14 Cara Pesan Tiket Kereta Api di KAI Access Online Lewat HP 2022

Cara Pesan Tiket Kereta Api di KAI Access – Bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api, baik itu perjalanan untuk tour kerjaan, mudik lebaran atau liburan. Memasuki era modern seperti sekarang ini kita dimudahkan dengan adanya metode pembelian tiket secara online.

Karena PT KAI telah menyediakan aplikasi KAI Access ataupun situs booking tiket melalui browser. Menariknya lagi ketika menggunakan aplikasi KAI Access setidaknya kita tidak hanya bisa melakukan pemesanan tiket semata.

Melainkan juga dapat melihat jadwal perjalanan, membatalkan pemesanan tiket, perubahan jadwal keberangkatan, cek ketersediaan kereta api serta pemesanan makanan. Bahkan setiap calon penumpang juga bisa menentukan kereta sesuai kebutuhan mulai dari kereta antar kota, lokal / kereta bandara.

Dengan begitu ketika jadwal keberangkatan sudah kalian tentukan datang, maka kalian cukup melakukan pencetakan tiket kereta api melalui mesin yang disediakan pada pusat-pusat stasiun. Meski mudah, namun tidak semua orang tahu bagaimana cara pesan tiket Kereta Api di KAI Access.

Cara Pesan Tiket Kereta Api di KAI Access

Oleh sebab itu buat kalian yang sedang mencari info tentang harga tiket kereta api lebaran atau sekedar ingin pesan tiket untuk perjalanan liburan. Berikut ini akan infojek.com rangkum dan sampaikan tutorial tentang cara memesan tiket perjalanan kereta api melalui aplikasi KAI Access.

Syarat Pembelian Tiket di KAI Access

Untuk dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access setidaknya ada beberapa syarat & ketentuan harus dilengkapi setiap calon penumpang. Beberapa syarat tersebut meliputi:

  • Mendownload & menginstal aplikasi KAI Access versi terbaru sesuai tipe HP digunakan.
  • Kemudian membuat akun dan melengkapi beberapa data penting termasuk di antaranya
    • Nomor HP aktif & dapat dihubungi.
    • Alamat email aktif (untuk report pembelian tiket).
    • Nomor KTP atau NIK.

Jika tertarik dan ingin mencoba menggunakan aplikasi KAI Access untuk pesan tiket kereta api. Setidaknya pastikan lebih dulu punya akun KAI Access karena itu adalah satu-satunya syarat wajib untuk dapat melakukan pemesanan tiket kereta api secara online lewat KAI Access.

Jenis Layanan Kereta Api Tersedia

Untuk jenis layanan kereta api dapat kita pesan melalui aplikasi KAI Access sendiri cukup lengkap. Setidaknya ada tiga pilihan layanan kereta api dapat dipilih. Termasuk di antaranya.

  • Kereta Api Antar Kota : Melayani perjalanan pulang pergi dari satu kota ke kota lain di Indonesia.
  • Kereta Api Lokal : Hanya melayani pemesanan tiket perjalanan dari satu stasiun ke stasiun lain di dalam kota.
  • Kereta Api Bandara : Melayani pemesanan & pembelian tiket kereta api untuk perjalanan menuju bandara ketika ingin melakukan penerbangan domestik / internasional.

Cara Pesan Tiket Kereta Api di KAI Access

Setelah memiliki akun dan mengetahui jenis layanan kereta api bisa di pesan seperti kami jelaskan di atas. Maka kalian pun sudah bisa melakukan pemesanan tiket perjalanan kereta api dengan menggunakan aplikasi KAI Access.

Adapun bagi yang baru pertama kali ingin melakukan pemesanan tiket kereta api di KAI Accesss. Maka kami rasa tutorial cara pesan tiket kereta api di KAI Access untuk perjalanan liburan atau mudik lebaran di bawah ini bisa menjadi referensi menarik.

Dan tanpa panjang lebar lagi, mari kita simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

1. Buka Aplikasi KAI Acces

1 Buka Aplikasi KAI Acces

Setelah menginstal & membuat akun di KAI Access, silahkan buka aplikasi tersebut dan pastikan menggunakan koneksi internet lancar & stabil.

2. Pilih Jenis KAI

2 Pilih Jenis KAI

Jika sudah berada di halaman beranda seperti di atas, terlebih dahulu silahkan pilih jenis layanan kereta api yang ingin digunakan. Untuk contoh di atas kami pilih KA Antar Kota.

3. Pilih Stasiun Keberangkatan & Tujuan

3 Pilih Stasiun Keberangkatan Tujuan

Kemudian lanjutkan dengan memasukkan stasiun kota asal dan stasiun kota tujuan pada bagian kami beri tanda di atas.

4. Atur Tanggal Keberangkatan

4 Atur Tanggal Keberangkatan

Apabila sudah, lanjutkan dengan memilih tanggal keberangkatan pada bagian kami beri tanda.

Apabila ingin melakukan perjalanan pulang pergi aktifkan tombol pulang pergi dan atur tanggal kepulangan.

