20 Cara Kirim Barang Lewat Paxel : Ketentuan & Keuntungan

Cara Kirim Barang Lewat Paxel – Mendengar namanya mungkin masih banyak masyarakat belum begitu kenal dengan Paxel. Karena memang jasa logistik ini masih belum setenar J&T, Tiki, JNE ata Anteraja serta lainnya. Akan tetapi buat para pelaku bisnis online tentu nama Paxel sudah begitu akrab di telinga.

Sebab hadirnya layanan Paxel sebagai jasa ekspedisi dianggap begitu membantu pengembangan usaha mereka. Hal tersebut karena Paxel menjadi salah satu layanan pengiriman barang yang cukup bisa memenuhi kebutuhan mereka. Terutama untuk pengiriman luar kota dengan waktu tempuh yang cepat.

Seiring perkembangan zaman yang sampai sekarang terus meningkat, lambat laun nama Paxel sebagai jasa pengiriman paket dan barang pun semakin dikenal masyarakat. Terlebih lagi Paxel juga sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan ternama sekelas Gojek yang notabenya sudah begitu terkenal kalangan masyarakat Indonesia.

Dari hal tersebut, tidak heran apabila sekarang banyak sekali masyarakat yang ingin memanfaatkan serta menggunakan Paxel untuk mengirim barang. Bahkan pencarian informasi tentang cara kirim barang lewat Paxel pun semakin hari semakin meningkat. Oleh karena itu, lewat kesempatan ini akan coba infojek bagikan tutorialnya.

Cara Kirim Barang Lewat Paxel dan Ketentuannya

Namun sebelum masuk pada pembahasan tentang cara mengirim barang lewat Paxel, tidak ada salahnya jika kalian tertarik menjadi driver atau kurir Paxel untuk menyimak artikel tentang panduan CARA DAFTAR KURIR PAXEL yang sebelumnya sudah infojek.com sampaikan pada artikel sebelumnya.

Jenis Pengiriman/Layanan Paxel

Sebagai salah satu perusahaan pengiriman barang berbasis teknologi yang terus berkomitmen untuk menyelesaikan tantangan jarak jauh di tanah air. Paxel juga memberi cukup banyak opsi layanan pengiriman guna memaksimalkan kepuasan para pelanggan. Nah bicara mengenai jenis pengiriman Paxel, berikut infojek.com jelaskan satu persatu.

1. Pengiriman Sameday

Pengiriman Sameday

Jenis pengiriman barang yang pertama dapat digunakan masyarakat sebagai salah pelengkap kebutuhan mereka yaitu pengiriman Sameday. Hampir sama seperti GrabSameday, jasa pengiriman ini menawarkan berbagai macam fitur,

Termasuk pengiriman dalam serta luar kota, tarif flat s/d 5 kg serta sudah menjangkau Jawa, Bali, Sulawesi serta Sumatera. Selain itu juga sudah gratis asuransi pengiriman hingga 1 juta rupiah.

Baca  12 Cara Daftar Kurir Paxel 2021 : Syarat, Tugas & Keuntungan

2. PaxelBox

PaxelBox

Layanan kirim barang lewat Paxel berikutnya yakni PaxelBox Loker Pintar. Layanan ini merupakan fasilitas untuk penyimpanan atau penitipan barang serta untuk pick-up dan drop-off kiriman. Menariknya dalam PaxelBox terdapat beberapa layanan bisa kalian pakai seperti halnya:

  • PaxelBox Rental via App : Titip, simpan serta ambil barang paket kalian sesuai kebutuhan melalui aplikasi mobile.
  • PaxelBox Rental via Web : Titip, simpan dan ambil barang paket sesuai kebutuhan lewat halaman website.
  • PaxeslBox Drop-Off : Titip dan simpan barang yang diantar oleh kurir Paxel.

Selain menawarkan beberapa sub layanan, sampai saat ini PaxelBox juga sudah tersebar di lebih dari 260 lokasi yang berada di sekitar Jabodetabek serta kabarnya masih akan diperluas. Adapun keunggulan dari PaxelBox sendiri seperti bisa diakses 24 jam, notifikasi otomatis, memuat barang berbagai macam ukuran, tanpa kontak fisik dan mudah dipakai.

3. PaxelMarket

PaxelMarket

Selain di atas ada pula layanan PaxelMarket yang merupakan Toserba (Toko Serba Ada) yang dapat digunakan secara online. Lewat layanan ini kalian dapat memperoleh kebutuhan khas nusantara seperti bahan pangan, berdonasi hingga berbagai macam kebutuhan lainnya.

