Bantuan untuk bantuan lebih lanjut.” Tentunya sebelum bertindak anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa akun suspend. Periksa kembali apakah anda melakukan pelanggaran ketentuan peraturan Grab.

Tindakan suspend didapatkan oleh driver berupa tidak mendapatkan bonus dalam waktu sehari, 3 hari dan 5 hari baru setelah itu akun tidak bisa digunakan. Jika ternyata cara mendapatkan orderan dengan tidak jujur maka wajar saja bila pihak Grab melakukan pembekuan akun. Setelah anda mengetahui penyebab mengapa akun Grab suspend maka bisa melakukan tindakan pemulihan akun melalui beberapa cara.

Akun Grab Suspend

Akun Grab Suspend

Akun Grab Suspend

Penyebab akun Grab suspend ada berbagai macam jenisnya, bisa dari faktor driver, konsumen atau bahkan aplikasi tambahan lain nya. Menggunakan aplikasi tambahkan seperti Fake GPS sangat tidak disarankan karena sangat terlihat mencurigakan aktivitasnya. Apalagi jika menggunakan aplikasi mod untuk menambah orderan dimana sangat merugikan driver lain nya.

Penyebab Akun Grab Suspend

Selain itu terlalu banyak cancel orderan akan memperburuk rating driver dimana mengakibatkan pihak Grab kurang menyukainya. Jadi sebisa mungkin jaga hubungan baik antara driver dan konsumen, namun jika terlalu sering mendapatkan order dari langganan juga beresiko terkena pembekuan akun. Lebih jelasnya kami sudah merangkaum beberapa penyebab akun Grab suspend berikut ini.

Penyebab Akun Grab Suspend

Penyebab Akun Grab Suspend

1. Suspend Sebab Sering Terjadi Cancel Order

Baca  25 Cara Isi Saldo Gojek 2018 Terbaru Dan Terlengkap

Alasan pertama akun Grab suspend adalah karena driver atau konsumen sering melakukan cancel order yang menyebabkan penurunan performa driver. Tentunya banyak alasan mengapa terjadi cancel atau penolakan orderan masuk mulai dari jarak terlalu jauh, adanya promo atau kesalahan order. Untuk driver Grab sebaiknya mempertimbangkan setiap orderan dengan baik, andaikata sedang dalam kondisi lelah maka matikan saja aplikasi Grab dan jangan terima orderan. Namun jika berada pada kondisi prima maka ambil semua orderan tanpa pandang bulu dimana secara otomatis akan menaikkan rating di mata konsumen.

2. Suspend Karena Rating Jelek (Bintang Rendah)

Rating driver yang jelek dengan bintang rendah tentunya memperbesar kemungkinan akun Grab suspend. Sebagai driver memang harus sopan dan memberikan rasa nyaman kepada penumpang. Dengan sikap dan attitude yang baik maka secara otomatis penumpang tak segan memberikan bintang. Kualitas layanan memang haruslah menjadi prioritas paling utama untuk bisa mendapat lebih banyak pemasukan.

3. Suspend Sebab Kendaraan Berbeda Dengan Aplikasi

Sebagai driver Grab kita anda juga tidak bisa sembarangan menggunakan kendaraan, tentunya dalam ketentuan sudah jelas apabila kendaraan yang digunakan harus sesuai dengan data pada aplikasi. Konsumen ternyata juga tak segan segan melaporkan apabila kendaraan yang digunakan berbeda, bahkan kadang ada inspeksi dari pihak Grab yang menyamar sebagai penumpang atau sering disebut Mysteri Shopper. Jika terpaksa anda melakukan pergantian kendaraan secara permanen maka bisa langsung melakukan pengajuan melalui aplikasi.

4. Suspend Akibat Penumpang Langganan

Suspend juga bisa terjadi apabila driver terlalu sering mendapatkan order dari orang yang sama secara terus menerus. Tentunya jika terjadi demikian pihak Grab akan mencurigai bahwa driver melakukan pemalsuran order demi mengambil insentif bonus atau mendapatkan kenaikan rating. Jadi sebagai driver harus memilah milah order agar tidak dicurigai melakukan tindakan order palsu.

5. Suspend Karena Mengganti lokasi

Suspend juga bisa terjadi apabila driver melakukan kecurangan dengan mengganti lokasi menggunakan aplikasi Fake GPS. Memang menggunakan lokasi palsu akan meningkatkan jumlah orderan, namun pihak Grab sudah berpengalaman dalam melacak lokasi secara akurat. Selain itu jangan sekali kali menggunakan VPN untuk akses internet gratis karena bisa dinilai sebagai aktivitas yang tidak wajar. Pihak Grab melalui programmer dan engineer akan melakukan update lokasi setiap saat untuk menghindari tindak kecurangan ini.

Baca  7 Cara Cancel Grab Untuk Driver Agar Rating Tetap Aman

6.Suspend Lantaran Aktifitas Aplikasi Tidak Wajar

Penyebab akun Grab suspend lain nya adalah menggunakan aplikasi mod tambahan seperti aplikasi tembak grab, aplikasi tuyul dimana bertujuan mengakali sistem. Tentunya pihak grab bisa mengetahui apabila akun melakukan tindakan tidak wajar dan tak segan melakukan suspend. Jadi untuk menghindari akun Grab suspend lebih baik menggunakan cara yang jujur saja.

7.Suspend Karena Login Dengan Smartphone Lain

Login akun Grab ke smartphone lain juga meningkatkan resiko terkena suspend. Pihak Grab memang sangat ketat dalam melacak smartphone driver nya, oleh karena itu tidak bisa sembarangan login. Apabila terpaksa driver harus mengganti smartphone maka haruslah menghubungi pihak Customer Service Grab terlebih dahulu.

8.Suspend Akibat Sering Ganti Nama Akun

Sebagai driver Grab tentunya identitas asli sangat penting apalagi dengan nama akun. Sekali atau dua kali mengganti nama akun apabila terjadi kesalahan penulisan masih bisa ditolerir oleh pihak Grab. Namun apabila terlalu sering mengganti nama akun akan dianggap sebagai aktivitas yang tidak wajar oleh pihak Grab dan memperkuat indikasi kecurangan driver.

9. Suspend Akibat Mengisi Saldo Terlalu Banyak

Penyebab terakhir akun Grab suspend adalah isi saldo Grab yang terlalu banyak. Memang sekilas nampak cukup baik apabila saldo driver Grab banyak, namun hal ini bisa menimbulkan kecurigaan karena belum tentu driver melakukan pekerjaan nya secara maksimal. Apalagi jika saldo Grabpay yang didapatkan berasal dari cara pengisian ilegal tentunya pihak Grab tak segan segan melakukan pembekuan akun.

Cara Mengatasi Akun Grab Suspend

Cara Mengatasi Akun Grab Suspend

Cara Mengatasi Akun Grab Suspend

Untuk mengatasi akun Grab suspend cara yang paling cepat adalah dengan menghubungi customer service Grab atau datang ke alamat Grab terdekat. Kita juga bisa melakukan pengajuan banding akun pada website resmi Grab dengan mengisikan beberapa data. Memang semakin cepat kita melakukan tindakan maka semakin cepat pula akun Grab bisa kembali pulih.

Baca  6 Cara Top Up Grabpay 2018 Terlengkap Cepat Dan Mudah

1.Menghubungi Customer Service Grab

Langkah yang pertama bisa dilakukan untuk mengatasi akun Grab suspend adalah menghubungi customer service Grab melalui line telepon ke nomor 021-80648777. Tanyakan mengapa akun bisa kena suspend maka pihak customer service akan menjelaskan secara detail pelanggaran apa yang dilakukan

Menghubungi Customer Service Grab

Menghubungi Customer Service Grab

Anda juga bisa menghubungi customer service Grab melalui email support.id@grab.com, biasanya akan di respon dalam jangka waktu 1×24 jam saat hari kerja. Tentu saja hindari menghubungi customer service Grab pada hari minggu atau pada saat libur nasional.

Email Grab : support.id@grab.com
Call Center Grab : 021-80648777

2.Mengajukan Banding Akun Grab

Langkah berikutnya yang bisa dicoba saat akun Grab kena suspend adalah melakukan banding atau peninjauan ulang melalui situs Grab. Langsung saja kunjungi grab.com/sg/appeal/?lang=id maka akan muncul menu formulir permohonan seperti pada gambar dibawah ini.

Mengajukan Banding Akun Grab

Mengajukan Banding Akun Grab

Silahkan isi semua data dengan identitas yang valid sesuai KTP anda yang sebelumnya anda daftarkan. Isikan nama anda, negara terdaftar, nomor ponsel dan alasan sesuai realita yang anda hadapi. Jika ada alasan lain maka bisa centang tombol lain nya dan isikan secara manual masalah yang anda hadapi.

Jika semua data sudah benar terisi maka silahkan isi captcha verifikasi dan klik Submit. Permohonan anda akan masuk dan pihak grab akan melakukan pengkajian secara rinci. Apabila pelanggaran atau kesalahan yang anda lakukan masuk dalam kategori ringan maka suspen hanya akan berlaku sementara saja.

3.Datang Ke Grab Drive Center Terdekat

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah datang langsung ke alamat Grab Drive Center yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda bisa menanyakan secara langsung kepada customer service apabila terjadi kesalahan dan tentunya solusi akan bisa didapatkan dengan lebih cepat.

Grab Drive Center

Grab Drive Center

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi akun Grab yang kena suspend. Sebagai driver alangkah baiknya melakukan kerja dengan benar tanpa mengandalkan cara pintas seperti menggunakan aplikasi mod atau pengganti lokasi. Selain itu layanan prima kepada konsumen juga menjadi kunci rating yang baik ditambah banyaknya orderan menanti.