Jam Update Resi SiCepat & Prosedur Input Pengiriman Barang

Jam Update Resi SiCepat – Menggunakan jasa pengiriman SiCepat memang sudah jadi pilihan banyak orang karena tarifnya terjangkau dan layanannya lengkap. Fasilitas cek resi secara online akan sangat membantu pengguna dalam memantau perjalanan paket mulai dari lokasi awal sampai tujuan. Dalam perjalanan paket resi akan diupdate oleh setiap cabang atau agen SiCepat disemua wilayah Indonesia.

Tentunya jam update resi SiCepat akan mengikuti waktu operasional dari setiap kantor cabang. Seperti cara cek resi PCP Express, pelanggan dapat memperoleh update lokasi perjalanan terbaru ketika petugas sudah memasukkan informasinya. Karena SiCepat menggunakan sistem online maka input dilakukan lewat aplikasi dan platform SiCepat Point Agent.

Pada dasarnya pada tiap lokasi cabang, drop off bahkan sampai layanan kurir pickup akan menggunakan aplikasi untuk memudahkan update resi. Misalnya untuk agen menggunakan aplikasi SiCepat Point Agent, kurir dengan SiGesit, Driver First Mile & Midle Mile memakai Sicepat TMS dan masih banyak lainnya. Jadi jam update resi SiCepat akan mungkin dilakukan kapanpun selama jam operasional.

Memang jam update resi SiCepat akan mempengaruhi konsumen dimana kadang terjadi keterlambatan karena paketnya sampai diluar jam operasional. Ketika ada keterlambatan jam kedatangan biasanya hari kerja berikutnya akan diinput dan statsunya menjadi update.

Jam Update Resi SiCepat

Mungkin diantara kalian ada yang mengeluhkan kenapa update resi terlalu lama, namun jangan kawatir karena prosesnya biasanya memakan waktu maksimal 24 jam. Umumnya terjadi jika paket sampai kelokasi warehouse atau gudang penyimpanan malam sehingga jam update resi SiCepat akan dialihkan keesokan harinya. Supaya lebih jelasnya silahkan simak pembahasan jam update resi SiCepat dari infojek.com dibawah ini.

Baca  10 Cara Daftar SiCepat Food Driver 2022 : Link, Syarat & Keuntungan

Jam Update Resi SiCepat

Jam update akan mengikuti semua waktu operasional dari fasilitas pengiriman SiCepat. Beberapa fasilitasnya termasuk kurir, driver First mile, Midle Mile serta Last mile, lokasi Pickup Drop Off (PUDO), kantor pusat dan juga cabang. Jadi kapan saja paketnya sampai ke lokasi tersebut maka petugas akan melakukan input resi untuk menandakan barangnya sudah masuk.

Demikian pula jika barang akan keluar menuju ke lokasi berikutnya maka petugas juga mengupdate resi terbaru. Bisa dikatakan jam update resi SiCepat adalah 24 jam untuk semua layanannya, kemudian untuk detail waktu operasional dari fasilitas logistiknya silahkan simak sebagai berikut.

1. Jam Update Resi Kurir

Kurir akan menggunakan aplikasi SiGesit untuk melakukan penjemputan serta pengiriman paket. Lewat aplikasinya kurir akan mengupdate status pickup ataupun pengiriman secara online sehingga dapat langsung masuk ke sistem SiCepat. Untuk jam updatenya seperti dibawah ini.

  • Senin – sabtu : jam 07.00-21.00
  • Minggu & hari libur : jam 07.00-17.00

2. Jam Update Driver First, Midle & Last Mile

Kemudian pada SiCepat terdapat driver yang mengirimkan pakjet jarak dekat, menengah dan juga jauh. Driver akan mendistribusikan paket sesuai yang sudah disortir kantor SiCepat. Melalui app Sicepat TMS serta SiCepat POD driver akan update resi ketika mengangkut atau membongkar paket pada fasilitas logistik.

  • Senin – minggu : 24 jam

3. Jam Update Kantor Cabang & Pusat

Berikutnya adalah jam update untuk kantor pusat serta cabang SiCepat dimana memang rata rata beroperasi senin hingga sabtu. Sedangkan untuk libur nasional ataupun hari minggu kantor tidak beroperasi. Untuk inputnya memang sudah menggunakan sistem dari SiCepat sehingga dapat update resi langsung secara online.

