Penjelasan Batas Pesanan COD Shopee Lengkap 2022

Batas Pesanan COD Shopee – Memberikan kesempatan bagi setiap pengguna untuk bisa mendapatkan pengalaman yang lebih saat belanja. Kita semua tahu bahwa saat ini Shopee memberikan banyak opsi untuk pengiriman barang yang dibeli oleh pelanggan.

Selain menyediakan banyak fasilitas jasa pengiriman mulai dari harga murah hingga mahal dengan estimasi pengiriman cepat. Shopee juga memberikan kita kesempatan untuk bisa melakukan pembelian barang kebutuhan maupun hobi dengan menggunakan sistem COD.

Sistem COD alias Cash On Delivery adalah mekanisme pembelian barang yang dilakukan oleh pelanggan dengan sistem pembayaran cash yang diberikan kepada kurir pengiriman barang yang digunakan. Metode pembayaran ini bahkan saat ini sudah bisa dinikmati di hampir semua ecommerce.

Pun begitu hampir setiap perusahaan ecommerce seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak bahkan Shopee tentu memiliki kebijakan dalam hal penggunaan metode pembayaran ini. Termasuk Shopee yang memberikan kebijakan terkait batas pesanan COD Shopee.

Batas Pesanan COD Shopee

Hanya saja, tidak sedikit pengguna yang masih belum tahu berapa batas pesanan COD di Shopee. Tidak heran apabila banyak hal-hal tidak diinginkan terjadi. Oleh karena itu, buat para pengguna Shopee, berikut ini adalah penjelasan batas maksimal pesanan COD Shopee perlu kalian pahami.

Apa Itu Batas Pesanan COD?

Memahami berapa batas pesanan yang diperbolehkan Shopee kepada setiap pelanggan sepertinya sudah menjadi hal yang patut untuk bisa kita ketahui. Hal ini seperti apa yang sudah infojek.com sampaikan di atas, tentunya untuk bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tak di inginkan.

Karena bila kita berkaca dari beberapa kasus yang ada, tidak sedikit masyarakat yang “buta” informasi terkait mekanisme pembayaran Shopee COD justru memberi statement kurang pantas kepada kurir pengiriman.

Maka dari itulah sebelum kita berikan penjelasan lengkap tentang batas pesanan COD Shopee, tidak ada salahnya apabila kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan batas pesanan COD tersebut.

Singkatnya seperti yang sudah kami singgung di atas, batas pesanan COD merupakan sebuah kebijakan yang diberikan oleh masing-masing perusahaan e-Commerce untuk pembelian yang dilakukan dengan sistem COD. Yang dimana dalam hal ini, batas pesanan COD bisa beruba:

  • Batas pembelian menggunakan sistem COD dalam satu hari.
  • Batas minimal transaksi yang diperbolehkan dengan COD.
  • Atau batas maksimal / maksimum nominal transaksi yang diperbolehkan dengan mekanisme COD.

Dengan mengetahui apa itu batas pesanan COD seperti di atas, setidaknya hal ini dapat membuat kita sebagai pengguna bisa terhindar dari sanksi atau perlakuan yang tidak semena-mena kepada para kurir pengantaran yang memang sudah bertugas sesuai dengan SOP yang dimiliki perusahaan.

Berapa Batas Pesanan COD Shopee?

Jadi seperti itulah yang dimaksud dengan batas pesanan COD. Lantas yang jadi pertanyaannya berapa sih batas pesanan COD Shopee itu? Buat yang masih belum tahu dan belum paham terkait masalah ini padahal sudah cukup sering belanja di Shopee dengan menggunakan sistem COD.

Atau bahkan para pelanggan yang baru ingin menggunakan mekanisme COD saat belanja di Shopee. Kami rasa mengetahui batas minimal / minimum serta maksimal / maksimum yang diperbolehkan di Shopee berikut menjadi hal yang patut untuk dipahami.

Maka dari itu tanpa panjang lebar lagi, dengan mengacu pada halaman pusat bantuan Shopee. Berikut ini adalah batas minimum dan maksimum pembelian barang di Shopee dengan menggunakan sistem atau mekanisme COD (Cash On Delivery).

