Apa Itu Estimasi Pengiriman ? Pengertian & Faktor Penentu

Apa Itu Estimasi Pengiriman – Buat yang suka belanja online di Shopee, Tokopedia atau bahkan sering memanfaatkan layanan jasa pengiriman. Tentu sudah tidak lagi asing dengan istilah estimasi pengiriman paket maupun barang.

Istilah estimasi sendiri seringkali muncul atau tampil ketika kita melakukan belanja online di beberapa eCommerce. Dan biasanya akan terlihat ketika proses pembayaran telah di lakukan dan masuk pada proses pengemasan.

Nah bicara mengenai hal tersebut, lantas apa itu estimasi pengiriman paket maupun barang dari para perusahaan ekspedisi?. Buat kalian yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu estimasi saat kirim paket / barang.

Mungkin ada pada artikel ini menjadi pilihan yang cukup tepat. Karena sesuai dengan judul di atas, infojek akan menjelaskan secara rinci apa itu estimasi pengiriman dan juga beberapa penjelasan lain yang mungkin perlu untuk kalian pahami dan ketahui.

Apa Itu Estimasi Pengiriman Paket dan Barang

Dengan adanya estimasi waktu kirim, setidaknya kita bisa mengira-ngira kapan paket akan sampai ke rumah. Namun perlu di ketahui juga bahwa setiap perusahaan ekspedisi tentu punya estimasi waktu pengiriman berbeda-beda sesuai dengan jenis layanan yang di tawarkan.

Apa Itu Estimasi Pengiriman?

Apa itu estimasi pengiriman paket maupun barang yang dilakukan oleh para perusahaan ekspedisi?. Bagi kalian yang belum mengetahuinya, tidak perlu khawatir karena di sini akan infojek jelaskan secara rinci apa itu Estimasi pengiriman agar kalian juga bisa lebih memahami arti dan maksudnya.

Baca  Pengiriman Cargo Shopee : Estimasi, Kelebihan & Kekurangan

Estimasi pengiriman sendiri merupakan perkiraan waktu pengiriman barang sampai ke rumah atau ke alamat tujuan dengan menghitung dan memperhatikan waktu serta jarak sampai barang.

Secara umum, estimasi waktu kirim sendiri biasanya akan di berikan kepada para pelanggan baik pembeli maupun penerima dengan di dasarkan pada berapa banyaknya paket barang kiriman serta jenis layanan atau produk yang akan digunakan dari penyedia jasa seperti JNE, TIKI, J&T serta lain sebagainya.

Dan seperti yang sudah infojek.com sampaikan di atas, untuk estimasi waktu pengiriman sendiri hampir semua perusahaan pengiriman atau ekspedisi punya rentang waktu yang berbeda-beda. Namun jika kita melihat dari layanan reguler yang di miliki setiap perusahaan, umumnya estimasi waktu hanya membutuhkan 1 – 3 hari kerja.

Jenis Layanan Ekspedisi Pengiriman

Nah setelah kalian mengetahui apa itu estimasi pengiriman paket maupun barang seperti di atas kami sampaikan. Mungkin ada dari kalian yang juga bertanya apa saja sih jenis-jenis pengiriman yang paling umum di gunakan serta di miliki perusahaan ekspedisi di Indonesia?.

Untuk kalian yang mungkin perlu untung mengetahuinya, berikut ini akan infojek.com jelaskan satu per satu jenis-jenis layanan pengiriman yang paling umum di miliki perusahaan ekspedisi tanah air.

1. Reguler

Jenis layanan pengiriman yang hampir semua perusahaan ekspedisi miliki seperti Anteraja, SiCepat, TIKI, J&T & JNE maupun perusahaan pengiriman barang besar sekalipun adalah layanan Reguler. Dimana jenis layanan reguler memiliki estimasi pengiriman maksimal 1 – 3 hai kerja.

2. Same Day

Meningkatnya aktivitas belanja online yang saat ini semakin membludak di tengah masyarakat millennial. Membuat beberapa perusahaan ekspedisi pun menawarkan satu layanan spesial dengan nama Same Day. Sesuai dengan namanya, layanan ini memiliki estimasi pengiriman sampai hari itu juga dalam hitungan jam saja.

Baca  8 Jasa Pengiriman yang Bisa COD Seluruh Indonesia 2022

3. Next Day

Jenis layanan paling umum berikutnya adalah Next Day, dimana layanan ini memungkinkan paket atau barang kiriman akan sampai di hari berikutnya. Jadi selain Same Day, jika paket memang ingin cepat sampai, maka layanan pengiriman satu ini bisa menjadi opsi pilihan terbaiknya.

Faktor Penentu Cepat Lamanya Estimasi Pengiriman

Berkaca dari pengalaman selama sering menggunakan layanan pengiriman saat melakukan belanja online di Tokopedia ataupun Shopee. Ada kalanya pengiriman paket tidak sesuai dengan estimasi pengiriman. Yah itu bisa saja terjadi karena berbagai macam hal.

