√ Gaji Kurir ID Express 2022 : Sistem Kerja, Tunjangan & Perbandingan

Gaji Kurir ID Express – Belanja online saat ini memang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Blibli menjadi beberapa jenis toko online yang banyak dipilih untuk membeli sebuah barang-barang idaman mereka. Seperti sudah diketahui juga bahwa setiap marketplace tersebut pastinya telah bekerjasama dengan beberapa jasa kurir, mulai dari JNE, JNT, Shopee Express, SiCepat, Ninja, ID Express dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah berbicara mengenai jasa pengiriman, disini infojek.com akan memberikan informasi terkait jasa pengiriman ID Express. Setiap perusahaan jasa pengiriman biasanya akan membuka beberapa cabang di kota-kota besar di seluruh Indonesia, dimana hal ini nantinya akan mempermudah para pelanggannya untuk mendapatkan service pengiriman terbaik. Lowongan kerja sebagai kurir ID Express kabarnya cukup menarik, karena penawaran gaji serta tunjangan yang diberikan cukup menggiurkan.

Kita tahu bahwa ID Express merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman anyar di Indonesia yang bisa kalian jadikan opsi utama untuk menambah penghasilan bulanan kalian. Selain membahas lebih lengkap mengenai besaran gaji kurir ID Express, kami juga akan memberikan informasi penting lainnya terkait tugas kurir ID Express, Sistem Kerja Kurir ID Express, besaran tunjangan dan beberapa informasi lainnya. Mengenai poin tunjangan, ini mungkin menjadi salah satu faktor mengapa banyak orang yang ingin bergabung menjadi mitra/kurir ID Express.

Hampir semua perusahaan jasa pengiriman ini memberikan tunjangan bagi setiap mitra kerja mereka. Tunjangan yang diberikan diantaranya seperti gaji pokok UMR, tunjangan kinerja kurir, tunjangan biaya perawatan motor dan beberapa lagi lainnya. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai gaji kurir ID Express, Sistem Kerja, Tunjangan & Perbandingan gaji dengan kurir perusahaan lain yang telah infojek.com siapkan berikut ini.

Gaji Kurir ID Express

Apa Itu Kurir ID Express?

Sebelum berlanjut ke pembahasan utama mengenai gaji kurir ID Express, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu apa itu Kurir. Kurir juga dikenal sebagai jasa ekspedisi/pengiriman yang merupakan perusahaan atau perorangan yang bertugas mengirim pesanan, paket dalam jumlah kecil hingga sedang dengan menggunakan jalur darat, laut dan udara.

Baca  13 Jasa Pengiriman Makanan 2022 : Termurah, Terbaik & Aman

Tugas Kurir ID Express

Berbicara mengenai tugas, mungkin sebagian dari kalian sudah banyak tahu mengenai tugas dari seorang kurir ID Express. Penting diketahui bahwa tidak seperti layanan pos surat-menyurat biasa, kurir sendiri memiliki fitur-fitur tambahan seperti mengutamakan kecepatan dan keamanan pengiriman, pelacakan, dan beberapa fitur lainnya. Untuk ID Express sendiri, saat ini masih beroperasi di wilayah Indonesia saja. Kemudian untuk tugas mendasar dari seorang kurir diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan paket yang akan dikirim
  • Mengirimkan barang/paket ke alamat penerima yang sesuai dan tepat waktu
  • Menjaga barang agar tidak rusak
  • Bisa menjaga kerahasiaan kemasan paket dan identitas konsumen
  • Mengambil paket untuk dikirim dari konsumen
  • Membuat laporan kerja mengenai paket yang diambil dan dikirim

Sistem Kerja Kurir ID Express

Informasi berikutnya yang bisa kalian ketahui adalah mengenai sistem kerja dari Kurir ID Express. Setiap perusahaan sudah pasti memiliki sistem kerja yang wajib dipatuhi oleh para karyawannya, seperti halnya dengan ID Express ini. Dimana untuk sistem kerja yang wajib dipatuhi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan SISTEM KERJA KURIR ANTERAJA ataupun lainnya.

