3 Cara Komplain Shipment Problem JNE & Penjelasannya!

Shipment Problem JNE – Untuk memudahkan konsumen dalam memantau perjalanan paket mereka. JNE Express memberikan kemudahan dengan menyediakan fasilitas cek resi online di website maupun di aplikasi JNE yang bisa di download gratis di play store atau app store.

Melalui fasilitas tersebut konsumen tak hanya tahu dimana lokasi paket mereka. Tetapi juga dapat mengetahui status pengiriman secara detail dan lengkap. Oleh karena itulah buat kalian yang sering menggunakan JNE untuk pengiriman, pastikan tahu arti status pengiriman JNE.

Nah terkait masalah proses pengiriman JNE, mungkin seringkali saat proses cek resi kalian akan melihat status bertuliskan Shipment Problem JNE. Yang dimana disaat status tersebut muncul dalam history tracking resi, kemungkinan besar paket akan datang terlambat.

Walaupun begitu, kalian tidak perlu merasa khawatir karena pada dasarnya status Shipment Problem adalah hal yang wajar dalam proses pengiriman. Namun kalian yang mungkin justru merasa khawatir akan paket yang sedang kalian tunggu / kirim.

Shipment Problem JNE

Maka komplain masalah Shipmen Problem JNE bisa dilakukan dengan beberapa cara. Untuk itulah sesuai judul di atas, kali ini infojek akan menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara komplain, pengertian, serta contoh kasus Shipment Problem JNE.

Apa Itu Shipment Problem JNE?

Sesuai namanya, Shipment Problem merupakan kendala / kasus yang terjadi pada saat proses pengiriman barang dengan menggunakan ekspedisi JNE. Masalah ini bisa terjadi di berbagai kondisi baik itu pada saat proses sortir di gudang / saat perjalanan dari gudang pusat ke gudang transit JNE.

Baca  Incomplete Consignee Address JNE Artinya Apa? Penyebab & Solusi

Bahkan bila melihat status Shipment Problem Tokopedia dengan menggunakan pengiriman JNE pun arti dari masalah tersebut tidaklah berbeda. Yakni sedang terjadi kendala dalam proses pengiriman yang sedang dilakukan.

Contoh Kasus Shipment Problem JNE

Dari penjelasan tersebut mungkin sebenarnya sudah bisa kita simpulkan bahwa kasus ini memang bukanlah menjadi masalah yang perlu di khawatirkan. Namun kami tahu tentu kalian yang saat ini sedang mengalami masalah tersebut bertanya-tanya.

Terutama tentang apa saja kasus yang membuat status pengiriman tertulis Shipment Problem. Maka dari itu sebelum kita bahas apa saja hal yang menyebabkan masalah ini terjadi, berikut adalah beberapa contoh kasus yang memungkinkan status Shipment Problem muncul di tracking resi.

  • Paket mengalami kerusakan.
  • Paket terkendala karena hilang.
  • Pengiriman terlambat karena alamat tidak sesuai.
  • Kemudian status barang sampai / delivered tetapi barang belum sampai.

Nah itulah kiranya beberapa hal yang mungkin akan bisa menjadikan status Shipment Problem JNE muncul di halaman cek resi JNE. Atau mungkin bisa saja ada masalah lain yang saat ini belum kami pahami.

Penyebab Shipment Problem JNE

Kemudian merangkum dari semua penjelasan di atas, tentunya setelah memahami arti Shipment Problem JNE serta beberapa contoh kasusnya. Lantas apa sih yang menjadi penyebab utama status ini muncul di halaman tracking resi JNE?.

Terkait masalah penyebab, sebenarnya hal ini bisa saja terjadi karena berbagai macam hal yang memang sama sekali tidak memungkinkan proses pengiriman cepat selesai sesuai dengan estimasi pengiriman JNE. Namun buat kalian yang merasa penasaran.

Berikut ini sudah infojek.com kumpulkan beberapa referensi yang ternyata bisa menjadi penyebab utama terjadinya masalah ini.

