Apa Itu Pengiriman Cargo? Jenis, Kelebihan, Pengertian

Apa Itu Pengiriman Cargo – Terus mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat, saat ini jasa pengiriman paket dan barang sudah semakin banyak digunakan dalam berbagai macam urusan. Salah satunya yaitu sebagai pelengkap bisnis online yang kian hari semakin banyak peminatnya.

Perlu di ketahui, meski pada dasarnya perusahaan pengiriman hadir sebagai pihak ketiga untuk membantu setiap orang agar dapat mengirim paket antara kota, provinsi atau bahkan antar pulau. Namun jika kita gali lebih dalam, kita bisa melihat bahwa sampai dengan saat ini ada begitu banyak jenis pengiriman bisa digunakan.

Salah satu di antaranya adalah pengiriman cargo. Bagi kalian, mendengar nama layanan cargo mungkin sudah tidak lagi familiar. Hanya saja apakah kalian tahu apa itu pengiriman cargo, jenis pengirimannya, serta perbedaan pengiriman cargo dan ekspedisi? Membahas mengenai hal tersebut, kami yakin tidak semua pengguna jasa pengiriman tahu.

Oleh sebab itu, melalui artikel terbaru ini infojek.com akan membagikan penjelasan detail terkait apa itu pengiriman cargo serta berbagai macam penjelasan lengkap termasuk istilah yang seringkali digunakan dalam perjalanan pengiriman jenis cargo dari beberapa perusahaan yang menyediakannya.

Apa Itu Pengiriman Cargo Jenis Kelebihan Pengertian

Seperti kita semua ketahui, sampai dengan saat ini setidaknya sudah ada begitu banyak perusahaan ekspedisi yang siap memberikan bantuan untuk dapat mengantarkan paket kiriman dengan cepat dan aman. Namun tidak semua perusahaan tersebut memiliki fasilitas pengiriman cargo.

Apa Itu Pengiriman Cargo

Secara garis besar Cargo adalah sebuah paket kiriman berukuran besar yang umumnya akan di kirim ke alamat tujuan dengan jarak tempuh jauh baik antar kota, antar provinsi atau bahkan antar pulau dan antar negara.

Dari sekilas penjelasan di atas, jika kalian bertanya apa itu pengiriman cargo?. Maka bisa kita jelaskan bahwa pengiriman cargo merupakan sebuah proses mengirimkan barang atau paket kiriman berukuran besar ke tempat yang punya jarak tempuh begitu jauh.

Untuk memperlancar pengiriman tersebut, beberapa perusahaan jasa pengiriman barang besar bahkan menyediakan beberapa jalur pengiriman mulai dari udara, darat dan laut. Lantas apa itu cargo udara, cargo laut dan cargo darat?.

Cargo Udara

Cargo udara merupakan jenis pengiriman yang digunakan beberapa perusahaan ekspedisi menggunakan pesawat terbang untuk mengirimkan paket kiriman dengan estimasi waktu sangat cepat bila di bandingkan jalur darat maupun laut.

Biasanya opsi cargo udara hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari kerja untuk barang bisa sampai. Memang ini menjadi kelebihan utama jasa pengiriman cargo udara.

Baca  14 Cara Menaikan Rating Gojek Terbaru 2021 Secara Natural

Akan tetapi di balik kelebihan tersebut, ketika memanfaatkan layanan cargo udara untuk membuat kiriman cepat sampai. Kita harus membayar mahal tarif atau ongkos kirimnya.

Cargo Laut

Selain cargo udara, umumnya beberapa perusahaan pengiriman juga memiliki fasilitas melalui jalur laut. Dalam pemakaiannya, ini biasanya menjadi opsi ketika ingin melakukan pengiriman untuk antar pulau.

Hal tersebut karena pengiriman paket dalam jumlah besar melalui jalur darat akan memakan waktu cukup lama, maka dari itu kalian bisa memilih layanan jalur laut agar bisa maksimal atau sesuai dengan estimasi waktu di tentukan setiap perusahaan.