4. PaxelBig

PaxelBig

Terakhir ada PaxelBig. Layanan ini bisa kita pakai untuk kirim barang dengan kapasitas besar yang mencapai 20 kg. Selain itu dimensi maksimal bisa dikirim melalui PaxelBox yakni sebesar 50 x 50 x 50 cm. Keuntungan bisa diperoleh saat menggunakan paket ini adalah harga ekonomis serta dapat diandalkan karena memanfaatkan paket SameDay.

Ketentuan Kirim Barang Lewat Paxel

Ketentuan Pengiriman Barang Lewat Paxel

Dari banyaknya jenis pengiriman dan layanan Paxel seperti di atas infojek.com sampaikan, tidak sedikit masyarakat tertarik menggunakannya. Namun saat ingin kirim paket lewat Paxel. Ada beberapa ketentuan wajib dipenuhi setiap pelanggan. Beberapa diantaranya termasuk

1. Batasan Slot PaxelBox

  • Ukuran kecil (S) : 12 x 47.5 x 47.5 cm
  • Ukuran medium (M) : 24 x 47.5 x 47.5 cm
  • Ukuran besar (L) : 36 x 47.5 x 47.5 cm
  • Ukuran sangat besar (XL) : 59 x 47.5 x 47.5 cm

2. Kemasan Barang/Paket

Tidak hanya sekedar memperhatikan ukuran, para pengguna juga wajib memastikan barang dalam keadaan baik serta tidak membahayakan kurir serta penerima. Hal tersebut perlu diperhatikan karena kerusakan barang diakibatkan kelalaian pelanggan bukan merupakan tanggung jawab pihak Paxel.

3. Jenis Barang

Sama halnya seperti pengiriman barang lewat Gojek, ataupun GRAB EXPRESS, para pengguna juga wajib mematuhi jenis barang untuk dikirim, karena tidak semua barang bisa dikirim lewat Paxel. Pastinya jenis barang terlarang serta mudah meledak tidak disarankan.

Baca  6 Cara Klaim Pengiriman Paxel 2021 : Syarat & Ketentuan

Cara Kirim Barang Lewat Paxel

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit.

Apabila sudah paham dan tahu bagaimana ketentuan kirim barang lewat Paxel seperti infojek.com jelaskan di atas dan kalian tertarik mencobanya. Maka kami sarankan untuk melihat tutorial cara kirim barang lewat Paxel berikut ini.

  1. Download Aplikasi Paxel

    Pertama silahkan download lebih dulu aplikasi Paxel di Play Store atau App Store sesuai tipe HP yang dipakai.
    1 Download Aplikasi Paxel

  2. Buka Aplikasi Paxel

    Setelah aplikasi terdownload dan terinstal, silahkan buka dan login dengan menggunakan akun Paxel kalian. Jika belum punya silahkan buat karena proses daftarnya pun sangatlah mudah.
    2 Buka Aplikasi Paxel

  3. Buat Pengiriman

    Sampai pada halaman utama, untuk memesan jasa Paxel guna kirim barang dalam kota dan luar kota. Maka pilih menu bertuliskan Buat Pengiriman.
    3 Buat Pengiriman

  4. Pilih Alamat Pengambilan

    Di halaman ini akan diminta untuk memasukan detail lokasi pengambilan dan pengantaran. Tap menu pengambilan seperti infojek tunjuk dengan kotak merah.
    4 Pilih Alamat Pengambilan

  5. Masukkan Detail Lokasi Pengambilan

    Kemudian masukkan detail lokasi pengambilan, sedikit tips nih. Untuk lokasi pengambilan sebaiknya cari secara manual dengan memasukan kota/kecamatan/nama desa.
    5 Masukkan Detail Lokasi Pengambilan

  6. Lengkapi Detail Pengirim

    Bila sudah, lanjutkan dengan melengkapi detail nama pengirim, seperti nama, nomor telepon dan pilih dropshipper atau bukan. Bila iya checklisst dan isi nama pengirim serta nomor telepon. Jika buka lanjut saja dengan memilih Selesai.
    6 Lengkapi Detail Pengirim

  7. Konfirmasi Alamat Pengambilan

    Bila lokasi ini tetap akan kalian pakai nantinya, infojek sarankan untuk memilih Simpan agar nantinya tidak perlu lagi memasukan alamat lagi.
    7 Konfirmasi Alamat Pengambilan

  8. Masukkan Alamat Tujuan

    Apabila sudah selesai, maka halaman akan kembali ke bagian awal. Disini silahkan tap menu Tujuan.
    8 Masukkan Alamat Tujuan

