10 Cara Menambah Menu di Shopee Food : Syarat & Formulir

Cara Menambah Menu di Shopee Food – Bicara mengenai Shopee Food hampir tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali hal yang perlu dibahas mengingat layanan satu ini baru di tanah air sehingga sedikit banyak masih ada beberapa yang merasa bingung.

Nah setelah sebelumnya membahas CARA GANTI NOMOR HP SHOPEE FOOD DRIVER, sesuai dengan judul. Kali ini infojek akan membagikan panduan khusus bagi pemilik resto di Shopee Food.

Yang dimana, panduan tersebut yaitu cara menambah menu di Shopee Food. Hampir seperti Grab ataupun Gojek, fasilitas menambah menu makanan di layanan GrabFood atau GoFood menjadi salah satu hal yang patut dipahami setiap merchant.

Pasalnya dengan kita mengetahuinya, kapanpun kita bisa melakukan perubahan pada menu makanan baik itu menambah ataupun mengurangi. Hanya saja, cara menambah menu di Shopee Food masih tergolong ribet karena kita harus mengirimkannya diluar aplikasi Shopee.

Cara Menambah Menu di Shopee Food dari Syarat dan Formulir

Berbeda dengan CARA MENAMBAH MENU DI GOFOOD yang dapat dilakukan langsung dari aplikasi GoBiz. Meski begitu kalian tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan kami rangkum sedetail mungkin terkait, syarat, formulir dan pengajuannya.

Syarat Menambah Menu di Shopee Food

Syarat Menambah Menu di Shopee Food

Menambah menu hidangan (makanan & minuman) di dalam resto Shopee Food punya syarat serta ketentuan tersendiri. Beberapa hal yang termasuk ke dalam syarat menambah menu di Shopee Food sendiri meliputi:

  • Formulir perubahan menu Shopee Food.
  • Mengisi form/lembar pengajuan perubahan menu.
  • Alamat email terdaftar di Shopee Food Merchant.
  • Nomor ID Merchant / ID Store.
  • Nama, harga final (harga jual online) , dan deskripsi menu makanan.
  • Foto menu item (harus di upload ke dalam google drive di email terdaftar) dengan ketentuan kurang dari 300kb, ukuran 720 x 720 px rasio 1 : 1 (kotak).

Formulir Perubahan Menu Shopee Food

Formulir Perubahan Menu Shopee Food

Melakukan perubahan menu di dalam resto atau outlet Shopee Food punya beberapa ketentuan. Dimana ketentuan tersebut mengarah pada jumlah perubahan yang akan dilakukan.

Baca  √ Atribut Shopee Food Driver : Jenis, Biaya, Cara Dapat & Fungsi

Maksudnya, setiap MERCHANT SHOPEE FOOD hanya diberi kesempatan untuk melakukan perubahan maksimal 3 menu (dagangan) untuk 1 outlet dan lebih dari 3 menu untuk satu outlet atau lebih.

Download Formulir

Baik perubahan 3 menu atau lebih dari 3 menu, para pemilik resto wajib melampirkan lembar formulir perubahan sebagai salah satu syaratnya. Oleh karena itu untuk mempercepat proses menambah menu di Shopee Food, berikut sudah infojek.com siapkan formulir tersebut.

Download formulir perubahan menu di Shopee Food

Cara Isi Formulir

Setelah mendownload formulir untuk menambah menu di Shopee Food. Silahkan buka kemudian isi semua data yang diminta di dalam lembar excel tersebut. Untuk cara mengisinya, berikut sudah infojek.com rangkum secara rinci baik untuk penambahan maksimal 3 menu atau lebih dari 3 menu.

Pengisian Poin A (Perubahan Data Outlet)

Pengisian Poin A Perubahan Data Outlet

Saat membuka lembar microsoft excel diatas, nanti akan terlihat dua lembar poin yang harus di isi. Pertama ada poin A, yang mana pada lembar ini kalian harus mengisi nama outlet sesuai yang kalian daftarakan saat proses pendaftaran (wajib sama).

Pengisian Poin B (Menambah Menu)

Pengisian Poin B Perubahan Menu

Sedangkan untuk poin B ini adalah formulir perubahan menu, jadi bagi kalian yang ingin menambah menu di Shopee Food. Simak baik-baik cara mengisi formulirnya untuk tiap-tiap kolom namanya berikut ini.

