2 Cara Menjadi Agen Drop Point Shopee Express : Syarat, Komisi & Biaya

Cara Menjadi Agen Drop Point Shopee Express – Ekspansi bisnis jasa pengiriman barang semakin hari terus mengalami peningkatan pesat. Setidaknya membuat sebagian besar perusahaan ekspedisi terus meningkatkan mutu dan kualitas mereka dalam memberikan pengalaman baik bagi konsumen.

Dari begitu banyaknya perusahaan ekspedisi terbaik di Indonesia, satu nama mungkin belakangan ini terus menjadi pusat perhatian banyak masyarakat adalah Shopee Express. Merupakan layanan pengiriman paket & barang rintisan Shopee.

Sampai dengan saat ini telah banyak pengguna layanan jual beli Shopee yang menjadikannya sebagai andalan untuk pengiriman barang/paket ketika belanja di Shopee. Bukan hanya karena tergolong murah, tetapi juga memiliki estimasi waktu pengiriman bisa dikatakan cukup cepat.

Nah dengan semakin berkembang serta juga semakin banyaknya pengguna Shopee Express yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Tentunya buat kalian yang sedang mencari bisnis apa kiranya paling cocok dijalankan di masa seperti ini, kami rasa menjadi agen drop off point Shopee Express bisa jadi pilihan.

Cara Menjadi Agen Drop Point Shopee Express

Dengan menjadi mitra pengiriman Shopee Express, tentunya selain akan mendapatkan pengalaman yang baru dalam menjalankan bisnis. Kita juga akan mendapatkan komisi dan juga keuntungan. Jadi bila tertarik mencoba bisnis ini, berikut adalah rincian cara menjadi agen drop point Shopee Express.

Apa Itu Agen Drop Point Shopee Express?

Jika ini merupakan bisnis awal akan kalian lakukan, maka setidaknya sebagai pemegang bisnis kalian juga harus tahu apa sebenarnya itu drop off point atau drop point Shopee Express. Dengan memahami arti & maknanya, nantinya bisnis akan lebih mudah untuk dikembangkan.

Jadi, Drop off point Shopee Express adalah sebuah tempat atau lokasi penjemputan paket serta barang yang dilakukan oleh kurir Shopee Express yang dititipkan oleh para penjual atau seller Shopee Express.

Selain bisa menjadi hal dasar paling patut untuk dipahami para calon pemilik agen Shopee Express. Kami yakin bagi sebagian besar orang yang sudah sering menggunakan Shopee juga pasti tahu apa itu drop off shopee. Karena juga merupakan salah satu istilah resi pengiriman Shopee Express.

Baca  √ Withdraw Shopee Food Bermasalah : Penyebab & Cara Mengatasi

Keuntungan Jadi Agen Drop Point Shopee Express

Setelah kita mengetahui apa itu agen drop point Shopee Express. Lantas apa sih hal lain bisa kita dapatkan sebagai keuntungan ketika jadi agen drop point Shopee Express?. Berikut adalah beberapa keuntungan sudah pasti akan didapat.

  • Pertama sistem pengiriman Shopee Express sudah langsung terintegrasi dengan sistem Shopee, jadi tidak perlu khawatir akan jumlah pengguna berkurang.
  • Memiliki layanan Customer Service mudah dihubungi ketika terjadi kendala atau masalah dalam pengiriman.
  • Proses pendaftaran mudah & cepat diterima (S&K) berlaku.
  • Bebas biaya pendaftaran.
  • Memiliki jumlah pelanggan & seller begitu banyak serta masih akan terus bertambah.

Komisi Agen Drop Point Shopee Express

Selain keuntungan di atas, seperti kami sampaikan di atas. Kalian sudah pasti juga akan mendapatkan komisi yang akan bisa dijadikan income setiap hari, minggu atau bahkan bulan. Yang jelas semakin banyak paket / barang kiriman masuk akan semakin banyak pula income atau komisi didapat.