  9. Input Lokasi Tujuan

    Lalu masukkan detail lokasi tujuan kirim barang, caraya sama seperti memasukkan lokasi pengambilan di atas.
    9 Input Lokasi Tujuan

  10. Lengkapi Detail Penerima

    Jangan lupa untuk mengisi detail penerima seperti nama dan nomor HP.
    10 Lengkapi Detail Penerima

  11. Pilih Tambah Instruksi

    Menariknya pada layanan Paxel ini kalian juga bisa menambah instruksi pengiriman dengan cara memilih menu Tambah Instruksi Pengiriman seperti infojek tunjuk.
    11 Pilih Tambah Instruksi

  12. Pilih Instruksi

    Dalam menu tambah instruksi pengiriman silahkan tentukan salah satu opsi yang muncul. Biasanya menu ini dipakai jika penerima tidak dirumah dan instruksi kepada kurir untuk menyerahkan paket ke tetangga sekitar. Jadi masukkan juga detail nama serta nomor HP tetangga dari penerima barang, lalu tap selesai.
    12 Pilih Instruksi

  13. Konfirmasi Alamat Tujuan

    Kemudian pilih Simpan agar nantinya tidak lagi perlu memasukan detail nama penerima lagi.
    13 Konfirmasi Alamat Tujuan

  14. Atur Waktu Estimasi

    Setelah selesai dengan mengatur titik pengambilan dan pengantaran seperti di atas kami sampaikan. Lanjutkan dengan mengatur waktu estimasi pengambilan serta tiba.
    14 Atur Waktu Estimasi

  15. Tambah Detail Paket

    Lalu tap menu tambah detail paket untuk mengatur informasi paket akan kalian kirim ke penerima.
    15 Tambah Detail Paket

  16. Pilih Detail Paket

    Di halaman ini silahkan tentukan ukuran paket akan kalian kirim mulai dari Small, Medium, Large serta Custom.
    16 Pilih Detail Paket

  17. Tambah Kemasan Tambahan

    Bahkan menariknya lagi, ketika kalian memahami cara kirim barang lewat Paxel. Ada satu layanan menurut infojek cukup menarik. Yakni layanan kemasan tambahan. Jadi jika sedang tidak sempat mengemas, kalian bisa memanfaatkan fasilitas ini, sehingga barang akan dibantu dikemas oleh petugas Paxel.
    17 Tambah Kemasan Tambahan

  18. Pilih Bayar Sekarang

    Ketika semua sudah diisi dengan baik serta sudah di cek semua datanya. Silahkan lanjutkan dengan memilih menu Bayar Sekarang untuk menyelesaikan pemesanan.
    18 Pilih Bayar Sekarang

  19. Pilih Metode Pembayaran

    Silahkan pilih metode pembayaran disediakan seperti pada gambar dibawah ini lalu tekan lanjut.
    19 Pilih Metode Pembayaran

  20. Selesai

    Maka proses pemesanan Paxel untuk kirim barang pun selesai dengan adanya pop up muncul seperti pada gambar dibawah ini.
    20 Selesai

Pilihan Metode Pembayaran Paxel

Metode Pembayaran Paxel

Bagaimana mudah bukan cara pesan Paxel untuk kirim barang ini? Pastikan bila baru pertama kali menggunakannya, untuk selalu mengikuti tutorial cara kirim barang lewat Paxel yang sudah infojek.com contohkan. Nah untuk metode pembayaran yang disediakan Paxel meliputi:

  • Paxel Kredit
  • ShopeePay
  • Gopay
  • Dana
  • Ovo
  • Tunai

Keuntungan Kirim Barang Lewat Paxel

Keuntungan Kirim Barang Lewat Paxel

Bukan hanya mudah dan cepat, cara kirim barang lewat Paxel juga akan memberi banyak sekali keuntungan bagi para pengguna. Yang mana beberapa keuntungan bisa didapat dan dirasakan antara lain seperti:

  • Bisa mengirim barang dalam kota luar kota dalam waktu 10 jam (sameday)
  • Bisa kirim makanan basah / frozen food dengan layanan container
  • Dapat menambah paket kemasan jika tidak sempat melakukan pengemasan sendiri
  • Pilihan metode pembayaran cukup lengkap

Akhir Kata

Itulah kiranya informasi yang kali ini dapat infojek.com sampaikan terkait panduan atau tutorial cara kirim barang lewat Paxel. Semoga panduan di atas bisa menjadi referensi menarik dan dapat membantu bagi kalian yang tertarik serta baru pertama kali menggunakannya.