10 Cara Bayar Zakat Fitrah Lewat Grab : Pembayaran & Keuntungan

Cara Bayar Zakat Fitrah Lewat Grab – Adanya kemajuan teknologi yang semakin tumbuh pesat sampai saat ini. Setidaknya membawa perubahan pada layanan digital untuk bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Satu dari sekian perusahaan digital yang memanfaatkan hal tersebut adalah Grab.

Dimana baru-baru ini Grab sebagai aplikasi dengan begitu banyak pengguna di Indonesia, baru saja menjalankan kerjasama mereka bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia. Kerjasama dua lembaga ini bertujuan membantu masyarakat dalam menunaikan kewajibannya membayar Zakat.

Selain itu, adanya inovasi ini diharapkan akan cukup membantu pemerintah untuk menurunkan rasio peningkatan penyebaran COVID-19 dengan adanya pembatasan sosial. Menariknya lagi, melalui inovasi digital ini masyarakat juga dapat memanfaatkannya guna membayar Zakat Fitrah.

Menyadari pertumbuhan platform digital di era modern seperti sekarang. Memang tidak bisa dipungkiri hampir semua pelayanan ditawarkan lembaga masyarakat bisa diakses secara online hanya lewat aplikasi. Termasuk salah satunya cara bayar Zakat Fitrah lewat Grab yang ditujukan kepada Baznas.

Cara Bayar Zakat Fitrah Lewat Grab dan Keuntungannya

Dalam kerjasamanya bersama Grab, Baznas memanfaatkan metode pembayaran LinkAja karena kita tahu dompet digital ini sudah terintegrasi dengan Grab sebagai salah satu cara pembayarannya. Lalu bagaimana kita membayar Zakat Fitrah lewat Grab dan apa saja keuntungannya? Berikut sudah infojek rangkum penjelasan lengkapnya.

Baca  7 Syarat Cancel Order Grab Agar Bebas Denda 2021

Layanan Zakat Grab

Layanan Zakat Grab

Sedikit sudah kami singgung di atas, melalui layanan bayar Zakat di aplikasi Grab yang merupakan hasil kerjasamanya bersama Baznas. Ternyata selain bisa kita manfaatkan untuk melakukan pembayaran Zakat Fitrah. Ternyata ada juga bentuk bayar Zakat lain yang bisa kita lakukan melalui platform ride hailing ini.

Dimana dari pantauan mimin dengan mengakses aplikasi Grab langsung, setidaknya terdapat beberapa layanan pembayaran Zakat bisa dilakukan melalui Grab, beberapa diantaranya tersebut meliputi:

  • Zakat Fitrah
  • Zakat Maal
  • Zakat Profesi
  • Infaq

Semua layanan tersebut akan langsung  ditujukan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia untuk kemudian nantinya akan diserahkan kepada masyarakat yang memang membutuhkannya.

Metode Pembayaran Tersedia

Metode Pembayaran Tersedia

Memanfaatkan pembayaran Zakat Fitrah lewat Grab seperti yang kami singgung. Setidaknya kalian akan tetap bisa menunaikan kewajiban sebagai umat muslim meski sedang ada pembatasan sosial karena COVID-19.

Agar dapat bayar Zakat Fitrah Lewat Grab, tentu saja selain memiliki akun Grab aktif, kalian juga sudah harus memiliki akun LinkAja terintegrasi ke aplikasi Grab.

Hal ini karena PEMBAYARAN GRAB untuk layanan Zakat Fitrah ini memanfaatkan LinkAja. Oleh karena itu, silahkan integrasikan lebih dulu aplikasi akun LinkAja kalian ke Grab.

Pertanyaannya, apakah hanya ada LinkAja saja sebagai cara bayar Zakat Fitrah di Grab? Yah, untuk saat ini layanan pembayaran Zakat Fitrah lewat Grab hanya bisa kita bayar dengan menggunakan LinkAja.

Nominal Zakat Fitrah di Grab

Nominal Zakat Fitrah di Grab

Berapa sih nominal pembayaran Zakat Fitrah lewat Grab? Apabila kalian memanfaatkan cara ini untuk menunaikan kewajiban sebagai umat muslim. Perlu diketahui bahwa besaran nominal Zakat Fitrah yang akan dibayar lewat aplikasi Grab yakni sebesar Rp 40.000 untuk 1 orang.

