√ Merger Gojek dan Tokopedia : Keuntungan dan Kerugian

Merger Gojek dan Tokopedia – Kabar akan bergabungnya dua perusahaan rintisan anak bangsa yaitu Gojek dan Tokopedia, sepertinya masih menjadi perdebatan yang cukup panas. Bahkan rencara merger kedua perusahaan ini masih menjadi sorotan publik akhir-akhir ini.

Apabila perusahaan rintisan decacorn yakni Gojek dan raksasa e-commerce Tokopedia benar-benar bersatu. Maka integrasi model bisnis yang dimiliki kedua perusahaan bisa menghasikan satu ekosistem digital baru dengan skala yang begitu besar.

Merger kedua perusahaan raksasa ini juga bisa dibilang akan lebih berdampak positif terhadap semua lapisan bila dibandingkan rumor MERGER GOJEK DAN GRAB. Mengingat dua perusahaan raksasa asal Indonesia ini punya sektor atau lahan bisnis yang berbeda.

Bila Tokopedia merupakan platform jual-beli barang kebutuhan, sementara Gojek merupakan platform yang menawarkan fasilitas layanan transportasi, pengiriman paket, dan juga makanan. Berkaitan dengan hal tersebut, konsumen kedua perusahaan akan benar-benar menjadi pihak yang cukup di untungkan.

Menakar Untung Rugi Merger Gojek dan Tokopedia

Mengingat kedepannya tentu akan ada gebragan baru yang ditawarkan guna menunjang ekosistem digital langsung dengan konsumen. Melihat rencara merger Gojek dan Tokopedia tersebut, lantas apa keuntungan dan siapa yang diuntungkah?

Menakar Untung Rugi Merger Gojek dan Tokopedia

Berkaitan dengan hal tersebut, disini infojek akan menjelasakan beberapa info penting terkait rumor tersebut. Baik itu keuntungan apa saja yang akan diperoleh. Dan siapa saja yang akan mendapatkan keuntungan tersebut.

Siapa yang Bakal Diuntungkan?

Siapa yang Bakal Diuntungkan

Akan ada banyak dampak positif bila perkawinan Gojek dan Tokopedia benar-benar terjadi. Tak hanya akan membuat perekonomian negara menjadi lebih baik karena keduanya punya pasar modal yang begitu besar.

Baca  5 Cara Bayar Gojek Pakai Kartu Kredit & Debit Terbaru 2021

Namun keuntungan besar justru akan bisa didapat oleh pihak konsumen. Sebab Gojek dan Tokopedia akan terus mengembangkan fasilitas dan juga pelayanan terbaik mereka dengan adanya perkawinan ini.

Keuntungan Merger Gojek dan Tokopedia

Keuntungan Merger Gojek dan Tokopedia

Bergabungnya kedua perusahaan startup berstatus decacorn dan unicorn yakni Gojek dan Tokopedia tentu akan membawa keuntungan disejumlah sisi. Termasuk sisi konsumen yang akan mendapatkan imbas baik dari merger Gojek dan Tokopedia ini.

Namun selain itu, ada pula beberapa keuntungan lain yang akan didapat oleh pihak-pihak terkait. Termasuk pada perekonomian negara. Nah untuk lebih paham apa saja keuntungan merger Gojek dan Tokopedia, berikut infojek rangkum satu persatu dibawah ini.

Perluasan Jangkauan Penawaran

Bergabungnya dua persauhaan digital tanah air Tokopedia dan Gojek akan membawa keuntungan pada perluasan jangkauan penawaran dari kedua pihak.

Hal ini karena keduanya punya pangsa pasar atau konsumen yang berbeda. Bahkan keduanya dikabarkan telah memilih kesepakatan untuk mengkespansi penawaran benefit menarik untuk konsumen.

Hal ini dilakukan dengan menggandengn mitra yang memiliki bisnis berbeda tetapi dengan model bisni yang sama.

Salah satu contohnya adalah disediakannya fasilitas metode pembayaran Gopay di platform Tokopedia. Dengan begitu konsumen akan jauh lebih mudah ketika melakukan pembayaran transaksi.

Ekosistem Digital yang Lebih Kuat

Tak hanya itu, keutungan berupa ekosistem digital yang jauh lebih kuat akan terbentuk dengan fundamental yang kokoh. Terlebih lagi seperti kita ketahui bersama Gojek juga akan menjadi salah satu pemilih saham bank Jagi.

Dengan demikian, setiap toko yang ada pada e-Commerce Tokopedia akan mendapatkan PINJAMAN dari bank tersebut dengan begitu mudah. Alhasil pertumbuhan ekosistem digital puna kan terbentuk dengan sendirinya.

Baca  3 Cara Kasih Lebihan Driver Gojek & Tip Terbaru 2021

Perekonomian Negara

Merger Gojek dengan Grab juga akan berdampak baik untuk perekonomian negara. Mengingat keduanya masih bersatus menjadi perusahaan penyumbang keuangan negara yang cukup besar.

Namun agar bisa menjaga pertumbuhan perekonomian negara, maka Tokopedia juga harus tetap bisa menjaga beragam jenis produk yang dijual di platform mereka.

Bila semua produk yang ditawarkan merupakan produk domestik dan Tokopedia memaksimalkannya, maka pertumbuhan ekonomi negara semakin baik.

Sebaliknya bila masih ada barang yang dipasarkan merupakan hasil impor, maka keuntungan tidak akan banyak di dapat baik pihak Tokopedia atau negara.

Investasi yang Lebih Besar

Dengan tanpa adanya merger Gojek dan Tokopedia atau kolaborasi diantara keduanya. Maka ketika masing-masing pihak memiliki kebutuhan akan pendanaan untuk pembukaan layanan baru, otomatis akan membutuhkan investasi yang cukup besar.

Namun bila perkawinan Tokopedia dan Gojek benar-benar akan berlangsung kedepannya. Otomatis investasi akan lebih besar dan cepat terbangun.

Bahkan ketika saham gabungan kedua perusahaan dijual sebagian, Gojek akan mendapatkan banyak untung dengan diperolehknya data dari Tokopedia. Sebab Gojek akan bisa menawarkan kredit pinjaman ke seller di Tokopedia.

Kerugian Merger Tokopedia dan Gojek

Kerugian Merger Tokopedia dan Gojek

Bicara mengenai dampak negatif atau kerugian yang akan didapat saat merger Gojek dan Tokopedia benar-benar terjadi memang menjadi hal yang perlu diwaspadai.

Karena di dalam bisnis, tentu akan ada untung dan rugi yang diperoleh saat terjadi penggabungan dua perusahaan.

Namun jika melihat kedua startup yang memiliki perbedaan bisnis, tentu setidaknya dampak negatif atau kerugian yang akan didapat tidak terlalu besar atau bukan berarti tidak ada.

Dari pengamatan yang ada, dampak negatif yang akan dirasa juga akan berimbas pada pemain baru di sektor e-Commerce atau mitra baru di Gojek. Karena mereka akan lebih sulit untuk bisa masuk.

Baca  3 Cara Menggunakan PayLater Gojek Terlengkap 2021

Seperti itu kiranya penjelasan yang kali ini dapat infojek.com sampaikan terkait dampak baik dan buruk atau keutungan dan kerugian dari wacara merger Gojek dan Tokopedia.

Kami harap dengan adanya informasi diatas, kalian bisa mendapatkan penjelasan yang rinci tentang pandangan kedepan tentang bergabungnya dua startup Tokopedia dan Gojek.