2 Fungsi Palet Kayu Dalam Ekspedisi, Pengertian & Jenisnya

Fungsi Palet Kayu Dalam Ekspedisi – Berkecimpung dalam dunia pengiriman barang /ekspedisi, mungkin sebagian besar orang sudah paham apa itu pallet. Namun bagi mereka yang baru terjun dalam dunia logistik khususnya cargo dan pengiriman barang besar tentu akan bertanya apa itu palet dan fungsi palet dalam pengiriman barang.

Keberadaan palet yang umumnya dibuat dari material atau bahan kayu sendiri punya peran penting agar dapat membuat paket kiriman akan tetap aman sampai ke lokasi tujuan. Bahkan seiring dengan perkembangan jaman yang terus meningkat serta semakin tingginya minat masyarakat menggunakan jasa pengiriman barang besar.

Pallet kayu menjadi bagian penting dan harus selalu ada di setiap pengiriman paket / barang besar dalam jumlah banyak dengan menggunakan layanan pengiriman cargo. Pasalnya selain dapat melindungi barang kiriman dari berbagai macam bahaya, palet kayu juga menjadi alas atau tatakan dari barang kiriman tersebut.

Tidak heran apabila saat ini produksi pallet kayu pun begitu tinggi dan bisa menjadi salah satu usaha yang patut untuk di coba. Nah melihat begitu pentingnya palet tersebut, tidak heran apabila banyak dari kita yang lantas bertanya apa itu palet serta fungsi palet kayu dalam pengiriman barang / ekspedisi khususnya cargo.

scarlet
Fungsi Palet Kayu Dalam Ekspedisi

Jika kalian adalah salah satu orang yang penasaran dan ingin mengetahui tentang fungsi palet dalam ekspedisi cargo. Kami rasa tepat sekali ada pada artikel infojek.com kali ini. Dimana sesuai dengan judul, kami akan membagikan penjelasan lengkap tentang palet kayu dari pengertian, fungsi dan juga jenis-jenisnya. Jadi silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca  35 Cara Cek Resi Grab Semua Layanan Terlengkap 2022

Apa Itu Pallet?

Pallet adalah sebuah struktur benda datar dan rata yang dibuat dengan memiliki bentuk persegi maupun persegi panjang yang biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan dalam ekspedisi cargo. Palet sendiri umumnya terbuat dari bahan kayu.

Disamping itu, pallet kayu sendiri umumnya juga di buat dengan memiliki kaki / hak yang nantinya akan digunakan untuk memudahkan alat-alat berat seperti Crane, Forklift, Handpallet dan Handstacker saat mengangkut maupun memindahkan posisi dan lokasi.

Kegunaan & Fungsi Palet Kayu Dalam Ekspedisi

Dari penjelasan singkat tentang apa itu pallet di atas, mungkin sampai disini kalian sudah bisa melihat gambaran apa kegunaan dan fungsi palet kayu dalam ekspedisi. Namun bila memang masih belum paham, tentu tidak mengapa karena kita akan menjelaskannya lebih fungsi palet kayu dalam ekspedisi di bawah ini.

Bicara tentang fungsi palet dalam pengiriman barang besar / pengiriman cargo dan pengiriman container. Setidaknya ada beberapa manfaatkan, kegunaan dari palet itu sendiri. Dan beberapa di antaranya yaitu

  • Pelindung Barang / Paket dari Lantai
    Fungsi palet kayu yang pertama adalah sebagai pelindung sekaligus sebagai tempat berdirinya paket barang kiriman agar tidak langsung menyentuh lantai. Dengan begitu kondisi barang kiriman akan tetap seperti awal tanpa perlu takut kotor, basah atau hal-hal membahayakan lainnya.
  • Memudahkan Proses Pemindahan Barang
    Selain itu, fungsi palet kayu dalam ekspedisi juga akan memberi kemudahan bagi para operator alat berat seperti kami sampaikan di atas ketika ingin memindahkan posisi maupun arah dari tumpukan paket barang kiriman tanpa harus membongkar satu persatu barang tersebut.

