7 Cara Melihat Kode QR ShopeePay & Barcode: Fungsi, Cara Pakai

Cara Melihat Kode QR ShopeePay – Buat para pengguna aplikasi Shopee, di update beberapa waktu yang lalu. Shopee kembali menghadirkan satu fitur baru berupa Kode QR dan Barcode pada menu ShopeePay.

Hadirnya fitur ini tentu menjadi peningkatan yang cukup baik bagi para pengguna. Karena dengan adanya fitur ini setiap pengguna dapat melakukan berbagai macam hal dengan lebih mudah dan lebih cepat. Salah satunya ketika ingin melakukan top up saldo maupun pembayaran.

Namun salah satu hal yang patut dan perlu kalian ketahui ketika ingin menggunakan fitur kode QR kode ShopeePay. Maka kalian harus tahu bagaimana cara melihat kode QR ShopeePay. Maka dari itu, sesuai dengan judul di atas, kali ini kita akan memberikan panduan lengkapnya.

Adapun beberapa point penting yang akan kita bagikan pada pembahasan kali ini termasuk apa itu Kode QR / Barcode, fungsi serta cara menggunakannya. Jadi buat yang belum tahu dan mungkin bingung dengan fungsi / kegunaannya.

Cara Melihat Kode QR ShopeePay Barcode

Tak ada salahnya menyimak pembahasan infojek.com di bawah ini. Oya untuk para pengguna Shopee Food, kalian juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan pembayaran. Jadi mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Kode QR & Barcode ShopeePay

Sebelum membahas masalah cara melihat kode QR ShopeePay. Tak ada salahnya apabila kalian sebagai pengguna Shopee yang sering memanfaatkannya untuk melakukan pembelian barang ataupun melakukan pesan makanan di Shopee Food tahu fungsi kode QR / Barcode ShopeePay.

Baca  15 Cara Transfer OVO ke ShopeePay 2022 (Minimal & Biaya)

Dari penjelasan langsung di halaman pusat bantuan Shopee, setidaknya ada beberapa fungsi utama yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakan fitur Kode QR ShopeePay. Nah fungsi tersebut antara lain seperti.

Masuk Ke Akun Shopee

Salah satu fungsi dari fitur kode qr yang disediakan Shopee yaitu untuk dapat memudahkan para pengguna melakukan login atau masuk ke akun Shopee. Biasanya cara ini digunakan ketika kalian akan melakukan login di perangkat PC atau laptop.

Caranya pun cukup mudah, karena kalian hanya perlu klik bagian login dengan kode qr pada tampilan Shopee desktop. Kemudian kalian buka aplikasi Shopee yang sudah login dan pilih fitur qr kode dan scan qr kode yang tampil di desktop kemudian konfirmasi

Melakukan Pembayaran

Selain dapat digunakan untuk login atau masuk ke akun Shopee, kalian juga dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan pembayaran pembelian barang / makanan di merchant Shopee. Cara ini banyak digunakan untuk lebih memudahkan transaksi.

Apalagi saat ini banyak sekali merchant Shopee yang sudah terdaftar dan tergabung menjadi mitra Shopee. Sehingga banyak dari mereka yang memanfaatkan fitur QR Kode ShopeePay sebagai metode pembayarannya.

Cara Melihat Kode QR ShopeePay

Setelah kalian mengetahui apa itu Kode QR ShopeePay dan juga apa saja fungsi fitur tersebut seperti infojek.com sampaikan di atas. Lantas bagaimana sih cara melihat kode QR ShopeePay milik kita sendiri?.

Untuk kalian yang belum tahu bagaimana cara melihat fitur ini. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kalian lakukan untuk dapat melihat Kode QR ShopeePay.

1. Buka Aplikasi Shopee

Buka Aplikasi Shopee

Untuk dapat melihat kode QR ShopeePay yang pertama harus kalian lakukan adalah memastikan versi aplikasi Shopee yang terinstal sudah paling baru. Jika sudah silahkan buka dan login Shopee apabila memang belum login.

Baca  6 Cara Menggunakan Aplikasi Shopee Food Partner Terlengkap 2022

2. Pilih Menu ShopeePay

Pilih Menu ShopeePay

Setelah berhasil terbuka dan berada pada halaman utama, langsung saja tap menu ShopeePay seperti pada gambar yang kami tunjuk di atas.

3. Pilih Kode Bayar

Pilih Kode Bayar

Jika sudah masuk ke halaman utama ShopeePay, disini kalian akan dapat melihat cukup banyak menu yang dapat dipilih. Untuk melihat kode QR ShopeePay, maka pilih menu Kode Bayar.

4. Masukkan PIN ShopeePay

Masukkan PIN ShopeePay

Nah untuk melihat kode QR ShopeePay sendiri kalian harus memasukkan 6 digit PIN ShopeePay yang kalian punya.

5. QR Code Terlihat

QR Code Terlihat

Sampai disini, kode QR ShopeePay pun terlihat dan dapat digunakan untuk membayar maupun melakukan top up sesama ShopeePay.

6. Klik Ganti ke Barcode

Klik Ganti ke Barcode

Apabila kalian ingin mengetahui kode QR dalam bentuk barcode, maka kalian cukup tap tombol ganti ke barcode seperti kami tunjuk di atas.

7. Kode Barcode ShopeePay Terlihat

Kode Barcode ShopeePay Terlihat

Sampai disini kalian pun akan dapat melihat kode barcode ShopeePay serta dapat kalian bagikan ke WhatsApp ataupun ke penjual untuk di Scan guna melakukan pembayaran transaksi.

Ketentuan Menggunakan Kode QR ShopeePay

Seperti itulah kiranya panduan lengkap tentang cara melihat kode QR ShopeePay yang dapat kalian lakukan, mudah bukan?.

Meskipun mudah seperti dapat kalian lihat pada panduan di atas. Namun perlu kami sampaikan pula bahwa QR Kode tersebut punya beberapa ketentuan ketika ingin menggunakannya. Beberapa ketentuan tersebut antara lain seperti:

  • Kode QR hanya aktif dan dapat digunakan selama 1 menit / 60 detik ketika kalian sudah membukanya.
  • Saat ingin menggunakannya untuk membayar belanjaan di merchant offline Shopee, kalian bisa menggunakan voucher dan juga koin Shopee yang dimiliki.

Cara Pakai Kode QR ShopeePay

Bagaimana mudah bukan cara melihat kode QR ShopeePay ini?. Yang pasti dengan adanya panduan di atas, setidaknya buat para pengguna yang mungkin baru mengenal fitur QR Code di aplikasi Shopee akan lebih mudah dalam menggunakannya.

Baca  Ping Server Shopee Food 2022 : IP Terbaru & Cara Menggunakan

Dan bicara mengenai penggunaan, berikut ini ada beberapa cara menggunakan atau cara pakai kode QR ShopeePay patut untuk kalian perhatikan.

  • Buka aplikasi Shopee dan pilih menu Scan.
  • Kemudian silahkan kalian klik menu bayar pada halaman ShopeePay.
  • Lalu klik ikon QR kemudian tunjukkan kode QR ke merchant ShopeePay.
  • Maka pembayaran pun berhasil dilakukan.

Akhir Kata

Dengan kalian mengetahui cara melihat kode QR ShopeePay seperti di atas infojek.com sampaikan. Tentunya kalian akan jauh lebih mudah ketika melakukan pembayaran. Jadi pastikan kalian tahu bagaimana cara membuat dan menggunakan fitur Kode QR ShopeePay.