Meski tidak secepat cargo udara, akan tetapi pengiriman melalui jalu laut juga sering digunakan karena harga atau tarif ongkos kirim yang di tawarkan sedikit lebih murah dan terjangkau.

Cargo Darat

Dan jenis pengiriman cargo terakhir jika di lihat berdasarkan pengirimannya adalah cargo darat. Pengiriman ini biasanya lebih di utamakan untuk jarak tempuh antara alamat pengirim dan penerima cukup dekat.

Umumnya pengiriman menggunakan jalur darat biasanya akan menggunakan jenis armada besar seperti kontainer atau lainnya. Dan biasanya penggunaan jalur darat juga hanya di gunakan ketika paket antarkota maupun antar provinsi.

Selain menggunakan jenis kendaraan kontainer, beberapa perusahaan pengiriman juga menyediakan jenis armada lain seperti truk, mobil box, kereta api logisitik. Urusan tarif atau ongkos kirim pun tergolong cukup terjangkau.

Jenis Pengiriman Cargo

Jenis Pengiriman Cargo

Setelah mengetahui apa itu pengiriman cargo serta jenis layanan yang digunakan berdasarkan bagaimana cara mengirimkan paket tersebut. Ternyata jasa pengiriman cargo pun juga punya beberapa jenis layanan lain yang di dasarkan pada barang atau paket kirimannya.

Lantas apa saja kiranya jenis pengiriman itu dan seperti apa detail keunggulan masing-masing layanan tersebut? mari kita simak penjelasan detail dan lengkapnya berikut ini.

General Cargo

Pertama ada General Cargo, layanan ini merupakan layanan yang sama sekali tidak membutuhkan perhatian khusus dan masuk ke dalam kategori umum pengiriman cargo. Adapun beberapa barang atau paket yang masuk dalam list atau kategori general cargo itu antara lain:

  • Barang yang tidak mudah rusak sama sekali.
  • Barang yang tidak berbahaya.
  • Dan barang yang tidak mudah membusuk dalam kurun waktu pengiriman sedang berlangsung.

Walaupun merupakan salah satu jenis pengiriman tidak membutuhkan perhatian atau reguler. Akan tetapi, untuk bisa di lanjutkan ke tahap proses pengiriman. Maka setiap paket juga harus tetap memenuhi syarat dan ketentuan agar barang itu tetap aman.

Baca  10 Jasa Pengiriman Shopee Terbaik 2021 : Tercepat, Hemat & Murah

Special Cargo

Bagi beberapa perusahaan ekspedisi besar seperti Indah Logistic Cargo maupun lainnya. Selain punya fasilitas General Cargo juga punya fasilitas lain bernama Spesial Cargo.

Sesuai namanya, pengiriman ini membutuhkan penanganan khusus atau “special handling” di semua proses yang dilakukan setiap perusahaan. Tujuan utamanya itu tidak lain untuk tetap membuat barang aman.

Tidak saja hanya sampai disitu, proses penanganan khusus juga di lakukan untuk dapat membuat paket kiriman tidak mengganggu atau bahkan tidak membahayakan kurir maupun pengendara lain di saat perjalanan.

Jika kita gali lebih dalam, layanan special cargo sendiri di bedakan lagi dalam beberapa kategori. Apa saja itu?

Kategori Special CargoDetail
Live AnimalJenis cargo yang membawa hewan hidup
Human RemainJenis cargo berisikan jenazah manusia
Perishable GoodsJenis paket mudah rusak atau hancur
Valuable GoodsKiriman cargo dengan nilai aset tinggi dan berharga
Strongly Smelling GoodsJenis kiriman dengan bau wangi atau menyengat baik obat maupun buah-buahan

Kelebihan

Dari semua penjelasan singkat mengenai apa itu pengiriman cargo dan juga jenis layanan yang ada. Tentu saja baik layanan cargo darat, laut dan juga udara punya kelebihan masing-masing. Berikut adalah beberapa kelebihan-kelebihan itu.

