2 Cara Cek BLT Ojol Penerima Bansos BBM Online 2022

Cara Cek BLT Ojol – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan pemerintah dalam rangka pengalihan pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang belakangan ini ramai diperbincangkan masyarakat pun akhirnya secara resmi menyasar para pekerja ojol / ojek online.

Dengan adanya bantuan sosial (BANSOS) ini setidaknya diharapkan akan membantu masyarakat yang tercatat layak bantu secara ekonomi dari dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Program yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah ini bahkan sudah mulai dicairkan di beberapa wilayah.

Adapun besaran BLT Ojol dan UMKM periode ini akan diberikan kepada kurang lebih sekitar 20.65 juta penerima di seluruh Indonesia dengan total anggaran 12.4 Triliun. Adapun selain masyarakat penerima yang datanya sudah tercatat di DTKS.

Pemerintah juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum termasuk pada driver Ojol untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima Bantuan Langsung Tunai BBM dengan menggunakan aplikasi cek bansos. Untuk panduan pendaftarannya, silahkan cek pada artikel cara dapat BLT Ojol.

Cara Cek BLT Ojol Penerima Bansos BBM

Sementara itu untuk driver ojek online / ojol yang datanya sudah tercatat do DTKS / bahkan sudah melakukan pendaftaran melalui aplikasi cek bansos maupun aplikasi partner dari masing-masing perusahaan. Adapun cara cek BLT Ojol bisa dibilang mudah karena bisa di akses online.

BLT BBM Ojol & UMKM

Sesuai dengan instruksi presiden Joko Widodo, pemberian bantuan BLT BBM ini akan berlangsung selama 4 bulan mulai September hingga Desember 2022 dengan total bantuan yang akan didapat sebesar Rp 600 ribu rupiah.

Penyaluran bantuan sendiri akan dilangsungkan dalam dua tahap, yang dimana setiap tahap tersebut bantuan disalurkan senilai Rp300 ribu rupiah per orang. Dan dalam penyaluran BLT BBM ini, pemerintah juga menyediakan dua jenis bansos BBM yakni:

  • Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diperuntukkan bagi para pekerja tertentu dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).
  • BLT untuk warga kurang mampu dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Dan apabila kalian tercatat sebagai driver ojol, maka kalian termasuk dalam salah satu penerima bantuan sosial tersebut. Oleh karena itu sebagai driver ojol kalian juga harus tahu bagaimana cara cek BLT Ojol untuk memastikan kalian mendapatkan BLT tersebut / tidak.

Syarat Cek BLT Ojol

Adapun untuk dapat melakukan pengecekan data penerima BLT BBM & UMKM termasuk para pekerja ojek online / ojol. Ada beberapa syarat yang perlu dipersiapkan untuk mulai melakukan proses pengecekan data tersebut.

Dimana beberapa syarat yang perlu kalian siapkan antara lain:

  • Perangkat Smartphone/PC/Laptop/Tablet
  • Koneksi internet (karena cek BLT Ojol dilakukan online).
  • KTP untuk NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Cara Cek BLT Ojol Online

Setelah mempersiapkan apa saja hal yang nantinya akan digunakan / diperlukan saat proses pengecekan BLT Ojol seperti di atas infojek.com sampaikan. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah cara cek BLT Ojol online yang bisa kalian ikuti.

1. Lewat Situs eForm BRI

Cel BLT Ojol Lewat Situs eForm BRI

Cara pertama dapat kalian lakukan untuk cek BLT Ojol yakni dengan memanfaatkan situs eForm BRI. Hanya saja saat tim infojek coba akses halaman tersebut masih belum bisa digunakan. Jadi kami sarankan untuk cek secara berkala jika ingin menggunakan metode ini.

  • Langkah pertama silahkan buka browser pada PC/HP/Laptop.
  • Kemudian buka situs cek BLT BBM di alamat https://eform.bri.co.id/bpum.
  • Saat halaman terbuka, silahkan masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  • Kemudian masukkan kode verifikasi.
  • Terakhir silakan klik Proses Inquiry.
  • Tunggu beberapa saat sampai detail informasi penerima dengan NIK yang kalian input muncul.

2. Lewat Situs Cekbansos

Cek Bansos BBM Ojol Lewat Lewat Situs Cekbansos

Cara cek BLT Ojol yang berikutnya dapat digunakan yakni dengan memanfaatkan situs resmi cekbansos milik Kementerian Sosial (Kemensos). Sedikit berbeda dari cara di atas, untuk proses cek di situs ini kalian harus melengkapi alamat sesuai dengan KTP dan juga Nama Lengkap.

  • Pertama buka browser di PC/HP/Laptop.
  • Kemudian akses situs https://cekbansos.kemensos.go.id/.
  • Setelah itu silahkan masukkan Alamat Lengkap sesuai KTP mulai dari:
    1. Provinsi
    2. Kota/Kabupaten
    3. Kecamatan
    4. Kelurahan/Desa
  • Jika sudah kalian isi semua data-data tersebut, silahkan masukkan Nama Lengkap sesuai KTP.
  • Masukkan kode verifikasi yang tampil di halaman tersebut pada kolom tertera.
  • Terakhir klik cari data.
  • Tunggu sampai hasil pencarian data dengan Nama & Alamat tersebut muncul.

Akhir Kata

Demikian kiranya proses mudahnya cara cek BLT Ojol online yang dapat infojek.com rangkum da contohkan. Semoga dengan adanya informasi tersebut, kalian dapat langsung melakukan cek data-data penerima bansos BLT BBM, sekian dan semoga membantu.

Sumber Gambar: infojek.com, bisnis.com, floreseditorial.com