10 Cara Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek : Syarat & Biaya

Cara Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek – Saat ini kemudahan dalam mengurus surat-surat kendaraan seperti mutasi dan juga balik nama STNK dan BPKB bisa di lakukan dengan cukup mudah. Bahkan kalian tidak perlu mengantre panjang-panjang untuk mengurus semua itu.

Karena di era digitalisasi yang semakin pesat seperti sekarang ini telah ada banyak sekali layanan online yang bisa membantu kita dalam mengurus semua hal tersebut. Salah satunya ialah GoService yang merupakan layanan baru miliki Gojek.

Dengan menggunakan GoService, selain bisa mengurus balik nama kendaraan, seperti pada artikel infojek.com sebelumnya, GoService juga bisa kalian manfaatkan untuk mengurus pembayaran pajak tahunan dan 5 tahunan serta blokir STNK dengan biaya yang relatif terjangkau.

Jika ingin mengatahui info lengkap tentang layanan tersebut silahkan baca pada artikel CARA URUS STNK LEWAT GOJEK. Untuk melancarkan layanan GoService, Gojek menggandeng perusahaan JumpaPay yang merupakan perusahaan profesional dibidang pengurusan kewajiban pajak kendaraan serta surat-surat kendaraan.

Syarat, Biaya dan Cara Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek

Syarat Biaya dan Cara Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek

Cara balik nama kendaraan lewat Gojek lewat layanan GoService memungkinkan kalian tetap tinggal dirumah. Karena pada layanan ini semua berkas yang dibutuhkan akan di ambil dan di antar oleh petugas. Bagaimana menarik bukan? Bila tertarik menggunakan jasa layanan ini, berikut infojek jelaskan prosedur, syarat dan biaya balik nama kendaraan lewat Gojek.

Syarat Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek

Syarat Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek

Sama halnya seperti proses balik nama offline yang mengharuskan kita untuk mendatangi kantor SAMSAT setempat, untuk cara balik nama kendaraan lewat Gojek baik motor atau mobil juga diperlukan beberapa persyaratan. Yang dimana syarat balik nama kendaraan lewat Gojek tersebut meliputi.

Baca  Gojek Purwokerto Info Alamat Kantor, Jam Kerja & Call Center 2021

Syarat Umum

  • Mengetahui dengan pasti nomor polisi kendaraan yang akan di balik nama.
  • Mengetahui besaran Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB yang tertera di lembar STNK.
  • Mengetahui masa berlaku STNK dari kendaraan yang akan di balik nama.
  • Foto KTP calon pemilik baru kendaraan.
  • Foto STNK kendaraan yang akan di balik nama posisi depan dan belakang.
  • Serta foto detail BPKB kendaraan asli, dalam hal ini adalah isi dari BPKB bukan lembar depan BPKB.

Syarat Dokumen

  • Lembar BPKB kendaraan baik motor atau mobil yang akan di balik nama.
  • Lembar STNK asli sesuai kendaraan.
  • KTP Asli dari calon pemilik baru kendaraan.

Cara Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek

Apabila semua berkas data dan dokumen yang telah infojek tulis diatas telah kalian lengkapi. Maka proses pesan GoService untuk layanan balik nama kendaraan pun sudah bisa kalian lakukan. Adapun proses cara pesan layanan balik nama kendaraan lewat Gojek bisa dilakukan dengan mudah lewat langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama, silahkan buka aplikasi Gojek versi terbaru yang ada pada perangkat kalian.

1 Buka Aplikasi Gojek di Perangkat

2. Setelah aplikasi terbuka, pada tab beranda silahkan scroll ke bawah cari dan temukan layanan GoServie seperti berikut ini.

2 Pilih Menu GoService Gojek

3. Apabila sudah, pilih layanan GoService untuk balik nama dengan cara klik menu tersebut

3 Pilih Menu Balik Nama Kendaraan

4. Jika layanan balik nama kendaraan di GoService sudah terbuka, kalian bisa melihat langsung detail info layanan serta perkiraan biaya.

