8 Cara Menjalankan Pesanan GoMart dan Ketentuannya 2020

Cara Menjalankan Pesanan GoMart – Menjadi salah satu perusahaan papan atas di bidang transportasi online. Gojek selalu menawarkan berbagai macam inovasi serta terus mengembangkan sarana dan prasarana yang mereka miliki untuk meningkatkan mutu serta kualitas pelayanan mereka.

Tidak tanggung-tanggung saat ini ada cukup banyak layanan yang ditawarkan Gojek dengan tujuan untuk mempermudah dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Salah satu layanan tersebut bernama GoMart.

GoMart sendiri merupakan sebuah fasilitas yang menawarkan kemudahan kepada para pelanggan setia untuk bisa membeli barang kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan perawatan dan kecantikan, produk hewan peliharaan serta kebutuhan hobi dan juga kebutuhan rumah tangga.

Menariknya, para mitra atau driver Gojek yang mendapatkan pesanan Gomart, mereka tidak perlu repot-repot membeli satu persatu pesanan tersebut. Karena barang pesanan otomatis akan disiapkan oleh petugas merchant atau toko. Dengan begitu kalian hanya perlu menerima dan menjalankan pesanan GoMart sesuai dengan SISTEM GOJEK.

Ketentuan dan Cara Menjalankan Pesanan GoMart Terbaru

Ketentuan dan Cara Menjalankan Pesanan GoMart Bagi Merchant

Meski tidak jauh berbeda dengan CARA MENERIMA PESANAN GOFOOD, namun bagi toko yang sudah bekerjasama dengan Gojek di layanan GoMart ada beberapa ketentuan yang harus di perhatikan. Nah beberapa ketentuan serta cara menjalankan pesanan GoMart tersebut akan infojek sampaikan dibawah ini.

Ketentuan Menjalankan Order GoMart

Ketentuan Menjalankan Pesanan GoMart Bagi Merchant

Seperti kami jelsakan diatas, bagi merchant atau toko yang mendapatkan pesanan atau orderan dari konsumen lewat layanan GoMart. Maka merchant harus mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, adapun ketentuan menjalankan pesanan GoMart tersebut antara lain.

  1. Jika ada pesanan GoMart masuk, maka merchant atau toko tidak akan bisa menolak ataupun membatalkan pesanan.
  2. Memastikan bahwa pesanan sudah disiapkan sebelum mitra driver sampai di toko.
  3. Setiap toko yang sudah bergabung menjadi mitra Gomart HARUS dan WAJIB menyiapkan kantong belanja.
  4. Disetiap pesanan GoMart terdapat Nomor Pesanan (Order ID) yang biasanya di awali dengan huruf MT serta diikuti dengan 10 digit angka unik, contohnya MT-987158590.
  5. Petugas toko DILARANG menagih pembayaran kepada mitra Driver dalam bentuk apapun. Karena pembayaran otomatis akan langsung masuk ke aplikasi GoBiz.
  6. Apabila terdapat beberapa produk yang kosong, maka petugas merchant tidak boleh dan tidak bisa menukar dengan barang lain. Tetapi hanya mengurangi pesanan pada barang tersebut.
  7. Perintahkan kepada mitra driver untuk memberi tahu pelanggan bahwa ada barang yang kosong.
  8. Memastikan mitra driver juga mengurangi jumlah produk yang tidak tersedia di dalam aplikasi mitra driver.
Baca  Apa Itu Sistem Suspensi Gojek 2020 : Fungsi dan Keuntungan

Cara Menjalankan Pesanan GoMart

Nah diatas merupakan ketentuan yang harus diperhatikan oleh merchant GoMart ketika mendapatkan pesanan dari para pelanggan yang melakukan ORDER GOMART lewat aplikasi Gojek. Apabila sudah paham, berikut ini adalah panduan cara menjalankan pesanan GoMart bagi para toko.

  1. Pertama silahkan buka aplikasi Gobiz yang tentunya sudah login ke akun utama merchant.
  2. Setelah itu pada halaman Detail Pemesanan, silahkan lihat informasi pelangan baik itu nama, oder id, nama dan foto produk, jumlah produk yang dipesan, biaya tas belanja, harga produk, serta estimasi harga total.
  3. Untuk mempermudah proses pengambilan barang pesanan, disarankan untuk mencetak list pesanan tersebut dengan cara klik menu Cetak List lalu pilih Cetak.
    1 Pilih Menu Cetak List dan Cetak
  4. Apabila semua pesanan telah selesai kalian siapkan silahkan klik tombol Sudah Belanja agar proses bisa dilanjutkan.
  5. Jika sudah kalian klik, maka kalian akan di arahkan ke halaman Ringkasan Pesanan,  yang dimana pada halaman ini kalian akan dapat melihat info tambahan dari pelanggan dan juga detail pembayaran.
  6. Kemudian setelah semua barang pesanan dipastikan benar dan sesuai, maka petugas merchant harus memilih menu Lihat Pin untuk proses Validasi Pin.
    2 Kemudian Pilih Menu Lihat Pin Untuk Validasi PIN
  7. Disini, kalian harus Memberikan PIN yang didapat ke driver Gojek, jika sudah klik menu Selesaikan Pesananan.
    3 Berikan PIN Validasi ke Driver Gojek
  8. Sampai disini maka kalian pun sudah berhasil menyelesaikan dan menjalankan pesanan GoMart konsumen.

Hal Perlu Diperhatikan Merchant GoMart

Dari penjelasan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa setiap orderan GoMart yang masuk akan memiliki Nomor Pesanan atau Order ID yang berbeda-beda. Jadi ketika driver tiba di toko untuk mengambil pesanan GoMart, maka petugas merchant WAJIB menanyakan Order ID yang sedang di jalankan.

Baca  √ Widget Gopay iOS 2020 : Cara Menambah, Edit dan Hapus

Setelah itu petugas toko segera membuka apliaksi GoBiz dan mencari Order ID yang sama. Jika sudah ditemukan segera cari barang pesanan yang sudah disiapkan sesuai dengan nomor pesanan atau order ID tersebut. Dengan begitu, kesalahan pemberian order kepada driver pun bisa di minimalisir.

Seperti itu kiranya informasi yang kali ini dapat infojek.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya pembahasan ketentuan dan panduan cara menjalankan pesanan GoMart bagi merchant atau toko diatas bisa menjadi referensi yang bermanfaat, terutama bagi para merchant atau toko yang baru saja bergabung ke layanan GoMart.