Baca  √ Program Sahabat Grab Club Pro Plus: Manfaat & Cara Daftar

Cara Bayar Zakat Fitrah Lewat Grab

Jangkauan luas dimiliki Grab menjadi salah satu nilai positif dalam penerapan pembayaran Zakat Fitrah lewat Grab. Dengan begitu kalian tetap bisa menunaikan pembayaran Zakat Fitrah secara tepat waktu tanpa bingung. Lantas bagaimana cara bayar Zakat Fitrah lewat Grab itu?.

1. Buka Aplikasi Grab

Langkah pertama silahkan kalian buka aplikasi Grab dan pastikan sudah menggunakan versi terbaru karena layanan bayar Zakat Fitrah lewat Grab hanya ada pada versi terbaru. Pastikan pula sudah login ke akun Grab dan sudah mengaktifkan LinkAja di Grab.

1 Buka Aplikasi Grab

2. Pilih Bayar Zakat Via Online

Ketika aplikasi sudah terbuka, scroll ke bawah hingga kalian menemukan kolom “Bayar Zakat via Online”, apabila sudah menemukannya, silahkan tap untuk memilih menu tersebut.

2 Pilih Bayar Zakat Via Online

3. Pilih Zakat Sekarang

Sampai pada halaman pembayaran Zakat, silahkan pilih menu Zakat Sekarang dan tunggu halaman pembayaran Zakat di aplikasi Grab terbuka.

3 Pilih Zakat Sekarang

4. Pilih Zakat Fitrah

Lanjutkan dengan memilih menu bayar Zakat Fitrah pada menu pilihan pembayaran tersedia di dalam aplikasi Grab tersebut.

4 Pilih Zakat Fitrah

5. Masukan Detail Pembayaran

Sampai di halaman pembayaran, silahkan input detail pembayaran mulai dari:

  • Alamat Email
  • Nomor HP terdaftar Grab
  • Nama Lengkap
5 Masukan Detail Pembayaran

6. Pilih Metode Pembayaran

Setelah kalian mengisi detail pembayaran seperti di atas kami contohkan, scoll ke bawah dan ketuk menu Metode Pembayaran Zakat.

6 Pilih Metode Pembayaran

7. Klik Bayar Zakat

Jika sudah memilih metode pembayarannya, langsung saja tap menu Bayar Zakat di bagian bawah untuk melanjutkan pembayarannya.

7 Klik Bayar Zakat

8. Pilih Bayar Dengan LinjAja

Lanjutkan cara pembayaran dengan memilih menu Bayar dengan LinjAja yang tampil pada bagian bawah, dan otomatis aplikasi LinkAja pun akan terbuka untuk masuk ke halaman konfirmasi.

8 Pilih Bayar Dengan LinjAja

9. Konfirmasi Pembayaran

Sesampainya pada halaman konfirmasi pembayaran seperti terlihat pada gambar di atas. Silahkan pastikan detail data terlihat sudah sesuai, bila sudah tap saja Konfirmasi di bagian bawah.

9 Konfirmasi Pembayaran

10. Masukan PIN LinkAja

Untuk menyelesaikan proses pembayaran, silahkan masukan 6 digit PIN LinkAja kalian dengan benar, maka otomatis pembayaran Zakat Fitrah lewat Grab akan di proses.

10 Masukan PIN LinkAja

Keuntungan Bayar Zakat Fitrah Lewat Grab

Keuntungan Bayar Zakat Fitrah Lewat Grab

Memanfaatkan cara bayar Zakat Fitrah lewat Grab, setidaknya akan memberi banyak sekali keuntungan bagi kita. Nah beberapa keuntungan yang bisa kita rasakan ketika menggunakan Grab sebagai pilihan cara pembayaran Zakat Fitrah tersebut antara lain.

  • Proses pembayaran cepat dan mudah dilakukan dimana saja kita berada.
  • Tanpa biaya administrasi sedikitpun.
  • Proses pembayaran dilakukan secara transparan.
  • Menjangkau hampir seluruh masyarakat di Indonesia karena jangkauan Grab sendiri begitu luas.
  • Dana pembayaran Zakat sudah pasti akan ditujukan kepada masyarakat membutuhkan serta berhak menerimanya.
Baca  4 Cara Menggunakan Grab Point Perjalanan & Makanan Terbaru

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya mudahnya cara bayar Zakat Fitrah lewat Grab yang dapat kalian lakukan dan gunakan serta berbagai macam informasi penting lainnya terkait pembayaran Zakat Fitrah melalui Grab. Dan kiranya sekian dulu informasi yang kali ini dapat infojek.com sampaikan, semoga bisa menjadi referensi menarik serta membantu.