Namun jadi pertanyaannya, berapa sih komisi yang akan didapat ketika kita jadi mitra / agen drop off point Shopee Express?. Sebagai informasi, komisi yang sudah pasti akan di dapat adalah sebesar Rp 500 rupiah per paket.

Harus Diperhatikan!

Jika dilihat dari komisi yang relatif kecil memang iya. Namun ingat Rp 500 itu adalah perhitungan untuk 1 paket. Jika memiliki jangkauan seller Shopee yang begitu banyak atau bahkan seller dengan jumlah penjualan begitu tinggi.

Maka sudah bisa dipastikan kalian akan selalu mendapatkan paket masuk lebih banyak. Untuk menghitungnya hanya perlu mengalikan saja jumlah paket yang ada.

Sebagai contoh dalam 1 bulan kalian mendapatkan paket masuk dari beberapa seller sebanyak 5.000 paket. Maka income atau komisi yang akan didapat yaitu Rp 500 x 5.000 = 2.500.000 rupiah dan seterusnya.

Namun sebelum kita mulai membahas bagaimana cara menjadi agen drop point Shopee Express, berikut adalah beberapa hal yang patut dan harus diperhatikan.

  1. Pastikan ketika berencana membangun atau mendaftar agen drop point Shopee Express, pastikan dulu bahwa di lokasi sekitar memiliki banyak seller.
  2. Kedua pastikan juga lokasi kantor agen akan dibangun memiliki jarak tidak terlalu jauh dari jangkauan seller Shopee.
  3. Pastikan memiliki peralatan memadai seperti komputer, akses jaringan internet, scanner dan juga perlengkapan lainnya.
  4. Jika bisa, pastikan seller tidak memiliki layanan pengiriman SPX Shopee Express pada toko mereka.
Baca  13 Cara Menjalankan Orderan Shopee Food : Terima, Ambil & Antar

Silahkan pelajari sendiri kenapa & mengapa semua hal di atas benar-benar harus kalian perhatikan dan pahami. Karena kami yakin seiring berjalannya waktu menjadi agen drop off point Shopee Express kalian akan bisa menyadari pentingnya hal-hal di atas.

Syarat Menjadi Agen Drop Point Shopee Express

Nah jika sudah mulai semangat dan ingin sesegera mungkin melakukan pendaftaran agen drop point Shopee Express. Maka pastikan juga kalian mengetahui apa saja syarat untuk bisa menjadi agen drop off point Shopee Express berikut ini.

  • Memiliki lokasi strategis untuk dibangun kantor agen Shopee Express.
  • Lokasi kantor agen dapat diakses mobil dengan mudah.
  • Gudang atau tempat penampungan barang/paketan cukup luas agar dapat memenuhi permintaan pengiriman.
  • Setidaknya memiliki sebuah perangkat komputer atau laptop guna berbagai macam keperluan, mulai dari pendataan barang, pengecekan resi dan lain sebagainya.
  • Memiliki alat scanner dan printer.
  • Kelengkapan alat tulis seperti, bolpoin, penggaris, gunting, cuter, isolasi dan kertas.
  • Pastikan sediakan pula sebuah timbangan untuk menghitung berat paketan.
  • Tidak tertinggal, pastikan di dalam kantor agen Shopee Express akan dibuat juga memiliki telepon seluler / telepon rumah.

Jika semua hal kami sampaikan di atas telah kalian lengkapi, maka kalian pun sudah bisa mengikuti panduan cara menjadi agen drop point Shopee Express di bawah ini.

Cara Menjadi Agen Drop Point Shopee Express

Meski dapat kami katakan prosedur cara menjadi agen drop point Shopee Express tidak jauh berbeda dari cara menjadi agen Lion Parcel maupun agen Indah Cargo. Namun seluruh informasi proses pendaftaran, syarat dan biaya dibutuhkan memang tidak terbuka.

