7 Cara Komplain Pengiriman Tiktok Shop Semua Ekspedisi

Cara Komplain Pengiriman Tiktok Shop – Tiktok Shop adalah fitur social commerce yang memungkinkan pengguna dan kreator untuk mempromosikan serta menjual produknya melalui TikTok. Dimana fitur ini juga hanya tersedia untuk para pengguna TikTok dengan akun bisnis. Dengan adanya fitur ini, para pengguna Tiktok juga bisa berbelanja berbagai macam barang di Tiktok Shop dengan mudah.

Membahas mengenai Tiktok Shop, sama halnya dengan layanan E-Commerce lainnya, pengiriman pesanan yang sudah dibeli dari Tiktok Shop juga akan diantarkan langsung ke alamat pembeli menggunakan jasa ekspedisi yang beragam. Namun perlu diketahui bahwa jasa pengiriman ini hanya bisa ditentukan oleh penjual saja, jadi pembeli tidak bisa menentukan sendiri jasa ekspedisi yang mereka inginkan.

Berbicara mengenai pengiriman, mungkin bisa dikatakan hampir setiap jenis pengiriman kerap mengalami masalah. Biasanya masalah tersebut bisa terdeteksi ketika kita melalukan cek resi paket. Masalah ini juga umum terjadi di Tiktok Shop. Jika ada masalah pengiriman paket, kita tentu bisa melakukan komplain ke penjual Tiktok Shop atau langsung ke pihak ekspedisi yang digunakan mengirim barang yang dibeli di Tiktok Shop.

Bagi kalian yang belum mengetahui seperti apa cara komplain pengiriman Tiktok Shop, disini kami akan memberikan tutorial lengkap seperti apa caranya. Komplain Tiktok juga bisa dilakukan melalui beberapa layanan, seperti Call Center masing-masing Ekspedisi yang dipilih, sosial media dan lain sebagainya. Baiklah tanpa berlama-lama lagi lebih baik langsung saja kita masuk ke pembahasan lengkap cara komplain pengiriman Tiktok berikut ini.

Cara Komplain Pengiriman Tiktok Shop

Jasa Ekspedisi Pengiriman Tiktok Shop

Pada pembahasan pertama kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai jasa ekspedisi pengiriman yang tersedia di Tiktok Shop. Tiktok Shop sendiri memiliki beberapa jasa pengiriman yang bisa digunakan untuk pengiriman paket, diantaranya adalah J&T Express dan juga JNE Express. Adapun penjelasannya bisa kalian simak di bawah ini.

1. J&T Express

J&T Express menjadi salah satu pilihan jasa pengiriman terbaik yang dimiliki Tiktok Shop. Dengan layanan pengiriman J&T, pembeli bisa menggunakan metode pembayaran COD yang menjadi keunggulannya.

2. JNE Express

Kemudian yang kedua ada JNE Express. Sama halnya dengan J&T Express, pembeli juga bisa menggunakan metode pembayaran COD. Namun ada juga beberapa penjual yang tidak menyediakan fitur pembayaran COD menggunakan JNE.

Syarat Komplain Pengiriman Tiktok Shop

Setelah mengetahui jenis layanan pengiriman yang tersedia di Tiktok Shop, berikutnya kita bahas syarat apa saja yang diperlukan ketika melakukan komplain pengiriman Tiktok Shop. Untuk melakukan komplain pengiriman, disini kita hanya membutuhkan informasi data diri dan juga nomor resi paket. Jika diperlukan, kalian juga bisa menyiapkan screenshot status pengiriman paket yang bermasalah. Kami rasa hanya itu saja syarat yang diperlukan, jika sudah lengkap silahkan langsung lakukan komplain ke pihak ekspedisi terkait.

Cara Komplain Pengiriman Tiktok Shop

Masuk ke topik pembahasan utama mengenai cara komplain pengiriman Tiktok Shop, disini kami akan memberikan seperti apa langkah-langkahnya. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam hal ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Cek Ekspedisi yang Digunakan

Langkah pertama disini kalian bisa mengecek lebih dulu ekspedisi apa yang digunakan ketika pengiriman paket Tiktok Shop. Nah kalian bisa masuk ke menu pesanan dan lihat paket yang telah dikirim menggunakan jasa ekspedisi apa.

2. Siapkan Nomor Resi

Jika kalian sudah mengetahui jasa ekspedisi yang digunakan, disana juga akan terlihat beberapa informasi detail terkait pengiriman paket, tak terkecuali nomor resi. Nah disini kalian bisa catat nomor resi tersebut untuk digunakan sebagai syarat komplain ke pihak pengiriman Tiktok Shop.

3. Hubungi Pihak Ekspedisi

Langkah terakhir kalian hanya perlu menghubungi pihak ekspedisi sesuai dengan nomor resi yang tertera di Tiktok Shop. Kalian bisa menghubungi pihak ekspedisi melalui panggilan di Call Center, Sosial Media atau mendatangi gerai terdekat.

Call Center J&T Express :

  • Panggilan : (021) 8066 1888
  • Facebook : J&T Express Indonesia
  • Email : [email protected]
  • Twitter : @jntexpressid
  • Instagram : @jntexpressid

Call Center JNE Express :

  • Panggilan : (021) 29278888
  • Facebook : @JNEPusat
  • Twitter : @JNE_ID
  • Instagram : jne_id

Alasan Komplain Pengiriman Tiktok Shop

Terkait alasan komplain, biasanya komplain dilakukan karena adanya kendala atau masalah pada status pengiriman paket. Namun selain itu ada juga beberapa masalah lainnya seperti berikut.

  • Pesanan TikTok Shop belum kunjung sampai setelah melebihi batas waktu atau estimasi barang sampai.
  • Pesanan TikTok Shop yang diterima rusak karena proses pengiriman
  • Pesanan TikTok Shop salah alamat pengiriman
  • Ingin merubah alamat pengiriman pada pesanan di TikTok Shop

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai cara komplain pengiriman Tiktok Shop. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat infojek.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.