√ Lupa Pin GoPay Tokopedia? Kendala & Cara Mengatasi

Lupa Pin GoPay Tokopedia – Sejak menjadi bagian dari Tokopedia, ada banyak program yang ditawarkan Gojek kepada para pelanggan mereka. Salah satunya memasukkan GoPay yang merupakan dompet digital mereka sebagai salah satu metode pembayaran di aplikasi Tokopedia.

Hadirnya GoPay di Tokopedia jelas membuat kita sebagai pelanggan dapat dengan mudah melakukan berbagai macam transaksi pembelian, pembayaran dan juga lain sebagainya. Untuk dapat menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran pelanggan wajib mengaktifkan GoPay di Tokopedia terlebih dahulu.

Dalam proses mengaktifkan GoPay di Tokopedia tersebut, setidaknya para pelanggan harus memasukkan PIN GoPay sebagai PIN Transaksi. Dengan begitu keamanan saldo dan data yang ada pada aplikasi Tokopedia tidak akan mudah di salah gunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Namun disisi lain, dengan adanya PIN Transaksi / PIN GoPay di Tokopedia tersebut, tidak jarang para pengguna yang justru sering lupa. Sehingga proses pembayaran Tokopedia dengan menggunakan GoPay tidak bisa dilakukan.

Lupa Pin GoPay Tokopedia

Satu-satunya cara yang dapat kalian lakukan yaitu mengatasi lupa pin GoPay Tokopedia tersebut agar kembali bisa digunakan. Lantas bagaimana cara mengatasi lupa PIN transaksi GoPay di Tokopedia dan apa saja kendala yang dihadapi ketika kita lupa pin GoPay di aplikasi Tokopedia?.

Fungsi Pin GoPay Tokopedia

Sebagaimana kami sebutkan di atas, keberadaan GoPay di Tokopedia memang menjadi daya tarik tersendiri. Mengingat saat ini pengguna aktif GoPay sudah begitu banyak. Tidak heran apabila kehadiran GoPay di Tokopedia mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat sekitar.

Baca  9 Cara Pesan Go Clean Terbaru dan Terlengkap

Namun lagi-lagi untuk menjaga keamanan data setiap pelanggan, ketika proses aktivasi GoPay di Tokopedia. Setiap pengguna harus memasukkan PIN GoPay yang berupa 6 digit Angka Acak. Tujuan atau fungsi utamanya yaitu agar setiap kali melakukan transaksi menggunakan GoPay sebagai metode pembayarannya.

Sistem akan secara otomatis meminta verifikasi penggunaan saldo. Dengan begitu setidaknya pengguna yang memiliki PIN GoPay Tokopedia lah yang akan dapat menggunakan saldo tersebut. Selain itu, fungsi lain PIN GoPay di Tokopedia yaitu untuk menjaga kerahasiaan data-data di dalam akun Gojek kita.

Kendala Lupa Pin GoPay Tokopedia

Mengalami masalah lupa pin GoPay Tokopedia mungkin tidak hanya dialami satu atau dua orang saja. Mengingat informasi rahasia tersebut hanya bisa di berikan kepada orang-orang terdekat semata. Yang jadi pertanyaan, apa sih kendala yang sudah pasti di alami ketika lupa pin GoPay Tokopedia?.

  • Para pelanggan Tokopedia tidak bisa menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran sebelum kalian mengubah pin GoPay tersebut.
  • Bukan hanya tidak bisa mengunakan GoPay di Tokopedia semata, sistem PIN GoPay yang terintegrasi langsung ke aplikasi Gojek juga membuat kalian tidak bisa menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran di Gojek.

Itulah beberapa hal yang mungkin akan kalian dapat ketika PIN GoPay yang dimiliki salah atau lupa. Yang jelas selama PIN masih belum di perbaiki, selama itu juga kalian tidak akan bisa mengutak-atik saldo GoPay baik di aplikasi Tokopedia maupun langsung dari aplikasi Gojek.

