9 Jenis-Jenis Packing Barang Dalam Ekspedisi, Mana Paling Aman?

Jenis-Jenis Packing Barang – Bergelut dalam bisnis online sepertinya kita akan selalu dihadapkan dengan masalah pengemasan atau packing. Kenapa? karena pada dasarnya packing barang dalam ekspedisi sendiri menjadi hal wajib yang harus selalu dilakukan untuk membuat barang kiriman aman sampai ke alamat tujuan.

Pengemasan barang kiriman atau packing sendiri memberikan perlindungan para barang kiriman, dari berbagai macam hal tidak diinginkan, seperti pecah, robek, atau bahkan basah karena terkena air. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, saat ini pengemasan atau packing di dalam bisnis online sendiri bisa dibilang cukup banyak macamnya.

Mengingat packing barang sendiri akan selalu mengikuti armada / jenis layanan pengiriman yang digunakan. Selain memberikan pengamanan terhadap barang kiriman agar bisa sampai dengan aman ke lokasi tujuan. Pemberian packing pada paket pun ditujukan untuk membuat barang lebih mudah dibawa pada saat masuk ke dalam proses pengiriman.

Nah bicara tentang masalah packing barang dalam ekspedisi, seperti sudah kami singgung sebelumnya. Packing barang sendiri ada berbagai macam jenis untuk saat ini. Dan hampir semuanya punya fungsi dan peruntukannya masing-masing. Maka dari itu buat kalian yang saat ini sedang bergelut didunia bisnis online dengan pemanfaatan jasa pengiriman barang.

scarlet
Jenis Packing Barang Dalam Ekspedisi

Tidak ada salahnya jika mengenal berbagai macam jenis-jenis packing barang dalam ekspedisi pengiriman. Untuk itu setelah sebelumnya kami sampaikan fungsi palet dalam pengiriman. Berikut ini akan infojek.com bagikan beberapa jenis packing barang dalam ekspedisi, tanpa panjang lebar lagi, silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Memahami Apa Itu Packing!

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang jenis-jenis packing dalam ekspedisi, mungkin ada dari kalian yang sudah begitu sering menggunakan atau memanfaatkan proses ini. Namun belum tahu apa sebenarnya itu packing.

Maka dari itu, disini akan kami jelaskan sedikit mengenai apa itu packing dalam pengiriman barang / ekspedisi baik itu ekspedisi reguler maupun cargo.

Packing adalah sebuah kemasan yang sengaja dipasang pada barang kiriman yang berfungsi untuk melindungi produk/paket barang dari berbagai macam hal-hal tidak diinginkan. Dengan begitu barang maupun produk yang ada di dalam akan tetap utuh ketika sampai ke alamat tujuan pengiriman.

Jenis-Jenis Packing Barang dalam Ekspedisi

Setelah mengetahui secara singkat apa itu packing dalam pengiriman barang / ekspedisi. Setidaknya seperti apa yang sudah infojek.com singgung di atas. Sampai dengan saat ini dan seiring dengan berjalannya waktu, packing barang pun juga sudah begitu banyak jenis dan modelnya. Beberapa di antaranya seperti:

  • Packing Shrink Film
  • Packing Strapping Band
  • Packing Karung
  • Packing Koran
  • Packing Plastik
  • Packing Kayu
  • Packing Kardus
  • Packing Bubble Wrap
  • Packing Amplop
Baca  12 Jasa Pengiriman Barang Besar Murah & Cepat di Indonesia

Dari begitu banyaknya jenis-jenis packing tersebut, tentu ada satu packing paling aman yang bisa kalian gunakan. Namun sebelum kita memberikan kesimpulan jenis packing barang paling aman. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang masing-masing jenis packing barang dalam ekspedisi di atas.

1. Packing Shrink Film

Packing Shrink Film

Salah satu jenis packing barang paling umum kita jumpai adalah packing shrink film. Meski bisa dibilang jenis ini mungkin cukup jarang digunakan dalam proses pengemasan barang kiriman. Namun tetap saja ada beberapa penjual online yang masih memanfaatkan jenis packing satu ini.

Terbuat dari material plastik tipis dengan tambahan sedikit lem, membuat packing ini lebih mudah dipasang. Umumnya penggunaan packing jenis ini lebih diperuntukkan dalam pengemasan makanan / barang-barang kecil penting dan berharga.

