7 Cara Cancel Traveloka Eats 2022 : Driver & Pelanggan

Cara Cancel Traveloka Eats – Seiring berjalannya waktu, popularitas nama layanan Traveloka Eats semakin hari terus mengalami peningkatan. Bukan hanya itu saja, jumlah pengguna (konsumen), merchant dan juga driver pun terus meningkat dengan pesat.

Hal ini otomatis menjadi salah satu kabar yang cukup membanggakan, karena dengan adanya Traveloka Eats, setidaknya persaingan layanan food delivery di Indonesia semakin ramai dan semakin beragam. Karena jika kita lihat ke belakang, kita tahu layanan serupa sudah ada GoFood, GrabFood dan lainnya.

Meskipun terus meningkat, namun hal ini juga terus memberikan pertanyaan-pertanyaan umum yang juga sering ditanyakan para pengguna GrabFood, GoFood maupun layanan pesan antar makanan lainnya. Nah pertanyaan yang kami maksud tersebut adalah bagaimana cara cancel Traveloka Eats?.

Secara garis besar sistem kerja digunakan Traveloka hampir sama dengan sistem orderan Shopee Food maupun lainnya. Maka dari itu, cara cancel pesanan atau orderan Traveloka Eats pun tidaklah jauh berbeda dengan cara cancel Shopee Food yang sebelumnya sudah pernah kami sampaikan.

Cara Cancel Traveloka Eats bagi Driver Pelanggan

Dimana pada proses pembatalan pesanan atau cancel orderan dapat dilakukan baik oleh pelanggan (konsumen) maupun para driver. Tentu saja pembatalan yang baik dan benar sesuai dengan sistem kerja akan membuat para konsumen atau driver terhindar dari sanksi atau denda.

Bahaya Sering Cancel Orderan

Sebelum kita membahas masalah bagaimana cara cancel orderan Traveloka Eats, mungkin ada baiknya kita juga harus memahami apa saja hal mungkin saja terjadi ketika terlalu sering melakukan pembatalan. Baik itu pada driver maupun pada konsumen.

# Bahaya Bagi Driver

  • Akun diblokir.
  • Sepi orderan atau akun Traveloka driver gagu.
  • Menurunkan rating atau peringkat driver.

# Bahaya Bagi Konsumen

  • Sulit melakukan order karena tracking yang buruk.
  • Akun ditahan sementara.
  • Parahnya akun akan diblokir karena dianggap sering melakukan pembatalan orderan.

Secara sistem memang tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai bahaya bagi driver maupun bagi para konsumen. Akan tetapi kenapa bisa kami sampaikan seperti di atas? karena kami melihat resiko terburuk dari beberapa layanan serupa di tanah air.

Cara Cancel Traveloka Eats

Baik konsumen maupun driver, keduanya sama-sama dapat melakukan pembatalan pesanan jika memang dirasa ada yang salah maupun restoran tutup. Namun kami yakin tidak sedikit dari para pengguna maupun driver yang tahu bagaimana cara aman cancel Traveloka Eats agar terhindar dari sanksi.

Maka dari itu, buat kalian yang belakangan ini sering menggunakan layanan food delivery Traveloka Eats untuk memesan makanan maupun minuman cepat saji secara online. Berikut adalah panduan lengkap beserta gambar tata cara cancel Traveloka Eats bagi driver maupun pelanggan.

1. Cara Cancel Pesanan Traveloka Eats Driver

Jika sebelumnya sudah pernah infojek bagikan panduan lengkap tentang cara menjalankan orderan Traveloka Eats bagi driver pemula. Secara sistem setiap driver juga berhak membatalkan pesanan atau orderan dari para pelanggan.

Namun setidaknya pembatalan pun jangan dilakukan secara sering karena akan dapat mempengaruhi performa akun. Selain itu pembatalan pun juga harus sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh pihak Traveloka itu sendiri, antara lain seperti:

  • Pembatalan bisa dilakukan ketika kalian (driver) sudah mendatangi restoran namun ternyata restoran tutup.
  • Cancel orderan juga harus memberi tahu para konsumen alasan tepat baik itu menu habis atau restoran tutup.

Jika kedua belah pihak sudah setuju melakukan pembatalan, maka driver berhak melakukan pembatalan dengan cara tepat. Nah bicara mengenai cara yang tepat cancel orderan Traveloka Eats bagi driver karena resto tutup atau hal lainnya.

Namun sebelum itu kalian harus mempersiapkan:

  • Pulsa untuk melakukan panggilan ke CS Traveloka Eats.
  • Lalu foto restoran tutup.
  • Nomor Orderan.

Berikut sudah kami siapkan panduan yang baik dan benar untuk bisa kalian para driver Traveloka Eats ikuti.

