Paket JNE Tidak Bergerak, Contoh, Penyebab & Solusi

Paket JNE Tidak Bergerak – Menjadi salah satu negara berkembang, banyak sektor bisnis yang mulai berkembang pesat, salah satunya adalah bisnis pengiriman. Bahkan sampai dengan saat ini di Indonesia memiliki cukup banyak pilihan jasa pengiriman barang bisa di andalkan.

Salah satu dari sekian banyaknya ekspedisi yang bisa menjadi andalah JNE. Mendengar nama pengiriman yang satu ini kami yakin sebagian besar masyarakat Indonesia paham dan tahu. Menjadi jasa pengiriman terbaik JNE selalu memberikan pengalaman unggul bagi pelanggan.

Walaupun tercatat menjadi salah satu pengiriman terbaik di Indonesia, akan tetapi JNE juga tidak lepas dari beberapa masalah kecil yang mungkin membuat para pelanggan merasa kecewa dengan pelayanan yang di berikan.

Termasuk ketika paket lama sampai atau bahkan resi pengiriman JNE tidak bergerak. Kendala seperti ini memang sudah banyak dilaporkan oleh pelanggan kepada pihak JNE baik secara langsung maupun tertulis di surat elektronik & media konsumen.

Paket JNE Tidak Bergerak

Nah buat kalian yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah serupa, tentu penasaran dengan apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, seperti tertulis pada judul di atas, berikut akan kami sampaikan penjelasan lengkapnya.

Contoh Resi Pengiriman JNE Tidak Bergerak

Status resi JNE tidak bergerak memang menjadikan banyak pengguna merasa cemas, namun garis besarnya ketika kalian mengalami / menemukan masalah / kasus serupa. Sebenarnya hal ini tidak perlu untuk di cemaskan.

Mengingat paket JNE tidak bergerak saat dilihat dari tracking resi sendiri bukan merupakan hal yang besar. Mengingat hal ini bisa terjadi karena kendala teknis dalam pengiriman / kurangnya kurir pengantaran. Namun paket tetap akan sampai dengan selamat di tujuan.

Dan sebelum kita bahas apa saja kiranya penyebab serta bagaimana cara mengatasi masalah status resi paket JNE tidak bergerak. Mungkin tak ada salahnya apabila kita berikan contoh kasus tersebut, sehingga pemahaman tentang masalah ini bisa kalian ketahui dengan jelas.

Baca  Jam Update Resi JNE & Lacak Paket Tidak Bergerak

Pada contoh ini, ada paket yang dikirim menggunakan JNE dari Jakarta menuju ke Balikpapan. Dimana penerima & pengirim melaporkan bahwa status resi barang mereka tidak bergerak dari tanggal 17 Oktober – 22 Oktober atau setidaknya sudah 4 hari lamanya.

  • Delivery Time
    14-10-2021 21:55

    SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [JAKARTA]
  • 15-10-2021 01:29
    RECEIVED AT SORTING CENTER [JAKARTA]
  • 15-10-2021 03:12
    PROCESSED AT SORTING CENTER [JAKARTA,PASAR MINGGU(OUTBOUND)]
  • 15-10-2021 07:45
    DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY , JAKARTA]
  • 15-10-2021 12:41
    RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY [GATEWAY JAKARTA]
  • 17-10-2021 18:16
    DEPARTED FROM TRANSIT [SUB GATEWAY,SGD]
  • 22-10-2021 12:56
    RECEIVED AT WAREHOUSE [BPN, JTR INBOUND]
  • 22-10-2021 13:12
    SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION [BPN, KP MT HARYONO OPRASIONAL]
  • 22-10-2021 13:57
    RECEIVED AT INBOUND STATION [BPN, KP MT HARYONO OPRASIONAL]
  • 23-10-2021 06:16
    WITH DELIVERY COURIER [BALIKPAPAN, JENDRAL SUDIRMAN]
  • 23-10-2021 09:47
    DELIVERED TO [r****| 23-10-2021 09:47 | BALIKPAPAN ]

Meski dari contoh kasus di atas paket sudah sampai dengan selamat di alamat tujuan, akan tetapi pada tanggal 17 – 22 Oktober tersebut paket sama sekali tidak bergerak. Dan hal tersebut bisa terjadi karena banyak hal, termasuk karena masih dalam proses perjalanan.

Penyebab Kenapa Paket JNE Tidak Bergerak

Setelah melihat salah satu contoh simple tentang resi pengiriman JNE tidak bergerak seperti di atas kami sampaikan. Lantas apa sih yang menyebabkan status resi JNE tidak bergerak?. Bicara tentang masalah penyebab.

Sebenarnya masalah ini mungkin tidak jauh berbeda dengan penyebab paket Shopee Express tidak bergerak yang sebelumnya sudah kami sampaikan. Dimana beberapa diantara penyebab tersebut antara lain seperti:

1. Paket Masih dalam Perjalanan

Hal pertama yang mungkin menyebabkan paket terlihat tidak bergerak di laporan resi JNE tidak bergerak mungkin karena memang paket masih dalam perjalanan. Dimana ketika paket masih dalam perjalanan menuju ke alamat.

