8 Cara Urus STNK Lewat Gojek: Syarat Perpanjang & Blokir

Cara Urus STNK Lewat Gojek – Untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat agar selalu rutin membayar pajak kendaraan. Belum lama ini perusahaan karya anak bangsa yakni Gojek berhasil meluncurkan layanan baru bernama GoService.

Dalam perilisan layanan tersebut, Gojek menggandeng perusahaan lokal bernama JumpaPay untuk bisa mengembangkan konsep bisnis Third Party Platform dengan memanfaatkan ekosistem Gojek yang sudah besar. Untuk lebih memahami mengenai kerjasama tersebut, silahkan baca artikel APA ITU GOSERVICE.

Adapun seperti sebelumnya kita bahas, cakupan layanan GoService sendiri bisa dibilang cukup lengkap untuk kebutuhan pengurusan surat-surat kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor. Dimana salah satu cakupan layanan GoService ini adalah pengurusan STNK kendaran.

Jadi kalian para pelanggan setia Gojek yang berlokasi di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang Selatan tidak perlu lagi repot mengurus perpanjang STNK tahunan, 5 tahunan atau bahkan blokir STNK. Karena lewat GoService kalian hanya perlu duduk manis di rumah saja.

Cara Urus STNK Lewat Gojek dari Syarat Perpanjang dan Blokir

Cara Urus STNK Lewat Gojek dari Syarat Perpanjang dan Blokir

Cara urus STNK kendaraan bermotor lewat GoService bisa dibilang cukup mudah dan cepat. Bahkan biaya yang harus di keluarkan untuk jasa pengurusan STNK dari perpanjang hingga blokir cukup terjangkau. Untuk lebih jelasnya berikut infojek rangkumkan penjelasanya berikut ini.

Syarat Perpanjang STNK Lewat Gojek

Sama halanya denga pengurusan STNK tahunan atau 5 tahunan pada umumnya, layanan GoService Gojek juga membutuhkan beberapa perysaratan agar proses perpanjang STNK motor atau mobil bisa diselesaikan. Beberapa persyaratan tersebut meliputi;

  • Mengunggah Foto KTP asli sesuai nama STNK di layanan GoService Gojek.
  • Mengunggah Foto STNK bagian depan dan belakang di layanan GoService Gojek.
  • KTP Asli pemilik kendaraan yang akan di jemput petugas GoService.
  • Dan juga STNK Asli kendaraan yang juga akan di jemput oleh petugas GoService.
Baca  √ Gopay Plus Ditolak 2021 : 12 Penyebab & Cara Mengatasinya

Cara Perpanjang STNK Lewat Gojek

Setelah melengkapi semua berkas data diatas, maka kalian sudah bisa melakukan pemesana jasa perpanjang STNK lewat Gojek. Adapun tata cara pemesanannya dapat kalian simak sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Gojek versi terbaru yang ada pada perangkat kalian.
  2. Kemudian pada tab Beranda silahkan scroll ke bawah untuk menemukan layanan GoService.
  3. Pada layanan GoService tersebut, pilih menu STNK.
    Pilih Layanan Goservice
  4. Lalu pilih antara pengurusan STNK tahunan atau 5 tahunan sesuai dengan kondisi STNK motor kalian dengan cara klik bagian Detail.
    Klik Menu Detail
  5. Sesudah itu klik Continue pada halaman pengurusan pajak kendaraan dan beri izin akses data diri kalian.
    Klik Menu Continue Urus STNK Tahunan
  6. Sampai disini silahkan isi halaman konfirmasi data yang ada mulai dari
    Isi Semua Data STNK untuk Perpanjang– Jenis Kendaraan : Motor atau Mobil
    – Konfirmasi data STNK : Apakah data pada STNK dan KTP sama atau tidak.
    – Memasukan nomor plat kendaraan.
    – Memasukan total PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor tertagih yang bisa dilihat pada lembar STNK.
    – Dan memasukan masa berlaku STNK.
  7. Jika semua data diatas telah kalian lengkapi, selanjutnya kalian butuh untuk mengisi dokumentasi data dengan cara mengungah foto KTP dan juga foto STNK bagian depan dan belakang.
    Upload KTP dan STNK Perpanjang Pajak
  8. Apabila sudah langsung saja klik Pesan Sekarang.

