√ Arti On Process Dalam Pengiriman Barang Wajib Kalian Tahu!

Arti On Process Dalam Pengiriman Barang – Bisnis jasa pengiriman kian hari kian bertambah pesat dengan meningkatnya minat masyarakat memanfaatkan layanan jasa pengiriman barang serta tingginya aktivitas belanja online. Hal tersebut tentu menjadi keberuntungan tersendiri bagi beberapa ekspedisi.

JNE, J&T, SiCepat, Anteraja dan lain sebagainya mungkin masih menjadi andalan bagi beberapa orang yang ingin melakukan pengiriman barang dalam kota, luar kota atau bahkan luar pulau. Pasalnya jaringan luas yang dimilikinya membuat proses pengiriman barang akan sampai sesuai dengan estimasi pengiriman.

Dalam proses pengiriman baran sendiri kita akan mengenal berbagai macam istilah menarik yang mungkin kerap kali membuat kita penasaran dengan arti dan maksud status tersebut. Salah satunya adalah status on process atau in process yang hampir setiap ekspedisi menampilkannya di history resi.

Lalu apa sih arti on process dalam pengiriman barang dan kenapa status on process tersebut tidak berubah serta berapa lama on process itu terjadi?. Untuk kalian yang sering menggunakan jasa pengiriman barang / paket, tentu sudah tidak lagi dengan istilah tersebut.

Arti On Process Dalam Pengiriman Barang

Namun apakah kalian tahu arti on process dalam pengiriman barang tersebut?. Jika memang masih belum mengetahuinya, kami rasa berada di artikel ini menjadi hal yang tepat. Mengingat kali ini infojek.com akan menjelaskan arti on process dalam pengiriman barang.

Arti On Process Dalam Pengiriman Barang

Bila kita artikan secara terjemahan, On Process berarti “sedang dalam proses”. Jadi singkatnya arti on process dalam pengiriman barang sendiri yakni barang / paket kiriman sudah masuk dalam tahap proses pengiriman ke lokasi selanjutnya.

Baca  15 Cara Komplain Gojek Terbaru 2022 Mudah & Cepat

Umumnya on process sendiri hanya akan muncul beberapa waktu saja sampai barang tersebut sampai di lokasi titik pemberhentian selanjutnya. Namun terkadang status tersebut justru tidak berubah sama sekali dalam beberapa waktu.

Hal ini tentunya membuat pengirim ataupun penerima akan merasa khawatir karena menganggap barang tidak akan sampai ke alamat tujuan. Namun sebenarnya hal ini memang bisa dibilang wajar dalam proses pengiriman barang ekspedisi.

Mengingat tidak hanya satu atau dua paket saja yang di layani dalam sehari oleh perusahaan-perusahaan ekspedisi seperti JNE, J&T, SiCepat, AnterAja, Shopee Express atau lain sebagainya.

Sebagai informasi tambahan, on process dalam pengiriman barang tersebut nantinya akan berubah secara otomatis ketika barang telah sampai di kota tujuan atau di gudang selanjutnya. Dan itu artinya paket kiriman sebentar lagi akan sampai.

Dan ketika barang telah sampai ke alamat tujuan, on process sendiri akan berubah menjadi delivered pada bagian history pengiriman resi paket tersebut apabila kalian cek.

Status On Process Tidak Berubah?

Sebagai pengguna yang bisa dikatakan cukup sering menggunakan jasa pengiriman di beberapa online store / marketplace di saat melakukan pembelian barang secara online. Kami yakin tidak hanya admin, ketika status on process tidak berubah pasti ada rasa kekhawatiran.

Apalagi on process tersebut tidak berubah dalam kurun waktu yang terbilang lama bisa 1 – 2 x 24 jam. Namun dari pengalaman pribadi, ketika menemukan hal tersebut, kami sudah tidak harus merasa khawatir, karena memang status on process tidak berubah banyak sekali penyebabnya.

