7 Ciri Ciri Orderan Fiktif 2022: Shopee, Gojek, Grab & Maxim!

Ciri Ciri Orderan Fiktif – Hampir sebagian besar mitra driver ojek online pernah mengalami kejadian seperti orderan fiktif, terutama bagi mereka yang mendapatkan orderan pesanan makanan atau minuman. Bahkan sebelumnya sempat viral di salah satu layanan pesan antar makanan dimana dalam sehari puluhan orderan fiktif di tujukan ke satu alamat saja, akan tetapi orang tersebut tidak merasa memesannya.

Hal tersebut memang dilakukan oleh tangan tangan yang tidak bertanggung jawab, dimana sangat merugikan sekali bagi penerima yang dan paling parah lagi bagi mitra driver yang mendapatkan orderan fiktif atau lebih familiar disebut dengan opik. Hampir sebagian besar bahwa orderan fiktif tersebut memiliki nominal yang tidak sedikit, oleh karena itu sebagai mitra driver baik itu dari Shopee Food, Grab, Gojek, maxim maupun perusahaan lainnya untuk mengetahui ciri ciri orderan fiktif.

Pada umumnya setiap orderan fiktif dari beberapa layanan pesan antar makanan tidak jauh berbeda, sebelumnya juga sudah disampaikan kepada kalian semua akan ciri ciri orderan fiktif Shopee Food secara dan ketahui juga klaim orderan fiktif. Namun pada pembahasan kali ini kami akan informasikan mengenai ciri ciri opik atau orderan fiktif secara umum, sebab hampir semuanya memiliki ciri yang sama saja antara beberapa aplikasi pesan antar makanan.

Ciri Ciri Orderan Fiktif

Jika kalian merupakan salah satu mitra driver di salah satu perusahaan transportasi umum berbasis aplikasi maka sangat disarankan agar mengetahui ciri ciri orderan palsu atau fiktif, dengan mengetahui itu semua maka akan terhindar. Berbeda dengan mitra driver Shopee Food dimana setiap rekan bisa ajukan claim orderan fiktif, sehingga tidak terlalu besar resikonya ketika mendapatkan opik.

Baca  3 Cara Cek Resi Laris Cargo 2022

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada kesempatan sangat baik ini kami hendak informasikan kepada kalian semua mengenai ciri ciri orderan fiktif pada layanan seperti Shopee Food, Gojek, Grab & Maxim. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi langsung saja simak ulasan dari Infojek.com sesuai dengan judul seperti diatas yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Dampak Mendapatkan Orederan Fiktif

Lantas, dampak apa yang didapatkan ketika mitra driver mendapatkan pesanan fiktif? Tentunya ada cukup banyak kerugian yang jelas dirasakan, terutama bagi rekan driver yang mendapatkan.

Salah satu contohnya pesanan yang sudah jadi tidak bisa diantar ke alamat yang sesuai di aplikasi dan tidak bisa menyelesaikan pesanan yang didapatkan.

Driver mendapatkan kerugian seperti uang yang digunakan untuk membayar pesanan tersebut tidak bisa kembali, pasalnya dari pihak restaurant tidak menjamin mengembalikan orderan yang sudah di pesan.

Setiap kali mitra driver yang mendapatkan pesanan palsu tersebut dan tidak langsung melakukan klaim ke pihak perusahaan sampai batas waktu berakhir, maka pihaknya tidak bisa mengganti rugi.

Apabila tidak melengkapi semua syarat dan ketentuan untuk proses klaim orderan fiktif, maka dapat dipastikan tidak akan mendapatkan ganti rugi sesuai dengan ketentuan berlaku.

Ciri Ciri Orderan Fiktif

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul seperti diatas yakni ciri ciri orderan fiktif, mungkin dari sekian banyak orang sudah banyak yang mengetahui. Namun tidak semua orang mengetahuinya, maka pada kesempatan kali ini kami hendak informasikan itu semua yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  1. Pada umumnya nama pengguna ketika berniat tidak baik tidak jelas ataupun juga menggunakan nama samaran, akan tetapi cukup susah si untuk mengetahui apakah itu nama asli atau palsu.
  2. Jumlah orderan tidak wajar atau memesan dengan jumlah sangat banyak, jika ada pesanan seperti tersebut sebaiknya untuk berhati hati. Kemungkinan besar itu merupakan opik.
  3. Pada umumnya menggunakan metode pembayaran uang tunai dan itu salah satu ciri khas dari beberapa orderan fiktif yang pernah terjadi dan di alami oleh beberapa mitra driver.
  4. Alamat pengiriman tidak jelas atau tidak tepat, memang ada banyak ciri wajib untuk diketahui dan salah satunya alamat pengiriman yang tidak sesuai atau alamat tidak valid.
  5. Terakhir, biasanya pihak dari pemesan akan susah dihubungi apabila rekan driver hendak memesan sesuai didalam aplikasi. Bahkan tidak sedikit juga nomor tersebut sudah tidak aktif kembali.
  6. Pada umumnya pesanan akan memesan makanan di restaurant ternama dimana harganya memang mahal.
  7. Terakhir, jika orderan palsu biasanya sering memanfaatkan fitur chat jika driver belum sampai, namun setelah melakukan pesanan pihak pemesan langsung susah dihubungi.
Baca  Akun Grab Penumpang Dibekukan ? Begini Cara Mengatasinya

Solusi Mendapatkan Orderan Fiktif

Lantas, solusinya apa yang harus dilakukan ketika mendapatkan orderan fiktif? Perihal permasalahan tersebut, disini kami akan menjelaskan kepada kalian semua untuk melakukan beberapa langkah seperti dibawah ini.

Ketika sudah terlanjur mendapatkan orderan fiktif, maka langkah yang harus dilakukan adalah selesaikan orderan tersebut.

Ketika orderan sudah diselesaikan dalam artian, pesanan sudah sampai di lokasi sesuai dengan alamat yang tertera pada aplikasi.

Kemudian langkah berikutnya tinggal hubungi pusat bantuan, dimana kalian informasikan jika mendapatkan orderan palsu.

Pada umumnya pihaknya akan memerintah untuk memberikan pesanan tersebut ke pihak yang membutuhkan seperti fakir miskin, pantai asuhan atau lembaga yang memang membutuhkannya.

Jika sudah dilakukan sesuai perintah, maka langkah berikutnya tinggal upload beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti nota pembelian, foto bukti jika pesanan sudah diberikan dan lain sebagainya.

Lalu langkah terakhir harus dilakukan adalah menunggu informasi selanjutnya tinggal menunggu kabar terbaru dari pihaknya terkait masalah yang sedang kalian hadapi tersebut.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan untuk mengetahui ciri cirinya memang sangat mudah diketahui, diatas memang sudah dijelaskan kepada kalian semua. Jadi sangat disarankan sekali agar setiap mitra driver untuk memahami dan ketahui ciri cirinya apa saja, sehingga bisa terhindar dari kejadian seperti orderan fiktif.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai ciri ciri orderan fiktif atau opik dapat Infojek.com sampaikan kepada kalian semua. Semoga saja dengan adanya penjelasan tersebut bisa membantu semua mitra driver ojek online sedang mencari informasi sudah disampaikan seperti diatas.