Kenapa? karena dengan memanfaatkan jenis packing ini barang akan tetap aman, tetap utuh, dan tidak akan mudah terkena debu atau kotoran lainnya. Namun perlu diingat, pemakaian jenis packing satu ini tidak akan cocok apabila digunakan pada pengemasan barang kiriman dengan ukuran / volume besar.

2. Packing Strapping Band

Packing Strapping Band

Jika packing shrink film dibuat dengan bahan dasar plastik, jenis packing strapping band merupakan sebuah jenis packing yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa Polipropilena & Polyethilena yang dicampur dengan standar khusus.

Jenis packing ini bahkan sudah hampir digunakan di seluruh dunia untuk proses pengiriman barang. Hal tersebut karena kualitas keamanan packing jenis ini dianggap lebih baik sehingga dapat membuat barang kiriman tetap aman.

Dan biasanya bagi para pengusaha impor & ekspor yang sering menggunakan jasa pengiriman barang besar. Packing strapping bank menjadi pilihan paling baik untuk menjaga produk tetap utuh sampai ke lokasi tujuan pengiriman.

3. Packing Karung

Packing Karung

Pernah melihat paket yang dikirim dengan menggunakan kemasan karung? yah, karung sendiri menjadi salah satu jenis packing yang sering digunakan dalam pengiriman barang. Namun umumnya pemakaian packing ini lebih ke barang-barang tekstil maupun barang-barang ringan anti pecah.

Tidak heran apabila pemakaian jenis packing barang dalam ekspedisi yang satu ini akan lebih sering kita jumpai digunakan perusahaan-perusahaan barang pangan / industrial pabrik. Selain itu, penggunaan packing karung juga dianggap lebih mudah dan lebih murah.

Namun di sisi lain, dengan menggunakan kemasan / packing karung. Umumnya barang kiriman akan tetap terhindar dari kelembaban cuaca sekitar. Selain itu, packing barang dengan karung juga akan tetap membuat paket lebih mudah dikemas dan di tata saat proses pengiriman berlangsung.

Baca  √ Akun Gagu Gojek 2022 : 17 Penyebab & Solusi Biar Gacor

4. Packing Koran

Packing Koran

Bagi sebagian besar orang koran bekas mungkin akan dianggap sebagai salah satu sampah yang sudah tidak lagi bisa digunakan. Namun di sisi lain, bagi para pebisnis online mungkin koran bekas sangatlah berharga.

Kenapa? karena dalam industri pengiriman / ekspedisi koran juga menjadi salah satu jenis packing barang yang sering digunakan. Hanya saja pemakaian packing barang dengan menggunakan koran bekas umumnya akan dilapisi pula dengan tambahan seperti packing plastik / bubble wrap.

Mengingat koran yang terbuat dari material kertas ini sama sekali tidak akan bisa menahan basah atau goresan. Sehingga hal ini bisa membuat paket sedikit kurang aman, terlebih lagi jika pengiriman yang dilakukan memiliki tujuan cukup jauh baik antar pulau atau bahkan internasional.

5. Packing Plastik

Packing Plastik

Jenis-jenis packing barang dalam ekspedisi memang ada cukup banyak. Selain jenis di atas ada juga jenis packing barang dengan plastik. Pemakaian packing plastik sendiri dianggap lebih mudah, fleksibel dan juga mampu membuat barang kiriman aman dari air dan goresan.

Bahkan bisa dikatakan packing plastik menjadi satu-satunya jenis packing yang akan selalu ada di hampir semua proses pengiriman barang. Tidak heran jika banyak perusahaan jasa pengiriman barang menyediakan packing plastik dengan identitas mereka sendiri.

Dan menariknya tidak hanya dapat memberikan perlindungan pada barang kiriman sebagai lapisan utama. Packing plastik juga sering dijadikan pelindung luar dari kemasan yang sudah di packing dengan berbagai macam jenis packing barang lainnya.

6. Packing Kayu

Packing Kayu

Jenis packing barang berikutnya adalah kayu. Penggunaan packing kayu sendiri umumnya dipakai di bagian terluar setelah barang dikemas dengan memakai jenis packing lain. Dan biasanya packing jenis ini juga seringkali hanya digunakan sebagai pengemas ekstra.

