2 Cara Dapat BLT Ojol Driver Gojek & Grab 2022

Cara Dapat BLT Ojol – Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan pemerintah beberapa waktu lalu benar-benar membuat banyak kalangan merasakan imbasnya. Terutama para pekerja harian lepas yang hampir setiap harinya membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan mereka dalam menjalankan pekerjaan.

Sopir angkot dan transportasi umum lainnya termasuk driver ojek online / ojol pun menjadi salah satu kalangan yang dibuat kalang kabut dengan kenaikan harga bahan bakar minyak ini. Tidak heran apabila belakangan ini pun banyak masyarakat termasuk pada driver ojol melakukan orasi menolak kenaikan harga BBM.

Melihat hal tersebut banyak terjadi di beberapa wilayah, sebagai salah satu upaya membantu dan meringankan beban driver ojol dari dampak naiknya harga BBM. Pemerintah pusat melalui Pemerintah Daerah kabarnya akan memberi Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM kepada para driver ojol yang terdaftar dan atau mendaftarkan diri sebagai penerima.

Dengan adanya program BLT BBM ini setidaknya pemerintah akan dapat membantu membuat keringanan kepada driver ojol agar mereka tetap bisa menjalankan aktivitas pekerjaan harian dengan lebih tenang. Kalian juga dapat langsung cek daftar penerima BLT BBM secara online melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Dapat BLT Ojol

Namun seperti kami singgung sebelumnya, jika ternyata kalian sebagai driver ojol tidak terdaftar jadi penerima BLT BBM. Maka kalian dapat mengajukannya sendiri melalui aplikasi Cek Bansos. Namun berapa sih BLT BBM yang akan di dapat dan bagaimana cara dapat BLT Ojol tersebut?.

Nominal BLT Ojol yang Akan Diterima

Sebelum kita membahas lebih lanjut terkait bagaimana cara dapat BLT Ojol serta apa saja syarat yang diperlukan. Perlu untuk kami sampaikan bahwa bantuan langsung tunai / BLT BBM ini akan diberikan secara bertahap selama 4 bulan kepada para penerima termasuk para driver Ojol.

Baca  Akun Grab Suspend ? Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Dimana melalui Kementerian Sosial yang kini memanfaatkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dikatakan bahwa BLT BBM yang akan diberikan selama 4 bulan tersebut senilai Rp600 ribu rupiah dan akan diberikan per Rp150 ribu rupiah setiap bulannya.

Meski dirancang untuk disalurkan dalam 4 bulan, akan tetapi pemberian BLT Ojol ini dilakukan hanya dalam dua tahap yakni tahap pertama untuk dua bulan sebesar Rp300 ribu yang akan dicarikan di September dan tahap kedua dicairkan Rp300 ribu pada bulan Desember.

Syarat Dapat BLT Ojol

Bagi kalian yang kini bekerja sebagai driver ojol baik itu Grab maupun Gojek, maka setidaknya selain mengetahui nominal penerimaan BLT BBM seperti di atas kami sampaikan. Kalian juga harus paham dengan syarat cara dapat BLT Ojol ini.

Oleh karena itu sebelum masuk ke pembahasan inti terkait cara mendapatkan BLT ojol sesuai dengan topik pembahasan kita kali ini. Berikut ini adalah beberapa syarat penting yang perlu untuk kalian ketahui dan siapkan.

  • Pengusul merupakan Warga Negara Indonesia golongan miskin atau rentan miskin.
  • Pengusul bukan aparatur sipil negara (ASN), TNI, atau Polri.
  • Pengusul sudah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam DTKS Kemensos.
  • Warga atau pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta yang terkena dampak kenaikan BBM.
  • Pengusul bukan penerima program Bansos lain dari pemerintah.
  • Pengusul memiliki KTP sah dan tercatat di Dukcapil.

Cara Dapat BLT Ojol

Apabila semua syarat yang telah kami sampaikan di atas sudah kalian siapkan dan sudah kalian penuhi. Maka untuk cara dapat BLT Ojol sendiri bisa dibilang cukup mudah. Karena kalian kini hanya membutuhkan aplikasi Cek Bansos dan tinggal mengakses fitur “Daftar Usulan”.

Baca  Apa Itu LRT ? Sejarah, Jadwal Operasional & Rute

Nah untuk lebih memudahkan kalian dalam melakukan proses mendapatkan BLT Ojol ini, maka berikut ini akan kami sampaikan secara lengkap panduan yang dapat diikuti. Jadi tanpa panjang lebar lagi berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama silahkan unduh / download aplikasi Cek Bansos di Play Store lalu buka setelah berhasil terdownload.
Download Aplikasi Cek Bansos
  • Di halaman awal silahkan klik Buat Akun Baru.
Klik Buat Akun Baru
  • Silahkan isi data-data diminta mulai dari NIK, Nomor KK (Kartu Keluarga) dan data di KTP.
Lengkapi Data Diri
  • Upload foto KTP dan Foto Selfie dengan KTP dengan kualitas jelas dan jernih.
Unggah Foto KTP
  • Jika sudah silahkan klik Buat Akun Baru.

Pendaftaran akun akan ditinjuau kurang lebih 1 -3 hari kerja untuk validasi, pastikan cek email secara berkala.

  • Setelah akun berhasil diaktivasi, silahkan buka kembali aplikasi dan klik profil di pojok kanan atas.
Klik Profil
  • Kemudian klik Tambah Usulan untuk memasukkan nama calon penerima BLT BBM.
Klik Tambah Usulan
  • Silahkan isi data lengkap calon penerima BLT BBM sesuai KTP beserta foto KTP dan foto Rumah.
Lengkapi Info Diri
  • Terakhir silahkan kalian klik Tambah Usulan di bagian bawah.

Setelah semua kalian isi dan kalian kirim daftar usulan tersebut, maka data yang telah terkirim akan masuk ke tahap seleksi. Hal ini dilakukan untuk memastikan kalian berhak / tidak menerima bantuan BLT BBM senilai Rp600 ribu rupiah.

Semua info terkait hasil seleksi dapat diperiksa / dicek di situs cekbansos.kemensos.go.id dengan memasukkan beberapa data diri seperti Nama Penerima serta Alamat dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan.

Akhir Kata

Demikian kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat infojek.com rangkum serta sampaikan terkait masalah syarat dan cara dapat BLT Ojol senilai Rp600 ribu rupiah. Semoga apa yang sudah infojek sampaikan di atas bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang membantu.

Baca  2 Fungsi Palet Kayu Dalam Ekspedisi, Pengertian & Jenisnya

Sumber Gambar: infojek.com, kompas.com, youtube @ririn chubby