  • Jenis Perubahan : isi dengan “Tambah/Menambah Menu”
  • Nama Item : Isi kolom warna biru dengan nama menu baru kalian.
  • Nama Kategori : Pada kolom berwarna biru isi dengan nama kategori menu baru tersebut.
  • Deskripsi Item : Isilah dengan deskripsi menu makanan/minuman.
  • Harga Akhir / Final Price Item : Masukan harga online yang sudah kalian naikan sesuai dengan ketentuan Shopee Food.
  • Foto Menu Item : Isi dengan menggunakan link Google Drive foto menu sesuai dengan nama menu yang kalian tambahkan.
  • Jenis Perubahan Addon : Isi dengan menu variasi seperti level kepedasan, atau minuman panas atau dingin.
Baca  12 Cara Menambah Menu di GoBiz Lewat Fitur POS & Menu 2021

Cara Menambah Menu di Shopee Food

Setelah melakukan pengisian formulir untuk menambah menu dengan mengikuti panduan diatas. Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan yakni mulai mengajukan perubahan data untuk menambah menu di Shopee Food dengan cara.

Buka Form Tambah Menu Shopee Food

Pertama silahkan buka browser pada PC atau HP kalian kemudian akses form untuk menambah menu di outlet merchant Shopee Food kalian lewat link berikut ini.

1 Buka Form Tambah Menu Shopee Fodd

Masukan Email & Nama Merchant

Jika sudah terbuka, pastikan akun Google yang digunakan sudah sesuai dengan yang terdaftar di merchant Shopee Food. Bila sudah lanjutkan dengan memasukan alamat email dan nama merchant kemudian tap berikutnya.

2 Masukan Email Nama Merchant

Pilih Tipe Pengajuan

Disini silahkan kalian pilih tipe pengajuan penambahan menu di Shopee Food. Untuk menambah menu pilih Perubahan Konten Shopee Food lalu tap berikutnya.

3 Pilih Tipe Pengajuan

Pilih Tipe Request

Nah pada halaman ini silahkan tentukan perubahan menu yang akan dilakukan, apakah untuk menambah 3 menu atau menambah lebih dari 3 menu. Jika sudah tap berikutnya.

4 Pilih Tipe Request

Masukan ID Merchant

Jika sudah skip bagian download formulir karena kalian sudah melakukannya diatas. Dihalaman ini kalian cukup masukan ID Merchant.

5 Masukan ID Merchant

Pilih Tipe Perubahan

Jika sudah memasukan ID Merchant, silahkan scroll ke bagian bawah lalu pilih tipe perubahan “Perubahan / Penambahan Menu, Deskripsi, Harga, Foto Menu”.

Pilih Tipe Perubahan

Upload Formulir

Langkah terakhir silahkan kalian unggah formulir excel yang sebelumnya telah kalian siapkan. Jika sudah tap berikutnya.

6 Upload Formulir

Isi Catatan Merchant

Pada bagian isi catatan merchant, silahkan tuliskan detail permintaan atau permohonan penambahan menu kemudian tap berikutnya.

7 Tuliskan Detail Permintaan

Konfirmasi Merchant

Silahkan lakukan konfirmasi untuk menambah data dengan memilih Ya pada halaman konfirmasi merchant, jika sudah tap berikutnya.

Baca  9 Cara Atur Jam Operasional Shopee Food Merchant 2021 : Buka & Tutup

8 Konfirmasi

Klik Kirim

Langkah terakhir silahkan klik tombol kirim pada bagian yang telah disediakan untuk proses pengajuan.

9 Klik Tombol Kirim

Sampai disini kalian akan diminta untuk bersabar, karena proses menambah menu di Shopee Food akan diproses setidak-tidaknya 5 – 7 hari kerja. Dengan pemberitahuan melalui email terdaftar di Shopee Food merchant.

Akhir Kata

Mungkin panduan infojek.com diatas akan membuat kalian para pemilik resto Shopee Food bisa mendapatkan gambaran mudah ketika ingin menambah menu.

Karena kami yakin banyak sekali mitra yang mencari-cari cara menambah menu di Shopee Food mengingat layanan satu ini baru di tanah air. Jadi semoga bisa membantu dan bermanfaat.