Bahkan ketika kalian mencarinya di website resmi maupun di akun sosial media resmi Shopee. Kenapa? karena pada dasarnya Shopee hanya memberikan kesempatan pada sedikit masyarakat untuk bisa menjadi bagian dari mitra mereka dalam menjalankan layanan Shopee Express.

Namun ketika memang pihak Shopee sedang membutuhkan tambahan agen drop off point Shopee Express. Maka mereka akan memilih dari beberapa pelamar yang benar-benar memenuhi persyaratan administrasi maupun lokasi dan lain-lainnya.

Maka dari itu, untuk melakukan pendaftaran untuk menjadi agen drop off point Shopee Express. Kalian bisa langsung mendatangi kantor Shopee Express di Jakarta atau mengirimkan lamaran menjadi agen Shopee Express dengan mengisi formulir pendaftaran seperti di bawah ini.

  • Nama lengkap.
  • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nomor Handphone (HP) terhubung ke WhatsApp.
  • Alamat email aktif.
  • Alamat lengkap.
  • Alamat lokasi drop off point.
  • Titik Koordinat lokasi drop off point.
  • Foto tampak depan lokasi drop off point.
  • Foto jalan & tempat parkir lokasi drop off point.
Baca  √ Arti Paket Menunggu Jadwal Keberangkatan Transportasi Shopee

Silahkan buat dan tulis semua isi berkas formulir di atas kemudian kirimkan ke alamat email customer service Shopee di support@shopee.co.id atau bisa juga kailan kirimkan ke alamat kantor pusat Shopee di,

Pacific Century Place Tower Lt. 26 SCBD (Sudirman Central Business District) Lot 10, Jl. Jenderal Sudirman No.52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190.

Pastikan lengkapi juga berbagai macam dokumen pendukung yang memang kalian ingin lampirkan agar memperkuat berkas pendaftaran menjadi agen drop off Shopee Express.

Biaya Menjadi Agen Drop Point Shopee Express

Dari semua penjelasan singkat di atas, mungkin ada satu hal penting perlu untuk kami sampaikan juga, yaitu terkait besaran biaya menjadi agen drop point Shopee Express.

Untuk menjadi agen drop point Shopee Express secara garis besar gratis atau sama sekali tidak dipungut biaya.

Namun biaya lain-lain yang dibutuhkan untuk kelengkapan menjadi agen drop point Shopee Expres bisa dikatakan cukup besar. Mengingat di dalamnya kalian harus membeli dan membangun lokasi kantor, sarana dan prasarana serta lain sebagainya. Berikut kiranya rincian perlu kalian pahami.

DetailBiaya
Sewa kios atau gerai per tahunRp 10 – Rp 25 / tahun (sesuai lokasi)
Pembelian perangkat komputerRp 5.000.000
Pembelian printerRp 1.000.000
Pembelian perlengkapan geraiRp 1.000.000
Pembayaran listrik dan internetRp 1.000.000
Gaji karyawanRp 1.500.000

Silahkan siapkan budget kurang lebih Rp 50 juta untuk bisa menjadi agen Shopee Express.

FAQ

Bagaimana cara menjadi agen drop off Shopee Express?

Kirimkan formulir pendaftaran menjadi agen Shopee Express ke alamat kantor Shopee Indonesia atau melalui email customer service.

Apa itu drop off Shopee Express?

Tepat atau lokasi penitipan barang/paket dari seller Shopee sebelum di ambil (pickup) oleh kurir pengiriman Shopee Express.

Berapa komisi didapat oleh agen drop point Shopee Express? 

Komisi menjadi agen Shopee Express sebesar Rp 500 rupiah per paket.

Akhir Kata

Kiranya cukup sekian informasi dapat infojek.com sampaikan terkait cara menjadi agen drop point Shopee Express. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi referensi dan bisa menjadi gambaran bagi kalian jika tertarik membangun bisnis pengiriman.

Apabila masih kurang jelas terkait masalah cara atau prosedur pendaftarannya, kami sarankan untuk segera menghubungi pihak call center Shopee Express melalui nomor telepon 1500702 / 021-39500300.