10 Cara Tanda Tangan Elektronik Grab Driver & Verifikasi Data Dukcapil

Cara Tanda Tangan Elektronik Grab Driver – Untuk mendukung pengembangan ekosistem yang lebih maju dan berkembang. Baru-baru ini Grab telah memberikan himbauan kepada seluruh mitra pengemudi mereka untuk melakukan pembaruan data diri.

Pembaruan data diri tersebut dilakukan agar membuat mitra pengemudi Grab bisa menjalankan semua aktivitasnya dengan lebih aman. Untuk pendataan kali ini, Grab akan mengunakan data yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat.

Meski belum di konfirmasi ada tidaknya pengaruh pada akun Grab driver yang tidak melakukan pembaruan tersebut. Namun Grab bersama dengan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) sangat menyarankan agar mitra pengemudi melakukan verifikasi data diri sebelum 31 Oktober 2021 ini.

Menariknya agar dapat melakukan otentikasi identitas, mitra tidak perlu mendatangi KANTOR GRAB terdekat. Mengingat dengan adanya kerjasama Grab dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA), kali ini verifikasi data hanya perlu dilakukan secara online langsung dari aplikasi Grab driver.

Cara Tanda Tangan Elektronik Grab Driver Verifikasi Dukcapil

Setiap mitra driver harus melakukan tanda tangan elektronik untuk memastikan semua data diminta sudah sesuai. Namun karena masih kurangnya pemahaman tentang cara tanda tangan elektronik Grab driver. Sesuai judul di atas, disini akan infojek jelaskan secara rinci tentang hal tersebut.

Fungsi Verifikasi Data Dukcapil Grab

Fungsi Verifikasi Data Dukcapil Grab

Mengacu pada Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 80 tahun 2019 pasal  56 terkait masalah kontrak elektronik bagi para pelaku usaha. Secara tegas Grab mewajibkan seluruh mitra pengemudi melakukan verifikasi data dukcapil dan melakukan tanda tangan elektronik.

Baca  15 Cara Menghapus Alamat Tersimpan di Grab 2021

Hal tersebut menjadi penting karena menjadi mitra Grab driver merupakan profesi yang mengharuskan kita untuk tetap terhubung ke sistem jaringan internet / digital. Selain itu otentikasi data mitra pengemudi juga di lakukan agar menjamin keamanan penggunaan fasilitas dimiliki Grab.

Syarat Tanda Tanda Elektronik Grab Driver

Syarat Tanda Tanda Elektronik Grab Driver

Setelah mengetahui pentingnya melakukan verifikasi data serta tanda tangan elektronik Grab driver seperti di atas kami sampaikan. Setidaknya buat para mitra driver Grab yang ingin melakukan tanda tangan elektronik serta  verifikasi data dukcapil.

Ada beberapa syarat yang harus kalian lengkapi, hal ini hampir serupa ketika kalian melakukan VERIFIKASI SERTIFIKAT VAKSIN GRAB DRIVER. Dimana beberapa syarat wajib untuk kalian lengkapi antara lain.

  1. Proses verifikasi dilakukan melalui undangan di halaman pesan pada aplikasi mitra Grab driver.
  2. Proses tanda tangan elektronik mengharuskan para driver memiliki akses ke alamat email terdaftar.
  3. Memastikan nomor HP aktif & dapat menerima kode OTP.
  4. Pastikan koneksi internet digunakan lancar.

Cara Tanda Tangan Elektronik Grab Driver

Setelah mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan ketika ingin mengikuti cara tanda tangan elektronik Grab driver seperti di atas kami sampaikan. Buat kalian yang sudah menyiapkan semua data-data di atas.

Maka berikut ini adalah panduan cara tanda tangan elektronik grab driver serta verifikasi data dukcapil grab driver yang bisa kalian ikuti langkah-langkahnya.

1. Buka Undangan Verifikasi Data

Cara pertama buka menu pesan masuk di halaman aplikasi Grab Driver kemudian cari pesan masuk yang merupakan undangan untuk melakukan verifikasi data diri.

1 Buka Undangan Tanda Tanda Elektronik Grab Driver

2. Pilih Verifikasi Sekarang

Ketika pesan tersebut sudah terbuka, kalian akan mendapati beberapa info serta tutorial bagaimana cara melakukan verifikasi data dan kontrak elektronik. Untuk melanjutkan tap menu Verifikasi Sekarang.

Baca  √ Tidak Bisa Login GrabMerchant? Ini Cara Ampuh Mengatasinya
2 Pilih Verifikasi Sekarang

3. Setujui Syarat & Ketentuan

Tahap berikutnya silahkan kalian checklist syarat ketentuan verifikasi lalu tap menu Mulai Verifikasi.

3 Setujui Syarat Ketentuan

4. Masukkan Data Diri

Lengkapi data diri pada halaman ini mulai dari Nama, tanggal lahir, nomor HP dan juga email terdaftar di aplikasi Grab.

4 Masukkan Data Diri

5. Tap Kirimkan

Setelah itu cara berikutnya yakni dengan checklis syarat ketentuan lalu klik menu Kirimkan.

5 Tap Kirimkan

6. Klik Tandatangani Kontrak Elektronik

Setelah menyerahkan data diri pada tahap sebelumnya, kalian akan diminta melakukan tanda tangan kontrak elektronik. Untuk melanjutkan silahkan tap Tandatangani Kontrak Elektronik.

6 Klik Tandatangani Kontrak Elektronik

7. Masukkan Kode OTP

Sistem akan secara otomatis mengirimkan 6 digit kode OTP ke Nomor HP terdaftar, silahkan kalian buka dan masukkan kode OTP ke halaman tersedia.

7 Masukkan Kode OTP

8. Masukkan CVV

Setelah itu silahkan buka gmail lalu cari pesan masuk berisikan 3 digit kode CVV verifikasi serta tanda tangan elektronik mitra pengemudi. Kemudian masukkan 3 digit kode tersebut dengan benar.

8 Masukkan CVV

9. Berhasil

Jika kode CVV benar, maka aplikasi akan menampilkan pemberitahuan bahwa proses cara tanda tangan elektronik Grab driver berhasil dilakukan seperti berikut ini.

9 Cara Tanda Tanda Elektronik Grab Driver Berhasil

Dari semua langkah di atas, pastikan bahwa alamat email dan juga nomor HP terdaftar masuk aktif dan dapat kalian akses. Karena selain kode OTP kalian juga akan dimintai kode CVV yang dikirim ke email terdaftar.

Akhir Kata

Nah seperti itulah kiranya proses cara tanda tangan elektronik Grab driver dan verifikasi data dukcapil mitra pengemudi Grab yang kali ini dapat infojek sampaikan. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi dan dapat membantu.