Paket Shopee Express Tidak Bergerak, Penyebab & Solusi!

Paket Shopee Express Tidak Bergerak – Memilih membeli barang kebutuhan / hobi secara online memang kini makin banyak dilakukan masyarakat. Hal tersebut karena dianggap lebih mudah dan menghemat waktu. Apalagi dengan semakin meningkatnya aktivitas belanja online.

Saat ini juga semakin banyak marketplace / eCommerce yang bisa menjadi andalan masyarakat tanah air, salah satu pilihan terbaiknya adalah Shopee. Yah, menjadi eCommerce paling banyak menarik perhatian masyarakat dengan berbagai macam promo menariknya.

Kini Shopee benar-benar menjadi rival berat bagi Tokopedia. Banyak dipilihnya Shopee sebagai tempat untuk mencari dan membeli barang hobi / kebutuhan sendiri tentu bukan tanpa sebab, melainkan karena Shopee memberikan banyak opsi pengiriman cepat.

Satu dari sekian banyaknya opsi pengiriman tersebut adalah Shopee Express yang merupakan jasa pengiriman resmi yang dihadirkan oleh pihak Shopee. Meski menjadi salah satu opsi pengiriman terbaik, nyatanya banyak pengguna mengeluhkan paket Shopee Express lama.

Paket Shopee Express Tidak Bergerak

Selain itu bahkan ada pula beberapa orang yang mengeluhkan paket Shopee Express tidak bergerak sama sekali saat di lacak menggunakan resi. Jika sudah seperti ini, apa sih penyebab serta bagaimana cara mengatasinya?.

Penyebab Paket Shopee Express Tidak Bergerak

Mendapati paket tidak bergerak Shopee Express ketika sedang melakukan cek resi, jelas hal ini akan dapat membuat kita sebagai penerima / pengirim merasa panik. Belum lagi paket yang seharusnya datang sesuai dengan estimasi pengiriman tersebut adalah barang penting & berharga.

Tidak heran bila banyak sekali pengguna yang merasa kesal dan kecewa dengan pelayanan Shopee Express tersebut. Namun tentu saja paket Shopee Express tidak bergerak sendiri tentu bukan tanpa sebab. Melainkan karena sedang ada masalah yang mungkin menghalanginya.

Baca  5 Cara Komplain Shopee Express : Standar, Instant & Sameday

Untuk itu sesuai dengan judul yang sudah kami sampaikan di atas, berikut ini adalah beberapa alasan / penyebab yang mungkin menjadikan paket tidak bergerak pada saat belanja online menggunakan Shopee Express.

1. Keterlambatan Update Resi

Kendala paket Shopee Express tidak bergerak sendiri biasanya bisa kita lihat ketika melakukan cek resi. Dimana hal ini biasanya di tandai dengan status resi pengiriman yang sama dalam kurun waktu beberapa hari.

Masalah ini memang menimbulkan rasa khawatir, namun sebenarnya hal ini juga tidak perlu dicemaskan karena mungkin status resi tidak bergerak terjadi karena admin terlambat melakukan update status resi Shopee Express. Untuk itu kalian juga perlu tahu jam update resi Shopee Express.

2. Kendala dalam Perjalanan

Masalah / penyebab lain paket Shopee Express tidak bergerak sama sekali dalam kurun waktu beberapa hari juga bisa terjadi karena adanya kendala dalam perjalanan paket.

Nah bila kita bicara terkait kendala dalam perjalanan jelas ini bersifat kompleks karena ada banyak hal bisa saja terjadi seperti:

  • Trafik lalu lintas yang macet.
  • Kendaraan pengantar paket mengalami kendala teknis seperti mesin mati / ban pecah, dll.
  • Perjalanan paket terkendala bencana alam seperti banjir, tanah longsor, hujan lebat, dll.

3. Pengiriman Shopee Express Overload

Paket Shopee Express tidak bergerak juga bisa saja terjadi karena masalah pengiriman overload / terlalu banyak pengiriman di hari yang sama. Biasanya pihak Shopee akan melakukan pembagian pengiriman sesuai dengan jumlah paket yang ada.

Dan bila memang ini menjadi penyebab utama paket tidak bergerak. Maka mau tidak mau memang kita harus menunggu sampai paket benar-benar diberangkatkan dan dikirim oleh pihak Shopee sesuai dengan kemampuan mereka dalam melakukan pengiriman.