Cara Mengatasi Lupa Pin GoPay Tokopedia

Lantas ketika kita mengalami masalah tersebut, apa yang harus kita lakukan untuk dapat mengatasinya?. Yang jelas ketika kalian lupa pin GoPay di aplikasi Tokopedia. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu segera melakukan reset PIN GoPay langsung dari aplikasi Gojek.

Baca  12 Cara Beli Token Listrik di Gojek Pakai GoPay & Biaya Admin

Dan cara ini sendiri tidaklah jauh berbeda dengan cara ganti PIN GoPay yang sebelumnya sudah pernah kami sampaikan. Perbedaannya hanya terletak pada proses otorisasinya saja. Dimana jika kalian mengganti PIN maka kalian masih mengingat PIN lama.

Sementara ketika kalian lupa maka proses otorisasi akan dilakukan dengan meminta kode OTP pada pihak Gojek sebagai bukti kepemilikan akun. Jadi buat kalian yang saat ini sedang mengalami masalah tersebut, silahkan simak panduan cara mengatasi lupa PIN GoPay Tokopedia di bawah ini.

1. Buka Aplikasi Gojek

Buka Aplikasi Gojek

Langkah pertama harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi & akun Gojek yang terintegrasi langsung ke aplikasi Tokopedia masing-masing. Dan pastikan disini kalian sudah menggunakan versi aplikasi Gojek terbaru.

2. Pilih Menu Eksplor

Pilih Menu Eksplor

Jika sudah, lanjutkan dengan memilih menu Eksplor pada halaman depan seperti kami tunjuk untuk dapat masuk ke menu pengaturan GoPay.

3. Pilih Pengaturan

Pilih Pengaturan

Jika sudah, di halaman eksplor akan ada banyak pilihan menu yang bisa dipilih, namun untuk mengatasi PIN GoPay Tokopedia salah terus, silahkan klik bagian pengaturan.

4. Pilih Lupa PIN

Pilih Lupa PIN

Sesampainya pada halaman pengaturan akun GoPay, silahkan klik bagian Lupa PIN seperti pada gambar di atas kami tunjuk.

5. Masukkan PIN Baru

Masukkan PIN Baru

Disini kalian akan diminta untuk memasukkan kembali 6 digit PIN baru yang akan digunakan sebagai kode keamanan saat akan melakukan transaksi di Tokopedia maupun di aplikasi Gojek langsung.

6. Masukkan Ulang PIN Baru

Masukkan Ulang PIN Baru

Setelah memasukkan 6 digit PIN Baru, kalian akan diminta kembali memasukkan PIN tersebut. Silahkan ketikan 6 digit pin baru yang telah dibuat pada langkah di atas dan pastikan sama yah.

7. Masukkan Kode OTP

Masukkan Kode OTP

Secara otomatis, aplikasi Gojek akan langsung mengirimkan kode OTP yang berupa 6 digit angka acak melalui SMS ke nomor HP terdaftar di aplikasi Gojek. Maka dari itu pastikan nomor HP yang terdaftar masih aktif dan dapat dihubungi. Jika sudah menerima kode tersebut masukkan dengan benar.

Baca  7 Cara Jualan di Gojek : Syarat, Untung & Tips Omset Melimpah

8. Selesai

Selesai

Apabila kode OTP yang dimasukkan sudah benar, secara otomatis aplikasi Gojek akan memproses perubahan PIN lama ke PIN baru sehingga kalian dapat menggunakan kembali saldo GoPay untuk bertransaksi di Tokopedia atuapun Gojek.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan tentang kendala & cara mengatasi lupa PIN GoPay Tokopedia yang dapat kalian ikuti dan lakukan ketika memang sedang mengalaminya. Jadi poin penting yang harus kalian catat ketika lupa pin GoPay Tokopedia yaitu memastikan nomor HP terdaftar masih aktif dan bisa dihubungi.

Sekian dan semoga pembahasan yang kali ini infojek.com rangkum dan sampaikan bisa menjadi referensi menarik serta bisa membantu.