Jadi jika kalian juga bertanya kenapa status on process JNE atau Jjasa pen&T dan SiCepat tidak berubah. Mungkin beberapa hal berikut ini adalah salah satu penyebab utamanya,

Baca  12 Aplikasi Auto Clicker Terbaik Android untuk Driver Ojek Online

1. Paket Kiriman Masih dalam Perjalanan

Salah satu hal yang membuat status on process tidak berubah saat kalian melakukan cek resi sesuai ekspedisi digunakan yaitu paket barang memang masih dalam proses pengiriman. Dengan kata lain, jika barang sudah mulai dikirim.

Namun masih belum sampai ke kota tujuan / gudang pemberhentian selanjutnya status on process masih akan tetap terlihat. Bahkan jika jarak titik kirim dan tempat pemberhentian selanjutnya jauh, kemungkinan besar status on process akan lebih lama muncul.

Namun seperti di atas kami sampaikan, kalian tidak perlu merasa khawatir sama sekali karena memang status on process menjadi awal mula barang dikirim. Akan tetapi bila memang kalian merasa khawatir, tidak ada salahnya untuk menghubungi ekspedisi terkait untuk menanyakannya.

2. Resi Masih Belum Terupdate

Selain masalah barang memang masih dalam perjalanan, hal lain yang juga membuat status on process tidak berubah yaitu karena pihak ekspedisi pengiriman masih belum melakukan update pada resi tersebut meskipun barang telah sampai di lokasi tujuan selanjutnya.

Yah on process dan juga status lain dalam pengiriman barang sendiri hanya akan muncul ketika sudah dilakukan update oleh pihak pengiriman sesuai dengan lokasi yang dicapai. Maka selama pihak ekspedisi belum melakukan update pada resi maka on process masih akan terlihat.

3. Terjadi Kendala Dalam Pengiriman Barang

Dan kemungkinan lain hal yang dapat membuat status on process tidak berubah yaitu karena pada proses pengiriman terjadi kendala. Baik itu musibah yang tidak di inginkan seperti armada pengangkut paket mengalami kecelakaan atau bahkan karena situasi alam.

Bila hal ini terjadi jelas kita hanya bisa menunggu sampai beberapa waktu hingga paket kiriman akan berubah dari on process ke status lainnya. Meski begitu masalah ini bisa dibilang cukup jarang terjadi karena memang dalam pengiriman barang terdapat SOP yang harus dipenuhi setiap kurir.

Baca  √ Arti Overload Dalam Pengiriman Barang & Tips Menghindarinya

Berapa Lama Status On Process?

Nah setelah kalian mengetahui arti on process dalam pengiriman barang seperti infojek.com sampaikan di atas. Lantas berapa lama status on process tersebut muncul?.

Bicara tentang berapa lama status on process tampil sampai berganti ke status lain secara teknis memang tidak bisa kita tebak dan disimpulkan dengan mudah. Karena dari pengelaman pribadi dan juga teman-teman.

On process dalam pengiriman barang sendiri bisa muncul dan bertahan sampai 1 x 24 atau bahkan 3 x 24 jam. Namun untuk pengalaman pribadi status tersebut muncul hanya dalam waktu kurang dari 1 hari.

Perbedaan berapa lama status on process bisa berubah sendiri tergantung dari banyak faktor termasuk dari sistem pengiriman maupun jarak tempuh yang di tuju. Jadi pastikan ketika melihat status tersebut kalian tidak perlu khawatir dan cukup menunggu saja.

Akhir Kata

Dari penjelasan singkat yang sudah infojek.com sampaikan, setidaknya arti on process dalam pengiriman barang merupakan hal wajar terjadi di beberapa ekspedisi seperti JNE, J&T, SiCepat, Shopee Express maupun Anteraja dan lain sebagainya, jadi tidak perlu mengkhawatirkan status tersebut yah.