Itulah beberapa fungsi palet dalam pengiriman cargo yang ada saat ini. Dengan melihat pentingnya barang satu ini, tidak heran apabila keberadaan palet kayu maupun jenis pallet lainnya juga menjadi salah satu syarat utama yang harus ada di dalam bisnis pengiriman / ekspedisi.

Baca  √ Percobaan Pengiriman Paket Gagal Artinya? Ini Penjelasannya

Mengenal Jenis-Jenis Pallet Kayu

Mengenal Jenis Jenis Pallet Kayu

Setelah memahami dan mengetahui palet adalah sebuah alas berkaki yang digunakan sebagai perantara antara lantai dan barang kiriman yang di tumpuk dengan tertata. Seperti apa yang sudah kami sampaikan di atas.

Pallet sendiri memiliki berbagai macam jenis yang umumnya akan di gunakan sesuai dengan kebutuhan dan faktor pendukung lainnya. Untuk itu di bawah ini akan kami jelaskan pula beberapa jenis-jenis palet dalam bisnis pengiriman barang besar sesuai dengan tipenya.

Jenis Pallet Sesuai Arah Celah

Jenis pertama adalah palet yang dibuat dengan mengatur arah celah. Dimana pada jenis palet satu ini setidaknya terdapat beberapa macam model yang bisa digunakan.

1. Palet 2 Arah / Pallet 2 Ways

Palet 2 arah atau dalam istilah bisnis logistik juga disebut dengan Pallet 2 Ways merupakan jenis palet yang memiliki dua arah pengoperasian yaitu sisi depan dan belakang. Fungsi celah palet tersebut yaitu untuk memudahkan alat berat seperti Forklift ketika membawa barang kiriman.

2. Palet 4 Arah / Pallet 4 Ways

Kemudian jika dilihat dari arahnya, ada juga palet 4 arah atau Pallet 4 Ways. Yang dimana jenis palet ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan palet 2 arah begitu juga dengan fungsinya. Hanya saja celah pengangkut terdapat 4 sisi yaitu depan, belakang, kanan & kiri.

Jenis Palet Sesuai Material

Kemudian jenis palet yang umum digunakan dalam pengiriman barang besar untuk dalam kota, luar kota, luar pulau maupun impor / ekspor dari & ke luar negeri juga dapat kita bedakan lagi dari sisi bahan materialnya. Dimana setidaknya ada beberapa macam model palet.

1. Pelet Kayu

Meski secara fungsi tidaklah jauh berbeda, namun palet kayu mungkin merupakan salah satu jenis pallet yang paling sering dijumpai di dalam berbagai bisnis termasuk salah satunya bisnis pengiriman barang. Sesuai namanya palet ini terbuat dari material kayu dari pohon pilihan.

Baca  5 Paket Telkomsel Gojek 75RB Terbaru : Cara Daftar & Syarat

2. Palet Logam

Selain palet kayu, terdapat juga jenis palet yang terbuat dari material logam. Dimana jenis palet yang satu ini mungkin merupakan salah satu palet mungkin cukup jarang digunakan. Karena pada dasarnya harganya pun terbilang mahal, dan mungkin hanya akan digunakan ketika dibutuhkan untuk mengangkut barang-barang berharga.

3. Palet Kardus

Meski hanya dibuat dari material kayu, akan tetapi kualitas dan kekuatan palet kayu juga sudah di tentukan sesuai standar agar tidak mudah rusak dan penyok. tidak heran apabila palet ini mungkin hanya digunakan untuk pengiriman banyak namun dengan bobot & volume yang ringan. Negara paling banyak menggunakan jenis palet ini dalam pengiriman adalah Jepang.

4. Palet Plastik

Terakhir ada yang namanya palet plastik. Sesuai namanya, palet ini terbuat full dari bahan dasar berupa plastik. Namun pallet plastik juga cukup kokoh dan kuat karena memiliki standarisasi dalam pembuatannya. Palet ini juga cukup sering kita jumpai sama seperti palet jenis kayu.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan yang mungkin kali ini dapat infojek.com rangkum dan sampaikan terkait apa itu palet dan fungsi palet kayu dalam ekspedisi logistik. Semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa menjadi referensi menarik dan membantu.