8 Cara Cancel Shopee Food 2022 : Driver & Konsumen

Cara Cancel Shopee Food – Kehadiran Shopee Food sebagai layanan food delivery memang cukup membuat persaingan layanan serupa semakin ketat. Apalagi Shopee yang notabenya merupakan toko online dengan jumlah pengguna banyak menjadikannya semakin yakin dengan layanan ini.

Bahkan setelah resmi diresmikan dan beroperasi di wilayah DKI Jakarta, layanan Shopee Food cukup membuat driver dan merchant kewalahan dalam menerima orderan yang masuk. Karena banyak konsumen yang langsung mencoba PESAN SHOPEE FOOD.

Sayangnya tidak sedikit para konsumen tersebut langsung membatalkan pesanan karena mungkin ada hal yang terlewat atau karena alasan lain. Nah bicara mengenai pembatalan pesanan, ada baiknya jika hal tersebut sedikit kalian kurangi.

Mengingat cancel pesanan yang tidak tepat akan membuat banyak pihak rugi, baik itu driver, merchant atau bahkan dari pihak konsumen itu sendiri. Nah jika kalian adalah salah satu pengguna Shopee Food dibawah ini akan kami rangkum cara cancel orderan Shopee Food yang baik dan benar.

Cara Cencel Shopee Food Driver dan Konsumen

Bahkan tidak hanya akan membahas bagaimana cara membatalkan pesanan Shopee Food bagi konsumen, pada kesempatan ini infojek.com juga akan merangkum tata cara cancel Shopee Food untuk driver agar performa akun tetap terjaga dengan baik.

Akibat Membatalkan Orderan Shopee Food

Akibat Cancel Orderan Shopee Food

Membatalkan orderan Shopee Food memang dapat dilakukan dengan begitu mudah. Akan tetapi jika dilihat dari sisi teknis, proses cancel orderan yang tidak sesuai aturan justru akan dapat merugikan baik itu pada akun driver ataupun akun konsumen.

Baca  6 Cara Login Shopee Food Driver Dengan Nomor HP & Ketentuan!

Nah untuk memberi pemahaman kepada driver ataupun konsumen Shopee Food, berikut adalah efek atau akibat terlalu sering melakukan cancel pesanan Shopee Food.

  1. Jika cancel dilakukan driver terlalu sering, akibat paling buruk adalah putus mitra.
  2. Selain itu, pembatalan orderan masuk yang dibatalkan driver juga berakibat performa dan rating turun.
  3. Akun driver gagu dan sulit mendapatkan orderan masuk.
  4. Sementara jika pelanggan atau konsumen sering melakukan cancel atau membatalkan orderan, bisa saja akun terblokir.

Oleh karena itu baik driver ataupun konsumen yang akan melakukan cancel orderan sebaiknya konfirmasi dan berikan penjelasan terlebih dahulu kepada pihak terkait agar tidak ada kesalahpahaman. Oleh karena itu, berikut adalah tata cara cancel Shopee Food yang baik dan benar.

Cara Cancel Shopee Food Driver

Hampir sama seperti CARA MEMBATALKAN PESANAN MAXIM, driver juga berhak cancel orderan yang masuk apabila terindikasi melakukan kecurangan atau orderan fiktif. Namun pastikan lakukan cara berikut ini agar performa dan rating tidak turun.

Masuk Halaman Orderan

Pertama silahkan masuk pada halaman orderan di aplikasi Shopee Food driver kalian kemudian, lakukan konfirmasi kepada pelanggan dengan cara chat atau telepon.

1 Buka Aplikasi Shopee Food Driver 1

Pilih Batalkan Pesanan

Apabila pihak konsumen tidak merespon sama sekali, driver berhak melakukan cancel orderan atau pesanan dari konsumen tersebut dengan cara klik tombol Batalkan Pesanan pada halaman order masuk.

2 Pilih Menu Batalkan Pesanan

Pilih Alasan Pembatalan

Ketika sudah memilih untuk melakukan pembatalan pesanan, silahkan lanjutkan dengan memilih alasan pembatalan sesuai pilihan yang disediakan oleh pihak Shopee Food kemudian tap menu ajukan.

3 Pilih Alasan Pembatalan

Cara Cancel Shopee Food Konsumen

Sementara bagi kalian para konsumen yang ingin membatalkan pesanan Shopee Food, maka agar tidak merugikan driver atau merchant sebaiknya ikuti panduan cara membatalkan pesanannya berikut ini.

Baca  6 Cara Withdraw ShopeeFood & Tarik Tunai Saldo Driver 2022

Masuk Aplikasi Shopee

Pertama silahkan buka aplikasi Shopee yang ada pada HP android atau iPhone kalian. Pastikan koneksi lancar agar proses dapat dilakukan dengan baik.

1 Buka Aplikasi Shopee 1

Masuk Layanan Shopee Food

Setelah masuk, silahkan tap menu Shopee Food di bagian atas untuk bisa masuk ke layanan pesan antar makanan milik Shopee.

2 Masuk Shopee Food

Pilih Pesanan Saya

Di halaman tersebut ada 3 menu di bagian bawah, silahkan pilih menu Pesanan Saya yang ada di bagian tengah.

3 Pilih Pesanan Saya

Klik Batalkan Pesanan

Disini silahkan cari pesanan aktif yang ingin kalian cancel atau batalkan, setelah itu klik batalkan pesanan di bagian bawah.

4 Pilih Batalkan Pesanan

Pilih Alasan Pembatalan

Jika sudah kalian akan dihadapkan pada tampilan untuk memilih alasan pembatalan, silahkan pilih sesuai dengan kebenaran agar proses pembatalan tidak merugikan akun ataupun driver dan merchant.

5 Pilih Alasan Pembatalan

Akhir Kata

Itulah kiranya proses cara cancel Shopee Food baik untuk driver ataupun para konsumen. Silahkan ikuti panduan yang sudah infojek.com sampaikan diatas apabila ingin membatalkan pesanan karena alasan tertentu. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.