√ GoBiz Plus Tidak Menyala ? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

GoBiz Plus Tidak Menyala – Setelah dirilis beberapa waktu lalu. Saat ini tercatat sudah ada beberapa mitra usaha GoFood yang telah memanfaatkan perangkat GoBiz Plus sebagai pelengkap metode pembayaran di resto mereka.

Dipakainya perangkat GoBiz Plus sendiri tentu untuk memudahkan para pelanggan saat akan melakukan transaksi di merchant. Karena dengan perangkat GoBiz Plus, setiap konsumen akan dapat membayar pembelian mereka dengan berbagai macam metode pembayaran baik itu tunai atau non tunai.

Untuk info lebih jelas mengenai hal ini, sebaiknya kalian baca pada pembahasan mengenai APA ITU GOBIZ PLUS yang sebelumnya telah kami publish. Sebagai perangkat yang cukup membantu di era milenial seperti sekarang, tentunya perangkat GoBiz Plus menjadi sebuah terobosan yang sangat briliant.

Ditambah lagi sekarang ini telah banyak layanan dompet digital yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Seperti halnya Gopay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay serta beberapa dompet digital lainnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Perangkat GoBiz Plus Tidak Menyala

Penyebab dan Cara Mengatasi Perangkat GoBiz Plus Tidak Menyala

Sayangnya menjadi sebuah terobosan baru di tengah maraknya trend pembayaran digital yang begitu tinggi, banyak para pengguna GoBiz Plus yang mengatakan bahwa perangkat GoBiz Plus tidak menyala saat akan dipakai. Apa kiranya penyebabnya dan bagaimana solusinya? berikut infojek rangkumkan secara rinci dibawah ini.

Penyebab GoBiz Plus Tidak Menyala

Penyebab GoBiz Plus Tidak Menyala

Tidak bisa hidupnya perangkat GoBiz Plus, tentu akan membuat para pelanggan mau tidak mau harus membayar pembelian mereka dengan uang cash. Selain itu hal ini juga akan cukup merepotkan bagi pihak merchant yang telah menggunakannya.

Baca  17 Cara Top Up Gojek Driver Mandiri 2021: ATM, Mobile & Internet

Lantas apa sebenarnya faktor penyebab yang membuat GoBiz Plus susah hidup? Mengutip langsung dari pusat bantuan GoBiz, masalah tidak bisa menyalanya perangkat GoBiz Plus sebenarnya tidak disebabkan banyak masalah. Melainkan hal ini disebabkan karena beberapa faktor saja, seperti halnya:

  • Kabel USB yang terpasang pada hardware tidak terpasang dengan baik, lepas atau bahkan tidak terpasang sama sekali.
  • Perangkat GoBiz Plus terlalu panas sehingga membuat software di dalamnya stuk atau hang.
  • Atau bisa jadi disebabkan karena baterai perangkat telah habis sehingga tidak bisa mengangkat sistem yang ada dan membuat perangkat tidak bisa menyala.
  • Kabel charger mesin GoBiz Plus rusak.

Cara Mengatasi Perangkat GoBiz Plus Tidak Menyala

Itulah beberapa penyebab utama yang sampai dengan saat ini telah ditemukan oleh pihah GoBiz. Kemungkinan besar masih ada faktor lain yang menyebabkan GoBiz Plus tidak menyala.

Jadi bagi mitra usaha GoFood yang saat ini telah menggunakan perangkat GoBiz Plus namun sedang mengalami masalah tersebut. Tidak ada salahnya mencoba untuk mengatasi masalah tersebut sendiri dengan mengacu pada beberapa penyebab diatas.

Atau untuk lebih mudahnya, silahkan kalian perhatikan beberapa tips dan trik mengatasi mesin GoBiz Plus yang sulit hidup seperti dibawah ini infojek jelaskan.

1. Periksa Kondisi Baterai

Periksa Kondisi Baterai

Hal pertama dan mungkin bisa dikatakan paling mudah dilakukan untuk mengatasi mesin GoBiz Plus yang tidak mau menyala adalah dengan memeriksa kondisi baterai perangkat. Karena jika kondisi baterai sudah mulai melemah pada bagian layar perangkat akan tertera indikatornya.

Namun jika kalian tidak segera mengisi baterai tersebut, otomatis perangkat atau alat GoBiz Plus akan kehabisan baterai dan membuatnya tidak akan bisa menyala. Jika sudah seperti itu, solusi paling mudah adalah dengan memasang kabel charger yang diberikan pihak GoBiz saat pemberian perangkat kepada kalian.

Baca  45 Cara Menaikkan Limit Paylater Gojek 100% Berhasil 2021

2. Periksa Sambungan Kabel USB

Periksa Sambungan Kabel USB

Masalah lain yang menyebabkan perangkat GoBiz Plus tidak mau menyala yaitu karena kabel USB yang dibutuhkan untuk menghubungkan ke komputer kasir tidak terpasang dengan sempurna. Atau bahkan sama sekali tidak kalian pasang.

Jika hal ini menjadi faktor utamanya, solusinya yaitu dengan memasang kembali atau memperbaiki colokan kabel USB baik pada port komputer atau pada bagian port mesin GoBiz Plus itu sendiri. Pastikan bahwa sebelum menggunakan, perangkat sudah hidup dan terbaca di mesin kasir resto.

3. Coba Diamkan Perangkat 3 Menit

Coba Diamkan Perangkat 3 Menit

Kemudian solusi berikutnya yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah GoBiz Plus tidak menyala adalah dengan mendiamkan perangkat selama 3 menit. Hal ini bertujuan agar sistem yang ada di dalam perangkat kembali normal.

Karena dari beberapa kasus yang ada, tidak bisa menyalanya mesin GoBiz Plus disebabkan karena adanya sistem yang gagal bekerja dan juga dikarenakan mesin sudah terlalu panas. Oleh karena itu, silahkan kalian coba diamkan mesin GoBiz Plus selama kurang lebih 3 menit.

4. Perbaiki Kabel Charger

Perbaiki Kabel Charger

Bila mengacu pada penyebab utama seperti infojek jelaskan diatas. Ada indikasi bahwa hal tersebut bisa saja terjadi karena kabel atau bahkan kepala charger rusak sehinga tidak akan mengisi baterai perangkat meskipun kalian pasang sekalipun.

Untuk masalah ini, solusi yang kami sarankan untuk segera melaporkan kepada pihak GoBiz lewat halaman pusat bantuan di aplikasi GoBiz untuk Android. Atau langsung saja hubungi customer service / CALL CENTER GOBIZ dibawah ini.

Call Center Gobiz

  • Telepon : (021) 50849000
  • Facebook : @gobizbygojek
  • Instagram : @gobizbygojek
  • Email : mitrausaha@gojek.com
  • Website : https://gobiz.co.id/

Itulah kiranya beberapa hal yang mungkin saja menjadi indikasi utama tidak bisa menyalanya perangkat GoBiz Plus di resto para merchant yang sudah menggunakannya. Silahkan ikuti beberapa panduan diatas untuk mengatasi GoBiz Plus tidak menyala agar kembali bisa digunakan.

Baca  √ Kartu Edukasi GoBiz 2021 : Fungsi, Keuntungan & Cara Akses