Karena barang yang akan dikirim merupakan barang-barang mudah pecah seperti barang elektronik, perabotan rumah tangga, atau guci dan lain sebagainya. Dan umumnya pemakaian packing jenis ini juga terdapat biaya tambahan.

Tidak heran apabila penggunaan jenis packing barang kayu ini memiliki harga / tarif sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis packing bubble wrap, kardus, karung maupun amplop. Namun bagi kalian yang ingin mengirim barang pecah belah ke luar kota / luar pulau sangat kami sarankan memakainya.

7. Packing Kardus

Packing Kardus

Kemudian ada pula jenis packing barang yang memanfaatkan kardus sebagai bagian terluarnya. Kemasan jenis ini mungkin jadi salah satu jenis packing yang paling sering digunakan dalam proses pengiriman barang apapun.

Karena selain bentuknya yang bisa disesuaikan dengan produk / barang kiriman. Harga packing kardus terbilang cukup murah. Meskipun begitu keamanan dari packing kardus pun sudah tidak perlu lagi kita ragukan.

Baca  18 Aplikasi Kurir Online Terbaik & Murah di Indonesia 2022

Namun beberapa orang / penjual online bahkan memberikan ekstra pengemasan dengan memberikan packing kertas dan packing plastik / bubble wrap pada bagian luar kardus untuk memastikan barang / paket tetap aman sampai di tujuan dan terhindar dari goresan / air saat di perjalanan.

8. Packing Bubble Wrap

Packing Bubble Wrap

Bagi kalian yang cukup sering menggunakan jasa pengiriman paket mungkin sudah tak lagi asing dengan jenis packing satu ini. Bubble wrap sendiri merupakan packing berbahan dasar plastik yang dibuat dengan tonjolan-tonjolan udara dengan fungsi sebagai peredam getaran.

Sama halnya dengan packing kardus, jenis packing dalam pengiriman barang mungkin packing bubble wrap juga menjadi salah satu pilihan terbaik dan paling sering digunakan. Pasalnya murah, elastis dan mudah di bentuk mengikuti barang.

Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan packing bubble wrap sangat tidak disarankan untuk paket yang sama sekali tidak tahan terhadap tekanan. Karena bubble wrap sendiri tidak di rancang untuk menahan tekanan.

9. Packing Amplop

Packing Amplop

Nah jenis packing terakhir mungkin sering kita jumpai dalam bisnis pengiriman / ekspedisi adalah packing amplop. Jenis packing ini merupakan packing paling sederhana dan paling mudah untuk di proses.

Pasalnya amplop sendiri memang sudah dibuat secara khusus dengan menggunakan material kertas dan memiliki ukuran cukup banyak. Umumnya pemakaian jenis packing barang satu ini lebih diperuntukkan para pengiriman dokumen / surat-surat berharga.

Namun begitu penggunaan packing amplop akan tetap membuat ongkir yang dihitung biasanya per 1kg. Jadi meskipun barang kiriman dengan menggunakan packing amplop yang mungkin beratnya tidak akan sampai 1kg tetap akan terkena ongkir dengan perhitungan 1kg.

Mana Jenis Packing Paling Aman?

Dari beberapa jenis packing barang dalam ekspedisi yang sudah kami jelaskan di atas. Mungkin ada dari kalian yang lantas bertanya, mana sih jenis packing paling aman?.

Sebenarnya aman / tidaknya bukan hanya dipastikan dari jenis packing yang digunakan. Melainkan banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhuinya.

Namun jika kalian bertanya mana jenis packing barang paling bagus, mungkin menurut infojek salah satu packing paling bagus dan aman yaitu antara packing Strapping Band dan packing kayu.

Kenapa karena kualitas materialnya memang sudah terbilang kuat. Sehingga barang kiriman sudah bisa dipastikan aman aman sampai di tujuan.

Akhir Kata

Demikian kiranya informasi lengkap dan jelas tentang apa itu packing dan jenis-jenis packing dalam pengiriman barang ekspedisi. Semoga apa yang telah infojek.com rangkum serta sampaikan di atas bisa menjadi referensi menarik dan bisa membantu.