Baca  √ Akun Shopee Food Belum Aktif ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

4. Paket Shopee Express Transit di Kota Lain

Kendala lain yang menyebabkan paket tidak bergerak Shopee Express pun bisa dikarenakan adanya jarak tempuh yang jauh antara kota pengirim ke kota penerima. Sehingga mengharuskan paket untuk masuk / transit di kota lain.

Dan jika sudah seperti ini, biasanya akan membuat paket bisa saja lama sampai karena harus berhenti di beberapa tempat kemudian di sortir ulang dan baru di kirim lagi ke alamat / gudang selanjutnya sesuai alamat pengiriman tertulis.

5. Adanya Proses Sortir yang Lama

Di dalam alur pengiriman paket Shopee Express, kita semua tahu bahwa saat paket telah dikirim oleh penjual. Maka paket akan di bawa ke Hub / gudang transit awal. Dimana sesampainya paket di hub ini.

Nantinya paket akan dikumpulkan menjadi satu dari semua paket yang datang di hari itu. Selanjutnya paket akan masuk ke tahap sortir untuk menentukan kota tujuan selanjutnya. Nah biasanya hal ini dilakukan secara manual jadi keterlambatan paket bisa saja terjadi karena proses sortir yang lama.

6. Lokasi Tujuan Sulit Dijangkau

Kemudian penyebab lain yang membuat paket Shopee Express tidak bergerak yakni karena lokasi tujuan yang memang sulit di jangkau sehingga membutuhkan waktu beberapa hari dalam proses pengirimannya.

Nah hal ini biasanya terjadi ketika paket di kirim ke antara pulau atau ke luar pulau. Karena dalam alur pengirimannya, paket ke luar pula akan di tahan dalam waktu beberapa hari untuk menunggu paket lain yang menuju ke kota / kabupaten tujuan yang sama.

7. Kesalahan Penulisan Alamat

Kesalahan penulisan alamat pada paket pun bisa menjadi penyebab utama paket tidak bergerak Shopee Express. Mengingat satu-satunya hal yang membuat paket bisa sampai ke lokasi tujuan yakni alamat tertulis dengan jelas dan benar.

Maka dari itu, ketika penulisan alamat salah sudah bisa dipastikan selain akan di tahan di gudang transit untuk selanjutnya di tanyakan lagi alamat pengiriman yang benar kepada para pengirim.

Baca  13 Cara Daftar Kurir Shopee Express 2022 : Syarat & Link Formulir

8. Cek Resi Diluar Jam Operasional

Meski umumnya cek resi Shopee Express sendiri bisa dilakukan kapanpun kita mau karena bersifat online dan aktif 24 jam. Akan tetapi, proses tracking juga harus melihat jam operasional para pekerja.

Karena proses input resi dan status yang dilakukan para pekerja Shopee Express sendiri dilakukan secara manual. Jadi ketika melakukan cek resi di luar jam operasional mungkin saja kalian akan melihat status paket yang sama sekali tidak bergerak.

Solusi Jika Paket Tidak Bergerak Shopee Express

Itu dia beberapa penyebab utama paket Shopee Express tidak bergerak. Nah dari penjelasan singkat di atas, lantas apa yang harus dilakukan sebagai solusi cara mengatasi masalah ini?.

Tidak jauh berbeda dengan masalah paket Anteraja tidak bergerak yang sebelumnya sudah pernah Infojek.com sampaikan, setidaknya ada beberapa tips / solusi mengatasi masalah seperti ini, beberapa di antaranya seperti:

  • Lakukan komplain ke pihak Shopee Express untuk mendapatkan bantuan serta penjelasan dari pihak tersebut.
  • Kunjungi kantor Shopee Express terdekat untuk mendapatkan penjelasan dan bantuan.
  • Tanyakan kepada pihak pengirim terkait masalah penulisan alamat apakah sudah sesuai.
  • Sebaiknya lakukan cek resi di jam operasional yakni antara 08:00 – 21:00.
  • Hubungi call center Shopee pusat di (021) 1500702 untuk meminta bantuan.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya cara mudah mengatasi masalah paket Shopee Express tidak bergerak yang mungkin saja saat ini sedang kalian alami. Namun pastikan sebelum kalian melakukan komplain pahami dulu apa kiranya penyebab yang membuat paket tidak bergerak Shopee.

Sekian dan semoga apa yang sudah infojek.com sampaikan di atas bisa menjadi referensi serta bisa menjadi acuan untuk mengatasi masalah paket yang tidak bergerak sama sekali pada saat cek resi.

Sumber Gambar: infojek.com