  1. Buka aplikasi Traveloka Eats Driver sedang menjalankan orderan masuk.
  2. Kemudian pilih saya sudah tiba di restoran.
    Pilih Sudat Tiba Direstoran
  3. Maka kalian akan mendapatkan tampilan seperti ini pada aplikasi driver masing-masing.
    Tampilan Setelah Tiba Diresto
  4. Untuk cancel atau membatalkan orderan karena resto tutup, silahkan copy nomor orderan di bagian pojok kiri atas dan jangan kalian pilih Siap Antar Orderan.
    Copy Nomor Orderan
  5. Setelah itu kalian scroll ke bawah dan pilih bantuan dan otomatis kalian akan diarahkan ke halaman panggilan telepon dengan nomor call center (CS) tertera.
    Pilih Bantuan
  6. Silahkan lakukan panggilan dan pastikan kalian memiliki pulsa yang mencukupi, disini silahkan kalian katakan akan membatalkan orderan dengan nomor pesanan ….. karena restoran tutup.
    Lakukan Panggilan
  7. Setelah itu, beberapa saat kemudian akan ada CS Traveloka yang akan menghubungi lewat WhatsApp untuk meminta foto restoran tutup melalui WhatsApp.
    Kirimkan Foto Bukti Restoran Tutup
  8. Jika semua hal di atas kalian lakukan dengan benar maka pesanan pun akan otomatis dibatalkan oleh sistem dan kalian akan mendapatkan notifikasi seperti berikut ini.
    Pesanan Dibatalkan Sistem

Meski bisa dikatakan mudah dilakukan, akan tetapi dari beberapa penuturan para driver Traveloka Eats yang mengalami masalah seperti toko tutup atau hal lainnya. Metode cancel atau pembatalan pesanan ini dianggap cukup ribet dan memakan waktu.

Karena tidak sedikit driver yang harus melakukan pembatalan dan harus menunggu kurang lebih 1 jam untuk bisa memproses pembatalan orderan yang masuk.

2. Cara Membatalkan Order Traveloka Eats Pelanggan

Berbeda dari cara cancel order Traveloka Eats driver, bagi kalian para pelanggan yang ingin melakukan pembatalan pesanan karena masalah tertentu. Juga sebenarnya bisa dilakukan dengan begitu mudah. Namun tidak sedikit dari mereka yang mengetahui caranya.

Oleh karena itu, di bawah ini akan kami buatkan panduan lengkap tentang cara cancel orderan Traveloka Eats bagi para pelanggan.

  • Masuk aplikasi Traveloka dan masuk ke bagian pesanan Traveloka Eats Delivery.
  • Setelah itu silahkan pilih mana pesanan yang akan dibatalkan seperti pada gambar di bawah ini.
    Pilih Pesanan yang Ingin Dibatalkan
  • Halaman pun akan mengarahkan kalian ke tampilan yang berbeda, dimana pada tampilan ini silahkan klik pada menu Lainnya seperti kami tunjuk di bawah ini.
    Pilih Menu Lainnya
  • Pop up cancel orderan atau pembatalan orderan pun akan keluar, disini kalian bisa memilih pembatalan semua pesanan maupun pembatalan sebagian dan ubah.
    Pilih Jenis Pembatalan
  • Jika ingin membatalkan sebagian dan ubah silahkan pilih menu tersebut. Maka menu baru bertuliskan alasan pembatalan pun akan tampil, disini silahkan kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan tap lanjutkan.
    Pilih Alasan Pembatalan Sebagian
  • Namun jika ingin melakukan cancel orderan semua pesanan yang dilakukan maka pilih batalkan semua pesanan dan silahkan pilih alasan pembatalan kemudian klik batalkan.
    Pilih Alasan Pembatalan Semua
  • Namun jika alasan disediakan tidak ada, kalian juga diberi pilihan untuk memilih menu lainnya dan menceritakan secara detail kenapa kalian ingin membatalkan pesanan tersebut.
    Tulis Alasan Pembatalan
  • Terakhir silahkan konfirmasi cancel order atau pembatalan orderan seperti berikut, maka nanti pada halaman order status akan berhasil dibatalkan.
    Konfirmasi Pemabatalan

Akhir Kata

Demikian kiranya proses ataupun prosedur bagaimana cara cancel Traveloka Eats bagi para driver maupun para konsumen dengan berbagai macam alasan. Walaupun bisa dikatakan cukup mudah dan simple, akan tetapi baik driver maupun konsumen sebaiknya jangan melakukannya secara sering.

Kenapa? karena hal ini bisa membuat akun dibekukan atau bahkan sama sekali tidak bisa digunakan untuk menjalankan order atau pesan makanan di Traveloka Eats. Kiranya cukup sekian informasi yang dapat infojek.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat.