3 Cara Membatalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dikirim 2022

Cara Membatalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dikirim – Shopee menjadi tempat dimana kita bisa menemukan berbagai macam barang kebutuhan dengan mudah, murah dan juga banyak varian pilihan. Hal ini lah yang menjadikan Shopee banyak dipilih masyarakat untuk menjadi tempat belanja online mereka.

Namun dengan adanya banyak pilihan varian barang yang bisa kita pilih, terkadang sebagai pembeli kita tentu pernah mengalami yang namanya salah beli barang / salah pesan barang. Namun jika status pembelian masih diproses kalian bisa dengan mudah melakukan pembatalan pesanan tersebut.

Nah yang jadi pertanyaannya, ketika kita melakukan kesalahan pembelian barang namun status pesanan sudah dikirim, apakah bisa dibatalkan?, Terkait masalah pembatalan pesanan Shopee yang sudah dikirim, merujuk pada situs resmi Shopee.

Sebagai pengguna kita masih diperbolehkan untuk membatalkan pesanan tersebut. Hanya saja jelas ada syarat dan ketentuan yang harus kalian lakukan agar bisa melakukan pembatalan pesanan untuk memperbaiki / mengganti item barang yang salah beli.

Cara Membatalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dikirim

Namun bagaimana langkah dan cara membatalkan pesanan Shopee yang sudah dikirim serta apa saja ketentuan-ketentuan yang perlu diperhatikan?. Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana langkah serta cara yang perlu dilakukan, silahkan temukan semua penjelasannya di bawah ini.

Jenis Pembatalan Pesanan Shopee

Membahas mengenai cara membatalkan pesanan Shopee yang sudah terlanjur dikirim, memang secara garis besar umumnya tidak bisa dilakukan. Bahkan cukup jarang marketplace yang memberikan opsi untuk melakukan pembatlan saat barang sudah dikirim.

Namun Shopee sebagai salah satu perusahaan marketplace terbaik, mereka justru memberi pilihan jenis pembatalan pesanan yang sudah seller kirim. Namun sebelum kita jelaskan bagaimana langkah dan cara melakukan pembatalan pesanan dikirim tersebut.

Perlu untuk kalian ketahui, bahwa Shopee juga menyediakan beberapa jenis pembatalan pesanan yang bisa dilakukan mulai dari:

  • Pembatalan Instan
  • Pembatalan Otomatis
  • Pembatalan Noninstan

Apa beda dari ketiga jenis pembatalan tersebut? jika penasaran dan ingin mengetahuinya lebih lanjut silahkan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Pembatalan Instan

Pembatalan instan adalah jenis pembatalan pesanan yang bisa dilakukan secara langsung oleh para pembeli ketika barang tersebut belum dikirim oleh seller / sebelum seller mengatur pengiriman.

Dan sebagai informasi saja, proses pembatalan instan ini dapat dilakukan maksimal 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

2. Pembatalan Otomatis

Jenis pembatalan pesanan Shopee yang berikutnya adalah pembatalan otomatis. Sesuai namanya, pembatalan ini akan langsung dilakukan oleh sistem apabila seller tidak merespon pesanan kalian sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Baik itu batas waktu pengaturan pengiriman atau memasukkan nomor resi sebagai bukti pengiriman telah dilakukan. Selain itu jika seller tidak menyerahkan paket ke pihak kuir juga akan dibatalkan secara otomatis.

3. Pembatalan Noninstan

Dan jenis pembatalan pesanan Shopee yang selanjutnya adalah pembatalan Noninstan. Yang dimana ni adalah jenis pembatalan pesanan yang dapat digunakan bagi pembeli ketika barang sudah masuk dalam proses dikirim.

Namun seperti tertulis pada situs resmi Shopee, disebutkan bawah proses ini harus terjadi apabila pembeli sudah mendapatkan persetujuan / ijin membatalkan pesanan dari seller.

Ketentuan Pembatalan Pesanan Sudah Dikirim

Nah setelah sebelumnya infojek bahas tentang cara menghapus pesanan selesai di Shopee. Seperti di atas kami sampaikan, kali ini kita akan membahas tentang cara membatalkan pesanan Shopee yang sudah dikirim.

Akan tetapi sebelum kita lanjutkan ada beberapa ketentuan perlu untuk kalian pahami dan perhatikan.

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa pesanan yang ingin dibatalkan tersebut benar-benar terkendala karena kesalahan kalian sebagai pembeli dalam memilih barang / varian.
  2. Pastikan juga bahwa kalian melakukan konfirmasi kepada pihak seller.
  3. Pastikan juga seller memberikan persetujuan bawah pembatalan dapat dilakukan.
  4. Dan persetujuan pembatalan yang diperbolehkan oleh seller ketika barang sudah dikirim hanya 1 kali sesuai ketentuan pihak Shopee.

Maka dari itu pastikan jika memang seller mengizinkan kalian melakukan pembatalan maka pastikan pula ketika melakukan pembelian ulang barang atau varian yang dipilih sudah sesuai dan benar.

Cara Membatalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dikirim

Setelah mengetahui apa saja hal yang perlu diperhatikan saat ingin membatalkan pesanan Shopee yang sudah dikirim seperti di atas kami sampaikan. Lantas seperti apa sih cara membatalkan pesanan Shopee yang sudah dikirim?.

Untuk melakukan pembatalan pesanan tersebut sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Namun pastikan cara ini kalian lakukan apabila sudah mendapatkan izin dari seller yah.

  • Pertama buka aplikasi Shopee dan login ke akun masing-masing secara benar.
  • Tap ikon profil di sebelah kanan bawah.
    Pilih Profil
  • Kemudian pilih tab dikirim.
    Pilih Tab Dikirim
  • Lalu silahkan cari dan pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
    Pilih Pesanan yang Akan Dibatalkan
  • Setelah itu silahkan klik ajukan pengembalian.
    Klik Ajukan Pengembalian
  • Pilih opsi pengembalian barang & dana.
  • terakhir silahkan klik tombol kirimkan.
  • Jika sudah sampai tahap ini kirimkan barang dengan rentang waktu sesuai ketentuan Shopee.

Dan bagi seller, pengembalian dana akan diproses kurang lebih dalam waktu 3 – 5 hari kerja setelah pesanan sampai ke alamat seller / penjual.

Sebagai informasi akhir, ketika mengikuti cara membatalkan pesanan yang sudah dikirim tersebut. Maka semua biaya pengembalian barang akan ditanggung oleh pembeli.

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya langkah mudah cara melakukan pembatalan pesanan Shopee yang sudah dikirim oleh seller. Jadi pastikan ketika ingin melakukan pembatalan tersebut, silahkan konfirmasi ke pihak seller dan lakukan pembatalan sesuai dengan langkah yang telah infojek.com sampaikan di atas.

Sumber Gambar: infojek.com, shopee.co.id