√ Gaji Kurir JNE Perbulan, Per Paket, Target & Tunjangan 2021

Gaji Kurir JNE – Saat ini profesi sebagai kurir tampaknya makin di mintai banyak orang. Pasalnya tidak bisa kita pungkiri dengan menjadi kurir pengantaran paket memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Di Indonesia sendiri jasa ekspedisi atau pengantaran paket dan barang bisa dikategorikan cukup banyak. Namun dari banyaknya layanan pengiriman barang tersebut mungkin hanya satu dua saja yang cukup populer dan hampir di kenal banyak orang.

Salah satunya adalah JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir. Eksistensi JNE sebagai salah satu jasa ekspedisi paket memang sudah tidak usah kita ragukan. Jangkauan yang sudah cukup luas menjadi alasan mengapa layanan ini cukup populer di masayarakat.

Dengan popularitasnya yang besar, tidak bisa kita pungkiri informasi mengenai gaji kurir JNE pun kian banyak di cari di Internet. Bagi mereka yang ingin mendaftar sebagai kurir JNE, hal ini tentu menjadi momok yang cukup penting untuk mereka ketahui.

Perkiraan Gaji Kurir JNE Terbaru

Oleh karena itulah, setelah sebelumnya infojek bagikan informasi tentang GAJI KURIR J&T. Sesuai dengan judul di atas, pada kesempatan kali ini infojek akan membagikan gaji kurir JNE yang merupakan rival berat J&T di jasa ekspedisi paket.

Tugas Kurir JNE

Tugas Kurir JNE

Sebelum masuk ke pembahasan, mungkin ada dari kalian yang bertanya apa saja sih tugas seorang kurir JNE. Nah jika kalian ada disini tentu saja kalian adalah salah satu orang yang mungkin sedang ingin melamar menjadi seorang kurir JNE.

Untuk itu, kalian harus paham juga tentang tugas yang harus kalian lakukan sebagai kurir pengantaran paket dan barang di JNE. Apa saja kiranya tugas yang harus diemban?.

  1. Tidak jauh berbeda dengan kurir J&T, Tiki, SiCepat dan lainnya, tugas utama kurir JNE yaitu mengantarkan atau mengirim paket barang ke konsumen secara tepat waktu.
  2. Kemudian mengirim barang ke alamat konsumen secara keseluruhan tanpa adanya kerusakan.
  3. Selain itu, kurir JNE juga harus membantu memeriksa stok barang sebelum mengirim ke lokasi alamat.
  4. Mengambil barang dari konsumen yang ingin mengirim barang.
  5. Melakukan rekap pengiriman setelah semua paket terkirim.
Baca  45 Arti Status Pengiriman JNE & Istilah Terlengkap 2021

Sistem Kerja Kurir JNE

Sistem Kerja Kurir JNE

Sama seperti sistem kerja KURIR ID EXPRESS. Sistem kerja kurir JNE juga bersifat shifting. Diberlakukannya sistem shifting memungkinkan pengiriman paket di sebuah lokasi akan cepat selesai, karena paket akan dibagi dengan kurir lain sehingga tumpukan barang kiriman tidak akan terjadi di gudang.

Hari kerja kurir JNE sedikit berbeda dari J&T atau SiCepat. Karena di JNE hanya punya hari kerja 6 hari dalam 7 hari. Itu artinya ada 1 hari libur, dan biasanya kurir akan libur di hari minggu.

Meski begitu di beberapa tempat, pengambilan libur diatur bergantian sehingga tidak selalu ada pada hari minggu. Dengan begitu pengiriman paket pun akan tetap berjalan meski hari minggu. Untuk lebih memahami sistem kerja JNE, berikut ringkasannya.

  • Setiap waktu kerja, kurir akan masuk di pagi hari sekitar jam 8 dengan melakukan absensi kehadiran.
  • Setelah itu, kurir mengambil jadwal pengiriman paket sesuai dengan namanya.
  • Lalu menyusun dan menata barang kiriman di kendaraan.
  • Jika sudah barulah kurir mengantarkan paket sesuai alamat.
  • Setelah selesai, kurir kembali ke kantor dan melakukan rekap atau membuat laporan pengiriman untuk di input oleh petugas lainnya.

Gaji Kurir JNE

Gaji Kurir JNE

Bagaimana apakah sudah paham dan jelas terkait sistem kerja dan juga cara kerja kurir JNE? Jika sudah, mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang gaji kurir JNE. Bicara mengenai gaji atau penghasilan, mungkin hal ini tidak akan bisa kita samaratakan.

Meski begitu dari informasi yang infojek dapat dari teman maupun saudara, kira-kira besaran gaji pokok kurir JNE yakni sebesar Rp 1.7 – Rp 3 juta rupiah perbulan. Selain itu ada juga gaji tambahan berupa tunjangan dan juga lain-lain seperti bonus ataupun insentif. Berikut kiranya rincian detail gaji kurir JNE.

  1. Gaji pokok Rp 2.7 juta.
  2. Parkir Rp 100.000 (perbulan / untuk wilayah kota).
  3. Biaya service kendaraan Rp 300 ribu perbulan.
  4. Absensi kehadiran Rp 400 ribu.
  5. Uang bensin Rp 150 – 200 ribu perbulan
Baca  45 Arti Status Pengiriman JNE & Istilah Terlengkap 2021

Sementara itu jika kalian menjadi bagian dari kurir JNE Freelance, sistem perhitungan gaji tidak akan seperti apa yang kami sampaikan di atas. Melainkan sistem gaji yang digunakan yakni sistem gaji per paket atau target.

Dan biasanya jika memakai sistem ini besaran gaji untuk 1 paket akan dihitung sebesar Rp 1.500 – 2.000 rupiah. Dengan begitu kalian bisa menghitung sendiri dengan mengalikan jumlah paket yang telah berhasil kalian antar setiap harinya.

Contohnya, dalam satu hari kalian bisa mengantarkan kurang lebih 100 paket. Maka jika dihitung per paket Rp 1.700 maka perhitungannya Rp 1.700 x 100 = Rp 170.000. Kira-kira seperti itu perhitungan gaji kurir JNE untuk sistem kerja target dan juga per paket.

Tunjangan Kurir JNE

Tunjangan Kurir JNE

Nah bicara mengenai tunjangan, mungkin ada dari kalian yang bertanya apa saja kiranya tunjangan yang bisa didapat saat menjadi kurir JNE. Berikut adalah beberapa tunjangan – tunjangan diberikan JNE pada kurirnya.

  1. Gaji pokok dengan perhitungan UMR per wilayah.
  2. Tunjangan kehadiran (untuk beberapa wilayah).
  3. Perawatan kendaraan & sewa motor.
  4. Uang bensin.
  5. Bonus target per minggu.
  6. THR saat hari raya.
  7. Bonus tahunan.

Akhir Kata

Bagaimana makin tertarik menjadi kurir JNE setelah mengetahui besaran gaji kurir JNE seperti infojek.com jelaskan di atas?. Jika tertarik, ada baiknya konfirmasi kembali kepada pihak JNE setempat untuk mengetahui rincian gaji di wilayah tersebut agar tidak ada kesalahpahaman.