  • Jam kerja secara bergilir selama 6 hari kerja dan 1 hari libur
  • Waktu kerja kurang lebih 7 jam
  • Mengambil data dan formulir paket yang akan dikirim pada hari itu juga
  • Mengumpulkan paket ke kendaraan
  • Mengirim paket sesuai alamat
  • Menyiapkan laporan pengiriman paket
  • Denda apabila ada keluhan dari konsumen mengenai barang tidak sampai ke penerima

Informasi Gaji Kurir ID Express

Informasi Gaji Kurir ID Express

Sampai di topik pembahasan utama mengenai informasi gaji kurir ID Express. Bagi kalian yang mungkin berminat untuk menjadi Kurir ID Express, informasi mengenai besaran gaji ini mungkin bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk mendaftar sebagai Kurir ID Express. Rata-rata gaji kurir ID Express per bulan bisa dikatakan cukup setara dengan GAJI KURIR SICEPAT ataupun JNE, yakni disesuaikan dengan standar UMK masing-masing daerah. Apabila diselesaikan, gaji pokok Kurir ID Express bulanan bisa mencapai Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000.

Baca  8 Cara Menghubungi Kurir SiCepat yang Bawa Paket Kita

Sebagai pembeda, nantinya Kurir ID Express juga mendapatkan komisi sebesar Rp 1.000 per paket pengiriman. Jika kalian menjadi kurir dan dalam sehari bisa mengirimkan 30 paket, maka kalian akan mendapatkan komisi sebesar Rp 30.000. ID Express menerapkan layanan pusat pemenuhan dimana layanan beroperasi setiap hari untuk mengirimkan paket ke pelanggan, bahkan pada hari Minggu/hari libur. Nominal gaji dan komisi diberikan tergolong standar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Tunjangan-Tunjangan

Tunjangan Tunjangan

Dengan menjadi Kurir, selain mendapatkan gaji dan juga komisi, kalian juga akan mendapatkan beberapa tunjangan seperti biaya perawatan motor dalam 1 bulan, uang bensin dan beberapa lainnya.

  • Gaji pokok sesuai UMR masing-masing daerah
  • Tunjangan kinerja, komisi per paket yang dikirimkan sebesar Rp 1000
  • Tunjangan biaya perawatan motor dalam 1 bulan
  • Uang bensin

Perbandingan Gaji Kurir ID Express, JNT, SiCepat & Anteraja

Perbandingan Gaji Kurir ID Express JNT SiCepat Anteraja

Ada beberapa pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh beberapa orang mengenai perbandingan gaji antar kurir ID Express dengan kurir perusahaan lain seperti JNT, SiCepat, Anteraja dan lainnya. Membahas mengenai perbandingan gaji masing-masing kurir tersebut, seperti sudah disinggung diatas bahwa hampir semua perusahaan jasa pengiriman ini memberikan gaji kepada kurirnya dengan nominal yang hampir sama. Bahkan hingga besaran komisi per paket yang diberikan juga tidak berbeda jauh.

Jasa PengirimanGaji Rata-Rata Per Bulan
ID ExpressRp 2.000.000 – Rp 3.000.000
Mr SpeedyRp 2.000.000 – Rp 2.500.000
JNTRp 2.500.000
SiCepatRp 2.500.000
DelivereeRp 2.300.000
Lion ParcelRp 1.000.000
Lazada ExpressRp 3.500.000
AnterajaRp 2.500.000 – Rp 3.000.000
Shopee ExpressRp 3.700.000 – Rp 4.000.000

Perlu diketahui bahwa besaran gaji diatas hanya perbandingan saja, karena setiap daerah tentunya memiliki nilai UMR yang berbeda-beda. Jadi untuk mendapatkan informasi lengkap terkait gaji pasti setiap kurir tersebut kalian bisa bertanya langsung ke CS terkait.

Baca  12 Cara Komplain IDExpress : Paket Telat & Rusak

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan kali ini mengenai gaji Kurir ID Express. Kami dapat menyimpulkan bahwa besaran gaji yang diterima oleh para kurir ini bisa dikatakan cukup. Maka tak heran jika banyak masyarakat yang ingin bekerja sebagai kurir ID Express. Disamping itu, kurir juga akan mendapatkan beberapa tunjangan untuk menambah penghasilan pokok mereka.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai gaji kurir ID Express yang dapat kalian pahami dan simak baik-baik diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat infojek.com sampaikan, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.