6 Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir & Tips Membuatnya

Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir – Bisnis pengiriman paket dan barang belakangan ini terus mengalami lonjakan pengguna. Hal tersebut tentu bukan tanpa sebab, melainkan karena di era modern seperti sekarang, banyak sekali para pelaku bisnis baik UMKM maupun perusahaan besar yang menawarkan produk unggulan mereka secara online.

Di lain sisi, pertumbuhan digitalisasi yang terus meningkat pun membuat banyak toko online bermunculan, tidak heran jika online store kenamaan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan jga Lazada terus kebanjiran orderan setiap hari dari para konsumen aktif mereka.

Bicara mengenai transaksi jual beli online yang terus meningkat. Membuat banyak perusahaan ekspedisi pun kewalahan dalam menangani banyaknya jumlah paket kiriman setiap harinya. Hal ini membuat beberapa perusahaan ekspedisi seperti JNE, J&T, SiCepat, Anteraja dan lain sebagainya membuka lowongan kurir pengantaran.

Pasalnya para kurir inilah yang nanti akan membantu mengantarkan setiap paket kiriman masuk sampai ke alamat tujuan. Nah buat kalian yang mungkin saat ini sedang ingin melakukan pendaftaran sebagai kurir pengiriman paket.

Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir

Maka salah satu hal yang cukup penting untuk di perhatikan saat melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Karena hampir semua perusahaan ekspedisi membutuhkan CV lengkap dari setiap calon kurir mereka. Maka dari itu, di bawah ini infojek siapkan beberapa contoh surat lamaran kerja kurir yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Pentingnya Surat Lamaran Kerja!

Menjadi salah satu syarat utama ketika ingin melamar pekerjaan, surat lamaran kerja sendiri memiliki fungsi sebagai dokumen tertulis berisikan pengajuan pekerjaan yang di tujukan kepada sebuah perusahaan/organisasi maupun lainnya. Dengan kata lain surat ini cukup penting.

Baca  12 Cara Cepat Dapat Orderan Gojek Terbaru 2022

Pasalnya selain menjadi pengantar calon pekerja (kurir) ke sebuah perusahaan ekspedisi seperti JNE, SiCepat, Shopee, ID Express dan lain sebagainya. Surat lamaran kerja juga menjadi pertimbangan bagi sebuah perusahaan untuk menerima atau tidak lamaran kalian.

Hal tersebut karena di dalam sebuah surat lamaran kerja umumnya tidak hanya berisikan data diri, melainkan beberapa informasi penting mulai dari jenjang pendidikan, pengalaman kerja serta lainnya. Oleh karena itu jika di tanya seberapa penting surat lamaran kerja, tentu saja sangatlah penting.

Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir

Setelah mengetahui seperti apa pentingnya surat lamaran kerja baik sebagai kurir maupun lainnya. Seperti kami singgung di atas, buat kalian yang saat ini sedang ingin melamar kerja sebagai kurir pengiriman. Berikut ini adalah beberapa contoh lamaran kerja kurir tulisan tangan maupun print-out untuk beberapa perusahaan ekspedisi di Indonesia.

Kurir J&T

Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir JT

Kurir SiCepat

Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir SiCepat

Kurir Anteraja

Surat Lamaran Kerja Kurir Anteraja

Kurir Shopee

Surat Lamaran Kerja Kurir Shopee

Kurir ID Express

Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir ID Express

Kurir JNE

Surat Lamaran Kerja Kurir JNE

Download Surat Lamaran Kerja Kurir

Dari contoh surat lamaran kerja kurir yang sudah infojek.com lampirkan di atas, bisa kalian lihat bahwa hampir semua contoh surat di atas mempunyai struktur penulisan tidak jauh berbeda. Dimana dalam satu surat lamaran kerja, terdapat beberapa info penting mulai dari :

  1. Data Pribadi Lengkap
  2. Deskripsi diri kalian dengan singkat, padat dan jelas.
  3. Pendidikan terakhir serta pelatihan yang sudah pernah dijalani.
  4. Pengalaman kerja sebelumnya.
  5. Skill tambahan, prestasi serta keahlian yang kalian miliki.

Nah bila memang kalian ingin menggunakan salah satu contoh surat lamaran kerja kurir yang sudah kami berikan di atas untuk daftar kurir J&T atau daftar kurir SiCepat. Maka silahkan download surat lamaran kerja kurir format .doc & .pdf melalui link di bawah ini.

Baca  16 Jasa Pengiriman Cargo Terbaik & Tercepat di Indonesia

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Dari beberapa contoh surat lamaran kerja kurir seperti di atas kami sampaikan, tentu bisa kalian lihat bahwa hampir semua surat lamaran kerja kurir tulisan tangan maupun print-out benar-benar memberikan kesan profesional.

Namun jika memang kalian tidak ingin menggunakan beberapa contoh di atas dan memilih membuat sendiri surat lamaran kerja sebagai kurir di Ninja Express maupun lainnya. Maka pastikan kalian buat dengan menggunakan beberapa tips berikut ini.

  1. Pertama pastikan kalian menulis dengan menggunakan susunan bahasa sesuai dengan EyD (Ejaan yang Disempurnakan).
  2. Untuk saat ini penulisan surat lamaran kerja lebih baik dibuat menggunakan ketikan, meskipun nilai surat lamaran kerja kurir tulisan tangan sebenarnya punya nilai tersendiri.
  3. Kemudian setiap kali membuat surat lamaran kerja pastikan kalian isi dengan detail sejujurnya.
  4. Pastikan pula bahwa semua point yang kami sebut di atas kalian masukkan dengan penjelasan singkat, mudah di pahami dan enak untuk di baca.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian penjelasan detail mengenai contoh surat lamaran kerja kurir untuk beberapa perusahaan ekspedisi yang ada di Indonesia. Semoga dengan adanya contoh di atas, kalian akan dapat memanfaatkannya sebaik mungkin untuk melamar di perusahaan pengiriman yang kalian pilih.