Oleh karena itu sebelum kita membahas detail perkiraan waktu barang sampai ke rumah dari beberapa perusahaan ekspedisi di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mungkin akan dapat mempengaruhi cepat lambatnya waktu pengiriman atau waktu paket sampai ke alamat rumah.

1. Jenis Layanan/Produk Digunakan

Salah satu faktor penentu paling ketara adalah jenis layanan yang di gunakan. Kenapa bisa begitu? karena seperti yang sudah kami jelaskan di atas, setiap jenis layanan dari perusahaan ekspedisi tentu saja punya estimasi waktu pengiriman berbeda-beda.

Umumnya pengiriman menggunakan layanan reguler, akan memakan waktu kurang lebih 1 -3 hari. Sementara jika menggunakan layanan same day hanya dalam waktu hitungan jam. Sementara jika menggunakan layanan next day, estimasi pengiriman akan kurang lebih 1 hari kerja.

2. Lokasi Pengiriman

Kendati setiap perusahaan punya jenis layanan berbeda-beda akan tetapi seperti penjelasan mengenai apa itu estimasi pengiriman. Faktor lain yang akan dapat mempengaruhi cepat lamanya barang bisa sampai adalah jarak antara lokasi pengirim dan lokasi penerima.

3. Kondisi Alam

Selain apa yang sudah kami sebut di atas, faktor lain yang juga sangat mempengaruhi cepat lamanya barang bisa sampai adalah kondisi alam. Yah ini menjadi salah satu faktor yang mungkin tidak bida kita prediksi. Namun saat terjadi kemacetan, hujan deras, tanah longsor maupun banjir tentunya hal ini akan berpengaruh sekali.

Baca  Perhitungan Tarif Indah Cargo & Daftar Harga Ongkir 2022

Estimasi Waktu Pengiriman Ekspedisi Indonesia

Setelah kalian mengetahui apa itu estimasi pengiriman seperti di atas kami sampaikan, serta beberapa faktor penentu cepat atau lamanya barang sampai ke tujuan dan juga jenis-jenis pengiriman paling umum di miliki perusahaan ekspedisi.

Berikut adalah tabel lengkap tentang estimasi waktu pengiriman sesuai dengan perusahaan dan juga jenis layanan yang digunakan.

Jasa EkpedisiLayanan / ProdukEstimasi Waktu Pengiriman
JNESuper Speed (SS)Di hari yang sama
Yakin Esok Sampai (Yes)1 hari setelah barang di pick up
Reguler1 – 5 hari sejak paket di pick up
Oke4 – 10 hari sejak barang di pick up
JTR (Trucking)5 – 6 hari setelah barang di pick up
J&TEZ2 – 3 hari
J&T Super1 – 2 hari
J&T Eco5 – 14 hari
TikiSame Day Service (SDS)Hari yang sama kurang dari 24 jam atau maksimal sekitar 15 jam
Over Night Service (ONS)1 hari
Two Days Service (TDS)2 hari
Reguler Service3 – 7 hari
Economy Service4 – 6 hari
SiCepatSi Untung / Reguler15 jam (Jabodetabek & Bandung)
Best1 hari
Gokil1 – 3 hari
Halu1 – 3 hari
Cash On DeliveryMaksimal 8 jam
AnterajaNext Day1 hari
Regular1 – 3 hari
PaxelSameday1 hari sampai dalam dan luar kota
Paxel Box10 – 14 jam sampai 1 hari,.
Lewat dari jam 12 paket diterima keesokan harinya
Paxel Market10 – 14 jam sampai 1 hari,.
Lewat dari jam 12 paket diterima keesokan harinya
Paxel Big10 – 14 jam sampai 1 hari,.
Lewat dari jam 12 paket diterima keesokan harinya
Pos IndonesiaEMS (Luar Negeri)3 – 5 hari
Sameday Service9 jam / 1 hari sampai
Ekspress7 – 14 hari
Pos Kilat Khusus2 – 7 hari
Pos Jumbo EkonomiMaksimal 14 hari
Wahana ExpressDomestik Express3 hari
Prioritas1 hari
Lion ParcelOnepack1 hari
Regpack2 – 3 hari
Ninja ExpressReguler Service1 – 5 hari
Same Day Service<24 jam
Next Day Service1 hari
Dakota CargoReguler3 – 4 hari
Top Urgent1 hari
Document Service2 – 3 hari
TDS (Two days)2 hari

FAQ

Tanggal estimasi pengiriman artinya?

Tanggal estimasi pengiriman adalah sebuah perkiraan waktu untuk perusahaan jasa pengiriman saat mengantarkan paket dari alamat pengirim ke alamat penerima.

Paket melebihi waktu estimasi Shopee maksudnya?

Paket kiriman yang kalian beli dari Shopee akan sampai ke alamat tujuan tidak sesuai dengan estimasi waktu yang di tampilkan karena terkendala berbagai macam hal teknis maupun halangan lainnya.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat infojek jelaskan terkait apa itu estimasi waktu pengiriman dalam ekspedisi. Semoga dengan adanya penjelasan di atas kini kalian sudah bisa memahami apa yang di maksud dengan estimasi pengiriman paket maupun barang.