Syarat Blokir STNK Lewat Gojek

Hampir sama seperti cara urus STNK lewat Gojek, seperti dijelaskan diatas. GoService Gojek juga menyediakan fasilitas untuk pengurusan blokir STNK kendaraan seperti motor dan mobil. Biasanya hal ini diperlukan jika kalian sering melakukan transaksi jual beli kendaraan.

Tujuaannya untuk menghindari pajak progresif. Adapun untuk memesan layanan blokir STNK lewat GoService Gojek, kalian juga perlu melengkapi beberapa berkas persyaratan. Beberapa berkas persyaratan tersebut antara lain;

  • Mengunggah Foto KTP, STNK dan Kartu Keluarga asli di halaman order GoService.
  • Menyiapkan KTP asli sesuai nama di STNK.
  • Fotocopy STNK kendaraan.
  • Dan Fotocopy Kartu Keluarga.
Baca  5 Cara Menaikkan Level GoPartner Reward & Ketentuan

Cara Blokir STNK Lewat Gojek

Proses pemesanan layanan GoService untuk jasa blokir STNK sebenarnya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah diatas. Hanya saja prosesnya membutuhkan kalian untuk melengkapi data diri selengkap mungkin. Atau jika ingin lebih jelasnya, simak prosedur cara urus blokir STNK lewat Gojek berikut ini.

  1. Buka aplikasi Gojek versi terbaru di HP kalian.
  2. Kemudian scroll ke bawah dan pilih layanan GoService.
    Pilih Layanan Goservice
  3. Di halaman GoService silahkan kalian klik Blokir Plat Nomor.
  4. Maka akan ada info detail terkait layanan GoService yang satu ini. Jika ingin melanjutkan cukup klik Continue.
    Pilih Continue Blokir STNK Lewat Gojek
  5. Sampai disini silahkan isi halaman konfirmasi data yang ada mulai dari jenis kendaraan dan konfirmasi data STNK.
  6. Jika sudah silahkan upload foto KTP, STN dan juga Kartu Keluarga.
    Upload Dokumentasi Data Blokir STNK
  7. Dan terakhir silahkan klik menu Pesan Sekarang.

Dari dua metode cara urus STNK lewat Gojek diatas, ketika kalian sudah menekan tombol Pesan Sekarang maka total tagihan akan muncul sesuai dengan layanan yang kalian pilih. Untuk membayarnya bisa langsung dengan menggunakan Gopay atau juga bisa dengan metode cash.

Nantinya dalam waktu dekat setelah kalian memesan layanan, akan ada petugas yang menghampiri untuk mengambil berkas persyaratan pengurusan STNK kendaraan.

Seperti itulah kiranya prosedur cara urus STNK lewat Gojek baik untuk perpanjang pajak tahunan dan juga pemblokiran STNK. Yang jelas dengan memanfaatkan layanan GoService Gojek ini kalian tidak perlu lagi mengurus pembayaran pajak sendiri karena kalian hanya perlu menunggu proses yang dilakukan petugas GoService selesai, nantinya dokumen akan dikembalikan lagi.

Bagaimana cukup mudah bukan metode atau cara urus STNK kendaraan lewat Gojek ini? Semoga dengan adanya penjelasan diatas, terutama para pengguna Gojek di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya bisa lebih memahami alur dan sistem kerja layanan GoService ini. Sekian yang dapat infojek.com berikan semoga bisa menjadi referensi yang menarik.

Baca  Gojek Magelang Info Alamat Kantor, Jam Kerja & Call Center 2020