5. Pilih Kelas Kereta

5 Pilih Kelas Kereta

Kemudian cara pesan tiket kereta api di KAI Access berikutnya yakni memilih jenis kelas kereta api yang ingin digunakan baik itu

  • Eksekutif
  • Bisnis
  • Ekonomi

6. Klik Cari

6 Tap Tombol Cari

Dan jika sudah menentukan semua hal awal di atas, silahkan kalian tap tombol cari seperti kami tunjuk.

7. Pilih Kereta & Jam Keberangkatan

7 Pilih Kereta Jam Keberangkatan

Tampilan pun akan memperlihatkan tanggal serta pilihan jenis kereta api lengkap dengan jam keberangkatan, jam sampai & durasi perjalanan. Disini kalian bebas memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

8. Klik Pilih Kursi

8 Klik Pilih Kursi

Saat kalian sudah memilih kereta api akan digunakan, aplikasi pun akan langsung mengarahkan ke bagian detail penumpang yang akan terisi secara otomatis sesuai data pemilik akun saat pendaftaraan. Jadi langsung scroll ke bawah dan tap tombol pilih kursi.

Apabila ingin menambahkan penumpang tap tombol tambah penumpang dan masukkan detail info penumpang ingin kalian belikan tiket.

9. Tentukan Lokasi Kursi & Simpan

9 Tentukan Lokasi Kursi Simpan

Tentukan dimana letak atau lokasi kursi yang ingin kalian duduki, pada tahapan cara ini kalian akan melihat tiga warna yang berbeda dengan arti / maksud berbeda pula.

  • Orange : Kursi sudah dipesan orang lain
  • Abu-abu : Kursi masih kosong
  • Biru : Kursi dipilih

Apabila sudah memilih lokasi kursi, lanjutkan dengan tap menu Simpan.

10. Centang Syarat & Ketentuan

10 Centang Syarat Ketentuan

Maka tampilan akan mengarahkan kalian ke halaman pembayaran, disini silahkan centang syarat & ketentuan pesan tiket kereta api di KAI Access.

11. Klik Bayar Sekarang

11 Klik Bayar Sekarang

Setelah tercentang, lanjutkan dengan memilih menu Bayar Sekarang.

12. Pilih Metode Pembayaran

12 Pilih Metode Pembayaran

Silahkan pilih metode pembayaran yang kalian inginkan seperti pada gambar di atas. (detail metode pembayaran ada di bawah). Disini kami contohkan menggunakan transfer bank BNI.

13. Salin Kode Pembayaran

13 Salin Kode Pembayaran

Setelah memilih metode pembayaran dan melanjutkannya, maka kode pembayaran pun akan terlihat seperti di atas. Disini silahkan salin / screenshot kode bayar tersebut.

14. Lakukan Pembayaran Sesuai Instruksi

14 Lakukan Pembayaran Sesuai Instruksi

Langkah terakhir silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan sesuai metode pembayaran terpilih.

Metode Pembayaran Bisa Digunakan

Seperti itu kiranya langkah cara pesan tiket kereta api di KAI Access bisa kalian lakukan. Dari penjelasan singkat di atas bisa kita lihat bahwa PT KAI Persero memberikan banyak sekali pilihan metode bisa kalian gunakan.

Bahkan sudah bisa menggunakan beberapa dompet digital modern saat ini. Namun untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa pilihan metode pembayaran pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access.

  • Bank Transfer : ATM, Mobile Banking, Internet Banking
  • LinkAja
  • Gerai Retail : Indomaret / Alfamart
  • Payment Point
  • Instant Payment
  • Kartu Kredit / Debit Online
  • QRIS
  • Direct Debit

Keuntungan Pesan Tiket di KAI Access

Selain mudah, cara pesan tiket kereta api di KAI Access juga bisa dilakukan dimanapun kita berada karena memang lebih fleksibel mengingat dengan metode ini kita bisa melakukan pembelian secara online lewat HP.

Namun selain itu, ada beberapa keuntungan lain bisa kalian dapat ketika pesan tiket kereta api di KAI Access, termasuk di antaranya seperti:

  • Merupakan aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Persero
  • Harga lebih terjangkau karena pembayaran langsung ke PT KAI
  • User Interface aplikasi yang simple dan mudah dipahami
  • Tersedia banyak sekali pilihan metode pembayaran bisa digunakan
  • Bisa melakukan pembatalan pesanan tiket kereta api
  • Bisa merubah jadwal keberangkatan / kepulangan

Akhir Kata

Jadi ketika menginginkan melakukan perjalanan mudik lebaran atau liburan dan urusan pekerjaan dengan menggunakan kereta api. Kami rasa kalian harus punya aplikasi & akun KAI Access. Karena dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa dengan mudah pesan & beli tiket kereta api.

Dan kami rasa cukup sekian informasi dapat infojek.com rangkum dan sampaikan terkait cara pesan tiket kereta api di KAI Access dan semoga bisa membantu.