Jalur Darat

  • Harga atau tarif ongkos kirim lebih terjangkau dibanding cargo laut maupun udara.
  • Prosedur pengiriman cargo darat lebih mudah dilengkapi dan cepat.
  • Jenis paket kiriman yang di angkut akan lebih beragam.
  • Beberapa perusahaan ekspedisi punya layanan cargo darat door-to-door atau sampai depan rumah.
  • Sangat minim transit (pemberhentian) barang kiriman sehingga paket cepat sampai.
  • Biaya packing cenderung lebih sedikit.
  • Jadwal pengiriman cargo darat lebih fleksibel.

Jalur Laut

  • Harga lebih terjangkau jika dibanding cargo udara.
  • Kapasitas paket atau barang lebih besar dan banyak.
  • Area wilayah jangkauan lebih luas bahkan sampai ke antar pulau.
  • Semua jenis paket barang kiriman dan ukuran bisa di kirim.

Jalur Udara

  • Area jangkauan lebih luar bahkan tidak hanya mencakup antar pulau, melainkan antar negara.
  • Estimasi waktu pengiriman jauh lebih cepat bila di bandingkan dua jenis layanan pengiriman cargo darat maupun laut.
  • Paket sudah bisa di pastikan aman.
  • Memungkinkan konsep just in time berlaku.
  • Penekanan biaya operasional lebih baik.

Kekurangan

Selain itu, meski memiliki cukup banyak kelebihan seperti di atas infojek.com sampaikan. Akan tetapi layanan pengiriman cargo darat, laut dan juga udara pun juga punya beberapa kekurangan. Dan beberapa kekurangan lain itu antara lain seperti:

Jalur Darat

  • Area wilayah jangkauan tidak terlalu jauh dan luas.
  • Resiko kerusakan barang itu lebih tinggi.
  • Estimasi waktu pengiriman cenderung lebih lama.
Baca  5 Paket Telkomsel Gojek 75RB Terbaru : Cara Daftar & Syarat

Jalur Laut

  • Estimasi waktu pengiriman jauh lebih lama di bandingkan pengiriman cargo darat.
  • Kemungkinan musibah kondisi alam tetap ada.

Jalur Udara

  • Jumlah paket kiriman atau volume barang terbatas.
  • Berat dan juga tonase pun juga di batasi.
  • Amat sangat sensitif terhadap keamanan di setiap perbatasan wilayah dan juga negara.
  • Ongkos kirim tergolong lebih mahal di banding dua pengiriman cargo di atas.

Istilah di Cargo

Apabila sekarang kalian sudah tahu apa itu pengiriman cargo, jenis dan juga kelebihan serta kekurangannya. Mungkin dari sekian pembaca setiap infojek sudah ada yang pernah memanfaatkan layanan cargo logistik.

Jika demikian, tentunya kalian juga sudah tahu bahwa di dalam proses pengiriman cargo ada beberapa istilah-istilah yang mungkin saja kalian belum ketahui.

Untuk itu, berikut sudah infojek siapkan tabel istilah dan penjelasan singkat mengenai apa – apa saja istilah yang sering di gunakan dalam pengiriman cargo darat, laut maupun udara.