  1. Fasilitas Logistik Overload
    Hal pertama mungkin menjadikan status Shipmen Problem muncul yakni karena masalah pengiriman yang sedang begitu banyak / istilah bekennya sedang mengalami overload.
  2. Barang Hilang atau Rusak
    Selanjutnya seperti apa sudah kami sampaikan di atas, Shipment Problem JNE juga bisa terjadi karena barang kiriman yang sedang kita tunggu / kirim mengalami kerusakan atau lebih parahnya lagi karena paket rusak. Jika terjadi masalah ini kalian bisa langsung komplain ke pihak JNE.
  3. Kesalahan Input Resi
    Kesalahan input resi merupakan salah satu hal paling sering / paling umum terjadi pada proses pengiriman barang di berbagai macam ekspedisi, termasuk JNE. Dimana kesalahan input resi ini akan mengakibatkan status Shipment Problem terlihat.
  4. Alamat Pengiriman Salah
    Dan kemudian, masalah lain yang terkadang menyebabkan status Shipment Problem muncul pada hasil tracking resi yakni karena penulisan alamat pengiriman salah. Sehingga tidak mudah bagi kurir melakukan pengiriman. Dalam hal ini juga bisa disebut Incomplete Consignee Address JNE.
Baca  Jam Update Resi JNE & Lacak Paket Tidak Bergerak

Itulah mungkin beberapa penyebab utama yang membuat Shipment Problem JNE terjadi pada proses pengiriman paket menggunakan ekspedisi satu ini.

Syarat Komplain Shipment Problem JNE

Untuk dapat mengatasi masalah ini sebenarnya kalian cukup lakukan komplain ke pihak JNE langsung. Namun untuk melakukan hal tersebut pastikan pula kalian sudah melengkapi beberapa persyaratan di bawah ini.

  • Mempersiapkan KTP.
  • Detail alamat penerima dan pengirim.
  • Alamat pengiriman.
  • Serta nomor resi pengiriman JNE.

Cara Komplain Shipment Problem JNE

Dan jika saat berada disini kalian sedang mengalami masalah sama, maka satu-satunya cara yang membuat perasaan kalian bisa lebih tenang yakni dengan melakukan komplain ke pihak JNE. Namun seperti apa cara komplain Shipmen Problem JNE itu?

1. Hubungi Call Center JNE

Cara pertama dapat digunakan untuk melakukan komplain masalah Shipment Problem yakni dengan melakukan panggilan ke pihak CS melalui hotline / call center sudah disediakan. Baik itu menggunakan layanan telepon / email.

  •  021-29278888
  •  customercare@jne.co.id

2. Gunakan Layanan Ask Joni

Kita semua tahu bahwa JNE juga punya fasilitas Ask Joni. Dimana fasilitas ini memungkinkan kita bisa mengirim pesan baik itu saran, kritik maupun komplain terkait masalah pengiriman dan layanan JNE.

Jadi bila cara di atas di anggap kurang tanggap, mungkin memanfaatkan layanan Ask Joni bisa menjadi solusi. Adapun cara komplain Shipment Problem JNE lewat Ask Joni bisa dilakukan dengan:

  • Kunjungi halaman Ask Joni di browser PC / HP.
  • Isi data diri dari nama, email & nomor HP.
  • Di bagian subject silahkan pilih Customer Service.
  • Lalu tuliskan komplain ingin disampaikan pada bagian Pesan.
  • Terakhir silahkan Kirim dan tunggu balasan dari pihak JNE.

3. Kunjungi Kantor JNE Terdekat

Cara komplain Shipment Problem JNE terakhir dapat kalian lakukan yakni dengan mengunjungi kantor JNE terdekat baik itu kantor pusat, agen / cabang. Dengan begitu kalian akan dapat langsung meminta bantuan kepada petugas untuk melakukan pelacakan pada paket tersebut.

Baca  Pengiriman Kargo JNE Trucking : Tarif, Ketentuan & Keunggulan

Akhir Kata

Jadi demikian kiranya penjelasan tentang Shipment Problem JNE mulai dari pengertian / arti, penyebab, contoh kasus dan juga cara komplain dapat infojek.com sampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan tersebut kalian yang saat ini sedang mengalaminya bisa lebih mudah menenangkan diri.

Sumber Gambar: google.com, infojek.com