7 Cara Membatalkan Pesanan GrabFood di GrabMerchant 2020

Cara Membatalkan Pesanan GrabFood – Grab terus memberikan inovasi kemudahan pada setiap penggunannya. Dalam hal ini termasuk juga para mitra. Hal tersebut tentu bertujuan agar mitra bisa mendapatkan pengalaman terbaik saat menggunakan layanan mereka.

Bicara mengenai hal tersebut, saat ini GrabFood merupakan salah satu layanan yang memiliki cukup banyak pelanggan. Tidak heran banyak mitra yang tertarik untuk mengembangkan bisnis mereka. Oleh karena itu, Grab juga menawarkan sebuah platform baru untuk menunjang bisnis mitra GrabFood.

Platform tersebut bernama GrabMerchant yang dapat kalian gunakan dengan mudah untuk mengelola berbagai macam layanan GrabFood dari outlet kalian. Termasuk juga membatalkan pesanan GrabFood. Pembatalan pesanan GrabFood di GrabMerchant bahkan bisa dibilang cukup mudah dilakukan.

Karena setiap mitra yang mendapatkan pesanan dibatalkan akibat driver ataupun pelanggan yang salah ketik menu tidak perlu lagi mengisi formulir secara online. Karena semua fitur pembatalan sudah di buat lebih mudah dan lebih simple. Sehingga tidak akan mengganggu aktifitas resto.

Cara Membatalkan Pesanan GrabFood di GrabMerchant

Cara Membatalkan Pesanan GrabFood di GrabMerchant

Adapun cara membatalkan pesanan GrabFood di GrabMerchant sendiri bisa dibilang menjadi solusi paling tepat bagi para mitra agar tidak rugi. Namun pembatalan akan di izinkan hanya karena beberapa alasan seperti restoran tutup atau memang pelanggan yang melakukan pembatakan order tersebut. Lalu bagaimana cara melakukan pembatalan lewat GrabMerchant tersebut?

Cara Membatalkan Pesanan GrabFood

Oya sebelum melangkah pada informasi inti, perlu kami informasi bahwa pembatalan pesanan GrabFood ini tidak berlaku untuk layanan GrabFood Ambil Sendiri dan juga GrabFood Terjadwal. Sebelum melakukan pembatalan pastikan kalian telah menghubungi pihak pelanggan agar tidak merugikan mitra driver ataupun pelanggan.

Baca  9 Cara Merubah Harga di GrabFood Merchant Terbaru 2020

Jika hal terseut sudah kalian lakukan dan memang dari pihak pelanggan memang membatalkan karena memang menu di toko habis, atau resto sedang begitu ramai. Maka cara membatalkan pesanan GrabFood di GrabMerchant bisa kalian lakukan dengan cara berikut ini.

  1. Pastikan aplikasi GrabMerchant di perangkat sudah dalam kondisi terbaru. Jika belum silahkan lakukan update terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi dan login, jika belum memiliki akun ikuti panduan CARA DAFTAR APLIKASI GRABMERCHANT yang sudah kami sampaikan sebelumnya.
  3. Apabila sudah berada di halaman utama silahkan pilih menu EDIT ORDER lalu segera hubungi pelanggan untuk konfirmasi pembatalan.
    Pilih Menu Edit Order
  4. Apabila sudah memberitahu pihak pelanggan, silahkan centang pada bagian I,ve called the customer. Selanjutnya silahkan tekan  menu bertuliskan Start Editing Order.
  5. Sampai disini, silahkan kalian pilih alasan yang sesuai untuk pembatalan order GrabFood tersebut.
    Memilih Alasan
  6. Otomatis notifikasi pun akan muncul apabila kalian telah mencapai batas kuota pembatalan order GrabFood seperti berikut ini.
    Kuota Pembatalan Habis
  7. Tetapi jika kalian masih memiliki kuota untuk melakukan pembatalan, pada pop up notifikasi tersebut silahkan pilih menu bertuliskan Cancel Order otomatis pesanan pun akan di proses untuk dibatalkan.
    Pilih Cancel Order

Pembatalan Jika Driver Tidak Mengambil Pesanan

Meski disediakan fitur pembatalan pesanan di aplikasi GrabMerchant, namun pihak Grab juga memberikan kebijakan untuk melakukan pembatalan kepada para mitra. Hal ini dilakukan agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Apabila pembatalan tersebut dilakukan karena driver tidak mengambil pesanan, maka pengembalian dana pun akan dilakukan. Namun pengembalian dana juga akan dilihat dari alasan pembatalan. Bicara mengenai hal ini, ada beberapa hal yang wajib di ketahui ketika driver tidak mengambil pesanan seperti berikut ini.

  1. Seluruh cancel order yang dilakukan sebelum di setujui oleh restoran dan driver tidak akan di ganti.
  2. Apabil cancel order sudah mendapatkan persetujuan dari pihak resto, maka tidak ada pengantian uang jika harga hidangan yang tertara berubah atau menu tidak lagi tersedia dan atau resto terkait tutup.
Baca  15 Cara Ganti Nomor Rekening Grabfood Merchant & Syarat 2020

Nah itulah kiranya proses bagaimana cara membatalkan pesanan GrabFood di GrabMerchant yang dapat infojek.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Dan semoga bisa menjadi referensi yang akan dapat kalian pahami sebagai pemilik toko atau sebagai mitra GrabFood.

Namun sebelum melakukan pembatalan sebagaimana diatas kami sebutkan. Pastikan setiap kali akan melakukan pembatalan pesanan, kalian harus mengkonfirmasi atau menghubungi pihak pelanggan atau konsumen agar tidak merugikan pihak manapun.