  • Senin – sabtu : jam 09.00 – 20.00
  • Minggu & hari libur : libur
Baca  7 Cara Mengetahui Nomor Kurir SiCepat WA & Telepon 2022

Jadi ketika ada penanganan paket dihari minggu atau libur maka akan ditangani pada hari kerja berikutnya. Namun memang tiap cabang kadang memiliki kebijakan berbeda, ada yang tutup lebih awal ataupun haru bukanya berbeda.

4. Jam Update Agen SiCepat

Hampir sama seperti kantor cabang, agen SiCepat juga memiliki jam update yang hampir sama. Kemudian untuk jam update resi SiCepat akan mengikuti kebijakan masing masing agen. Cara updatenya akan menggunakan bantuan aplikasi SiCepat Point Agent.

  • Senin – sabtu : jam 09.00 – 20.00
  • Minggu & hari libur : libur

5. Jam Update Resi Pickup Drop Off

SiCepat juga memiliki fasilitas Pickup Drop Off (PUDO) yang terdiri dari gerai ataupun kantor pelayanan khusus menangani pengiriman dan pickup paket. PUDO terletak di mall, gerai SiCepat ataupun agen dimana untuk jam update resinya sebagai berikut.

Lokasi PUDOHari BukaJam Update
Mall/Lokasi BelanjaSenin-sabtu
Minggu/hari libur
09.00-18.00
10.00-18.00
AgenSenin-sabtu
Minggu/hari libur
09.00-22.00
11.00-19.00
GeraiSenin-sabtu
Minggu/hari libur
09.00-21.00
10.00-19.00
Luar JabodetabekSenin-sabtu
Minggu/hari libur
09.00-20.00
12.00-17.00

Prosedur Input Barang SiCepat

Kemudian selanjutnya pembahasan akan seputar prosedur memasukkan resi ke sistem SiCepat. Seperti yang disinggung diatas dimana tiap fasilitas logistik sudah dibekali sistem online sehingga semuanya dapat terhubung. Dimulai dari kurir yang melakukan pickup kealamat pelanggan dimana paket diupatde lewat SiGesit.

Jika pelanggan memilih melakukan drop of dikantor cabang, agen ataupun PUDO maka petugas ditempat akan melakukan input resi secara langsung. Setelah resi sudah diinput muncul status pengiriman awal dan berikutnya paket akan dikirimkan ke lokasi gudang kecamatan terdekat dengan alamat pengiriman.

Disini paket masuk dan keluar akan diinput langsung ke sistem SiCepat sehingga pelanggan bisa memeriksa perjalanannya. Lalu untuk jam update resi SiCepat jika dihitung keseluruhan adalah 24 jam karena perjalanan driver first, middle ataupun last mile kapan saja dilakukan sesuai dengan jadwal pengiriman.

Baca  Sortiran SiCepat Adalah? Arti, Pengertian, Fungsi & Lokasi?

Berikutnya paket akan sampai ke gudang sortir provinsi kemudian input resi dilakukan. Setelah dibedakan berdasarkan lokasi tujuannya maka pengiriman dilanjutkan dan petugas akan menginput resi paket keluar. Berikutnya proses pengiriman dilakukan ke cabang terdekat dari lokasi penerima disini juga dilakukan input.

Setelahnya barang diantarkan oleh kurir yang sudah ditugaskan kemudian cabang menginput resi keluar. Kurir akan mengantarkan barangnya sampai tujuan dan diterima, setelahnya kurir akan update resi bahwa pengiriman selesai.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya memang jam update resi SiCepat akan dibedakan berdasarkan fasilitas logistiknya karena memanglah tidak sama. Kemudian jika dihitung keseluruhannya kapanpun update resi dapat dilakukan selama layanan fasilitas logistik beroperasi. Mirip layaknya cara cek resi JDL Express dimana update resi terjadi ketika sampai ke fasilitas logistik ataupun dikirimkan kurir.

Sumber gambar : infojek.com