Istilah Pengiriman CargoKeterangan
Reefer ContainerJenis armada kontainer dengan pengatur suhu dingin, biasanya di pakai untuk pengiriman frozen Food, ikan, buah-buahan, dan sayur-sayuran.
Consignee Istilah lain untuk penerima barang / paket.
ShipperMerupakan istilah untuk pengirim paket atau barang.
StrippingProses bongkar muat barang dari kontainer.
StuffingProses pemuatan paket kiriman ke dalam kontainer.
VesselNama lain untuk jenis armada Kapal dalam pengiriman cargo laut.
Voy (Voyage) Nomor keberangkatan kapal.
Descriptions of GoodsDeskripsi barang pada packing list lengkap & Bill of Lading.
DOORAlamat gudang / lokasi asal pengambilan barang kiriman.
GW (Gross Weight) Berat kotor keseluruhan barang & kemasan.
NW (Net Weight)Berat bersih barang sebelum di kemas.
LCL / Less than Container LoadPengiriman barang yang kapasitasnya dibawah standar kapasitas muat kontainer.
FCL / Full Container LoadedPengiriman barang dengan menggunakan kontainer.
CY / Container YardMode pengiriman dari tempat peti kemas.
Part of ShipmentJenis kiriman barang memakai 1 kontainer namun terdiri dari beberapa nama shipper dengan tujuan satu consignee.
ETD / Estimation Time of DepartureMerupakan perkiraan waktu keberangkatan kapal.
ETA / Estimation Time of ArrivalIstilah untuk perkiraan waktu kedatangan kapal.
BL / Bill of LadingKonosemen atau bukti pengiriman barang & pengambilan barang.
POL / Port Of Loading Pelabuhan muat kiriman atau paket.
POD / Port Of DischargeMerupakan pelabuhan bongkar kiriman atau paket .
BL / Bill of LadingKonosemen atau bukti pengiriman barang dan pengambilan barang.
UTPKadalah Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas.
DEPOTempat penumpukan container kosong.
OS /Open StackWaktu dibukanya barang boleh ditempatkan di warehouse.
CT / Closing TimeWaktu ditutupnya pemasukan/ penumpukan barang di warehouse.
DO / Delivery OrderSurat yang diterbitkan pihak shipping atau forwarder kepada shipper sebagai bukti pengambilan kontainer kosong.
Dry ContainerStandar kontainer yang digunakan untuk mengangkut paket biasa.

Perbedaan Cargo dan Ekspedisi

Perbedaan Cargo dan Ekspedisi

Nah seperti itu kiranya detail penjelasan mengenai pengertian apa itu pengiriman cargo, jenis serta istilah dan kelebihan kekurangan pengiriman cargo.

Sekarang yang jadi pertanyaan apa kiranya perbedaan cargo dan ekspedisi? Secara garis besar perbedaan dua layanan pengiriman tersebut tidaklah jauh karena hanya dibedakan dari jumlah barang kiriman.

  • Pengiriman Ekspedisi merupakan pengiriman paket dan barang dalam skala yang relatif kecil.
  • Pengiriman Cargo merupakan pengiriman barang dalam skala besar.

Penggunaan layanan pengiriman cargo akan lebih cenderung diaplikasikan pada para pelaku usaha skala besar, sedangkan penggunaan pengiriman ekspedisi untuk layanan pengiriman umum dan reguler seperti online shop, maupun orang ke orang.

FAQ

Apa bedanya pengiriman cargo dan reguler?

Kantor cabang pengiriman reguler memiliki cabang yang lebih besar & tersebar di berbagai daerah, termasuk kota-kota kecil. Sementara pengiriman cargo biasanya hanya punya beberapa cabang, itupun hanya di kota besar saja.

Apa yang dimaksud Air cargo?

Air Cargo merupakan jenis pengiriman yang memanfaatkan layanan udara untuk mengantarkan paket kiriman.

Apa fungsi cargo?

Sebagai jasa pengiriman paket barang berukuran besar dan banyak yang menjangkau hampir seluruh wilayah bahkan antar negara.

Apakah paket cargo diantar sampai rumah?

Semua paket cargo akan di antar sampai ke rumah sesuai alamat tertuju. Ada juga beberapa perusahaan yang memungkinkan paket kiriman di ambil di lokasi agen ekpedisi.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan terkait apa itu pengiriman cargo seperti di atas infojek.com sampaikan. Setidaknya dapat kita ambil kesimpulan bahwa jenis pengiriman ini akan lebih cocok untuk para pelaku usaha bertaraf besar termasuk bagi para pelaku ekspor dan import.

Maka dari itu buat kalian yang saat ini punya bisnis skala besar bisa kalian coba gunakan jasa pengiriman cargo darat, laut maupun udara untuk menekan biaya operasional. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.