Biasanya hal ini akan membuat status paket tidak akan dirubah sebelum sampai ke lokasi / gudang transit selanjutnya. Dan bila hal ini terjadi lebih dari 2 – 3 hari. Biasanya karena masalah jarak pengiriman yang memang jauh.

Baca  √ Alamat Kantor JNE Manokwari Papua : Nomor Telepon & Jam Buka

Namun kalian tidak perlu merasa khawatir, karena setelah paket sampai di gudang transit selanjutnya. Maka status di history resi akan muncul dan keluar sesuai dengan lokasi paket itu berada.

2. Keterlambatan Update Resi

Kemudian hal lain yang menyebabkan masalah paket JNE terlihat tidak bergerak ketika kita cek resi yakni karena adanya masalah pada input status resi yang dilakukan oleh admin pihak JNE setempat.

Hal ini memang kerap sekali terjadi, apalagi ketika sedang ada banyak paket JNE yang dikirim. Biasanya resi akan di update setelah paket keluar dari gudang untuk proses pengiriman selanjutnya. Namun umumnya jam update resi JNE berlangsung pada malam hari.

3. Paket Harus Transit di Kota Lain

Status paket JNE yang tidak bergerak mungkin bisa juga terjadi lantaran jarak tempuh yang di lalui paket untuk sampai ke alamat tujuan jauh. Semisal antar provinsi atau antar pulau. Karena bila kita melihat alur pengiriman JNE.

Maka proses ini biasanya akan membutuhkan waktu yang lama karena harus mengumpulkan terlebih dahulu paket dengan tujuan (kota/kabupaten) yang sama serta harus transit terlebih dahulu di gudang kota lain untuk kemudian di kirim ke alamat tujuan.

4. Alamat Sulit Ditemukan

Nah penyebab lain masalah paket JNE tidak bergerak yakni karena mungkin pihak JNE sekitar sama sekali tidak menemukan alamat kalian dengan benar. Sehingga proses pengiriman tertahan dan paket berada di agen JNE sekitar.

Apabila hal ini terjadi, maka biasanya admin JNE setempat tidak akan melakukan update resi sebelum ada kejelasan dari pihak pengirim / penerima. Atau untuk memastikannya kalian dapat mengecek paket langsung di kantor agen JNE setempat.

5. Kendala Teknis dalam Pengiriman

Selain hal-hal kecil di atas, nyatanya masalah sepele terkait proses pengiriman yang mengalami kendala teknis sendiri bisa menjadi penyebab utama paket JNE tidak bergerak. Adapun beberapa kendala teknis yang bisa saja terjadi seperti:

  • Kendaraan pengiriman paket mengalami masalah pada mesin / komponen lain sehingga harus terhenti.
  • Bencana alam seperti hujan lebat, banjir, tanah longsor atau lain sebagainya.
  • Trafik lalu lintas padat merayap dan macet.
Baca  Jam Kerja Kurir JNE 2022 : Yes, Reguler, OKE & Super Speed

Solusi Mengatasi Paket JNE Tidak Bergerak

Itulah beberapa masalah yang seringkali timbul dan menyebabkan paket JNE terlihat tidak bergerak di status resi. Namun seperti kami sampaikan di ats, kalian tidak perlu merasa khawatir terkait masalah ini.

Karena meskipun barang sampai tidak sesuai dengan estimasi pengiriman JNE namun paket tetap akan sampai ke rumah dengan selamat aman dan tentunya terjamin. Namun jika memang kalian merasa khwatir terkait paket JNE tersbut.

Mungkin berikut ini adalah beberapa tips tentang solusi cara mengatasi paket JNE tidak bergerak yang dapat kalian lakukan.

  1. Pertama silahkan coba cek resi secara berkala tentunya sesuai dengan jam operasi kantor JNE antar pukul 08:00 – 21:00.
  2. Kemudian coba hubungi pihak penjual / pengirim dan tanyakan apakah penulisan alamat sudah sesuai / belum.
  3. Kunjungi gerai JNE terdekat untuk memastikan paket sudah sampai di kantor tersebut atau belum.
  4. Pahami waktu estimasi pengiriman JNE sesuai dengan layanan yang dimiliki.
    • JNE OKE: 2-3 hari
    • JNE REG: 1 – 2 hari
    • JNE YES: Sehari
  5. Cara lain yang dapat kalian gunakan yakni dengan melakukan komplain ke JNE terkait pengiriman yang tidak sesuai dengan estimasi waktu pengiriman.
  6. Hubungi cell center JNE di (021)29278888 untuk mendapatkan penjelasan terkait resi paket JNE tidak bergerak milik kalian.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat kami sampaikan terkait masalah paket JNE tidak bergerak. Kami harap dengan adanya penjelasan singkat tersebut kalian yang saat ini sedang mengalaminya tidak perlu lagi merasa khawatir dan cemas.

Karena bagaimanapun juga nantinya paket akan sampai dengan selamat, aman dan terjamin. Kira-kira begitulah penyebab dan juga solusi cara mengatasi paket JNE tidak bergerak. Semoga apa yang infojek.com sampaikan bisa bermanfaat.

Sumber Gambar: infojek.com, wigatos.com