4 Tampilan Detail Info Layanan

5. Apabila sudah kalian lihat dan baca info layanan tersebut, langsung saja klik menu Contiune yang ada dibagian bawah.

5 Pilih Continue Untuk Melanjutkan

6. Pada halaman ini, kalian akan diminta untuk mengisi beberapa data penting terkait kendaraan yang akan di balik nama mulai dari:

Baca  25 Cara Daftar Gojek Online 2021 : Diterima & Dipanggil

6 Isi Semua Data Kendaraan

  • Data Kebutuhan : Pilih jenis kendaraan mobil atau motor.
  • Konfirmasi Data BPKB : Untuk menjelaskan apakah data di STNK  dan di BPKB sama atau tidak.
  • Konfirmasi Data Wilayah : Untuk memberitahu pihak GoService apakah proses balik nama masih berada dalam wilayah DKI Jakarta atau bukan.

7. Setelah itu, silahkan scroll kebawah dan kalian akan menemukan beberapa permintaan untuk menginput data lain seperti:

7 Masukan No Plat dan Masa Berlaku STNK

  • Nomor Plat Kendaraan.
  • Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB tertagih.
  • Masa berlaku STNK kendaraan.

8. Selesai mengisi semua data diatas, scroll kebawah lagi dan kalian akan diminta untuk mengunggah beberapa berkas foto persyaratan seperti:

8 Upload Berkas Persyaratan

  • Foto KTP pemilik baru
  • Foto STNK bagian depan dan belakang kendaraan.
  • Foto info detail BPKB kendaraan yaitu terkait isi di dalam BPKB tersebut.

9. Langkah berikutnya kalian hanya perlu mengeklik Pesan Sekarang yang ada dibagian bawah.

9 Pilih Pesan Sekarang

10. Terakhir silahkan tunggu hingga petugas yang akan mengurus balik nama kendaraan tiba dirumah untuk mengambil semua berkas dokumen fisik yang dibutuhkan seperti kami jelaskan diatas.

CATATAN!!
Untuk saat ini layanan GoService balik nama kendaraan hanya bisa dipakai di wilayah DKI Jakarta.

Biaya Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek

Biaya Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek

Bagaimana cukup mudah bukan cara balik nama kendaraan Lewat Gojek ini? Silahkan coba gunakan fasilitas GoService milik Gojek untuk mengurus balik nama kendaraan kalian. Selanjutnya, sebagai informasi pelengkap berikut ini adalah beban biaya yang akan di tanggung oleh konsumen saat menggunakan layanan balik nama lewat Gojek ini.

Jenis TransaksiBiaya
Biaya Dasar Pengurusan Balik NamaMotor : Rp 150.000
Mobil : Rp 200.000
Biaya Ongkos Kirim Ambil & Antar DokumenRp 100.000
Biaya Pengurusan Balik NamaDikenakan kepada konsumen sesuai tipe kendaraan yang ada.
Baca  8 Cara Urus STNK Lewat Gojek: Syarat Perpanjang & Blokir

Seperti tertulis pada tabel biaya balik nama kendaraan lewat Gojek diatas, besar kecilnya biaya untuk pengurusan tentu akan berbeda-beda di setiap tipe dan model kendaraannya. Jadi kemungkinan besar biaya tersebut tidak akan sama persis untuk setiap konsumennya.

Waktu Pengurusan Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek

Waktu Pengurusan Balik Nama Kendaraan Lewat Gojek

Setelah mengetahui bagaimana alur peroses pemesanan cara balik nama kendaraan lewat Gojek serta syarat dan besaran biaya yang harus di tanggung. Mungkin ada dari kalian yang menanyakan berapa lama kiranya waktu proses yang dibutukan saat mengurus balik nama kendaraan di Gojek.

Proses pengurusan balik nama kendaraan lewat Gojek sebenarnya bisa dibilang cukup cepat, dimana paling cepat hanya membutuhkan waktu 5 hari  dan paling lama sekitar 15 hari sejak petugas GoService mengambil berkas dokumen persyaratan.

Adapun cepat lamanya proses balik nama kendaraan lewat Gojek ini juga di pengaruhi dari kelengkapan dokumen yang di butuhkan. Jika ada salah satu dokumen persyaratan yang tidak dilengkapi, maka proses pun akan memakan waktu lebih lama.

Nah seperti itu kiranya penjelasan yang kali ini dapat infojek berikan terkait syarat, biaya dan cara balik nama kendaraan lewat Gojek dengan menggunakan fasilitas layanan GoService Gojek. Bagaimana cukup mudah bukan langkah-langkahnya.