Batas Minimum

Saat kalian ingin menggunakan sistem COD untuk melakukan pembelian barang di marketplace satu ini. Shopee bisa dibilang tidak memberikan batas minimal / minimum pembelian yang harus dilakukan. Jadi baik itu kalian beli barang dengan harga Rp 50ribu atau bahkan Rp3 juta.

Kalian tetap bisa memilih menggunakan sistem COD dengan menggunakan jasa pengiriman COD yang sudah didukung oleh pihak Shopee seperti J&T, Shopee Express atau ID Express dan Anteraja.

Batas Maksimum

Sementara bila di atas kami katakan bahwa Shopee tidak memberikan batas minimum pesanan Shopee COD. Tidak dengan batas maksimal pemesanan yang bisa dilakukan oleh para pelanggan. Yang dimana masih mengacu pada halaman sama.

Shopee memberikan batas pesanan Shopee COD dengan maksimal senilai Rp5.000.000. Jadi bila barang yang dibeli masih berada di bawah batas tersebut, kalian masih bisa menggunakan sistem COD. Namun jika sudah lebih dari Rp5 juta, maka sistem COD tidak akan tampil dan dipilih.

Ketentuan Saat Menggunakan COD Shopee

Jadi seperti itulah kiranya penjelasan yang dapat kami rangkum terkait batas pesanan Shopee COD yang bisa kalian pahami. Selanjutnya dalam program COD ini Shopee juga memberikan ketentuan yang harus diperhatikan setiap pengguna ketika melakukan pesanan menggunakan sistem COD.

Dimana dari acuan halaman pusat bantuan Shopee di atas, setidaknya ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan saat menggunakan sistem COD Shopee, diantaranya seperti:

  • Memastikan bahwa penulisan alamat pengiriman sudah tertulis dengan jelas dan benar untuk memastikan para kurir pengiriman bisa menemukan lokasi alamat dengan mudah.
  • Memastikan juga bahwa alamat pengiriman tertulis sudah masuk dalam jangkauan jasa kirim yang mendukung metode pembayaran bayar di tempat / COD.
  • Penggunaan metode pembayaran COD hanya dapat kalian gunakan di toko penjual yang sudah mengaktifkan metode pembayaran tersebut.

Kemudian untuk jasa kirim yang saat ini sudah bisa digunakan / dipilih untuk metode pembayaran COD Shopee antara lain seperti:

  • J&T Express
  • J&T Economy
  • Shopee Xpress Standard
  • Shopee Xpress Hemat
  • Standar Ekspres (pengiriman dari luar negeri)
  • ID Express
  • Anteraja Reguler
  • Anteraja Economy

Sanksi Pembatalan / Penolakan COD Shopee

Selain dua hal penting di atas, ketika memilih menggunakan sistem bayar di tempat saat melakukan pembelian barang di Shopee. Setidaknya ada juga hal yang perlu diperhatikan sebagai bentuk sanksi apabila kalian melakukan kesalahan seperti,

  • Membatalkan pesanan COD saat kurir sedang mengirim barang ke alamat tujuan.
  • Menolak pesanan COD sebanyak 2 kali dalam 60 hari terakhir.

Maka ketika hal-hal tersebut kalian hiraukan, maka secara otomatis metode pembayaran COD / bayar di tempat Shopee tidak dapat lagi kalian gunakan selama 60 hari kedepan terhitung dari tanggal pembatalan pesanan kedua yang dilakukan.

Namun hal ini tidak perlu kalian khawatirkan karena Shopee masih memberikan kebijakan bahwa kalian masih tetap bisa menggunakan metode COD lagi setelah 60 hari terhitung dari tanggal metode pembayaran COD kalian dinonaktifkan.

Akhir Kata

Seperti itulah penjelasan singkat tentang apa itu batas pesanan COD dan detail batas pesanan COD Shopee dari batas minimal hingga batas maksimal beserta info sanksi serta ketentuan penggunaan metode bayar di tempat (COD) Shopee yang dapat infojek.com sampaikan.

Sumber Gambar: infojek.com, google.com