Apa Itu GoSend Web Portal : Cara Menggunakan & Keuntungan

Apa Itu GoSend Web Portal – Sebagai salah satu penyedia layanan transportasi online, Gojek memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya lewat layanan yang dimiliki. Dari sekian banyak jenis layanan yang ada, GoSend menjadi pilar utama kesuksesan Gojek dalam merangkul masyarakat tanah air.

Dengan adanya GoSend, pengiriman barang akan dapat di lakukan secara mudah dan cepat. Bahkan biaya yang harus kalian keluarkan juga terbilang cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan pengiriman barang lainnya seperti JNE atau TIKI.

Untuk memperluas jangkauannya, Gojek merilis layanan GoSend Intercity Delivery yang menjangkau wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Dengan begitu pengiriman barang dengan aera jangkauan antarkota pun dapat dilakukan dengan mudah menggunakan GoSend Intercity tersebut.

Namun, tak butuh waktu lama Gojek kembali memberikan kabar gembira dengan merilis fitur baru dengan nama GoSend Web Portal yang merupakan bentuk ekspansi jangkauan lebih luas lagi. Karena dengan memanfaatkan layanan ini, setiap orang akan dapat mengirimkan barang hingga daerah Jawa Tengah.

Apa Itu GoSend Web Portal : Cara Menggunakan & Keuntungan

Apa Itu GoSend Web Portal

Perilisan GoSend Web Portal sendiri akan menjadi awal kemudahan bagi para pelaku usaha UMKM. Karena bukan hanya area jangkauan lebih luas, tetapi juga jumlah paket yang bisa dikirim jauh lebih banyak dalam satu kali pengiriman.

Apa Itu GoSend Web Portal?

Jika dilihat dari sistem kerja serta fungsinya, sebenarnya GoSend Web Portal bisa dibilang hampir sama dengan GoSend Intercity Delivery. Hanya saja untuk menggunakan layanan baru ini, para pelaku usaha atau masyarakat umum hanya bisa melakukan pemesanan dari website saja, bukan dari aplikasi.

Baca  2 Tarif GoSend Terbaru : Instant & Same Day Delivery 2020

Dalam perilisannya, Gojek menjelaskan bahwa dihadirkannya fitur baru ini atas dasar kerjasama antara Gojek dan Paxel yang merupakan salah satu startup logistik Same-Day delivery service untuk bisa memperluas jangkauan layanannya hingga ke Jawa Tengah.

Siapa Pengguna GoSend Web Portal?

Seperti sudah kami sampaikan diatas, dihadirkannya GoSend Web Portal sendiri atas dasar dukungan serta apresiasi Gojek untuk para pelaku UMKM. Karena pada dasarnya perilisan layanan tersebut lebih diperuntukan bagi para social sellers dengan keinginan melakukan pengirman barang dalam jumlah banyak ke antarkota.

Akan tetapi, disebutkan juga bahwa para pengguna umum seperti masyarakat biasa pun masih tetap bisa memanfaatkan layanan ini dengan begitu mudah. Terutama bagi mereka yang ingin mengirimkan barang dalam jumlah banyak dengan tarif cukup terjangkau.

Berapa Tarif GoSend Web Portal?

Tarif yang ditawarkan sebenarnya masih sama dengan tarif GoSend Intercity Delivery. Yaitu tarif flat rate untuk seluruh dimensi ukuran barang dengan berat maksimal 5 kg. Atau lebih jelasnya bisa kalian lihat dibawah ini :

  • Jakarta ke Bandung atau Sebaliknya : Rp 20.000 max 5kg
  • Jabodetabek dan Bandung ke Yogyakarta, Solo dan Semarang atau sebaliknya : Rp 30.000
  • Antarkota Yogyakarta, Solo, dan Semarang : Rp 15.000

Area Layanan Pengiriman

Area Layanan Pengiriman

Dari penjelasan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa area layanan pengirman yang dapat dilakukan layanan baru Gojek ini masih sama dengan GoSend Intercity Delivery. Hanya saja lebih diperluas hingga daerah Jawa Tengah. Untuk lebih lengkapnya berikut daftar aera layanan pengiriman GoSend Web Portal.

  • Jabodetabek : Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi
  • Bandung : Kabupaten Bandung, Kabupaten Kota Bandung, Kabupaten Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.
  • Jawa Tengah : Yogyakarta, Solo, dan Semarang
Baca  7 Cara Mengatasi Verifikasi Muka Gojek & Vermuk Driver 2020

Cara Menggunakan GoSend Web Portal

Cara Menggunakan GoSend Web Portal

Merupakan inovasi baru dalam hal ekspedisi atau pengiriman barang, Gojek benar-benar ingin memberikan pengalaman baru bagi para penggunannya. Maka dari itu, tidak sama seperti GoSend Intercity, GoSend Web Portal hanya bisa diakses dan digunakan lewat website saja. Dan berikut adalah panduan cara menggunakannya.

  1. Pertama buka browser di HP atau PC kemudian akses situs https://portal.gosend.id/.
  2. Login menggunakan alamat email dan password dengan benar.
  3. Jika sudah berada pada halaman utama, silahkan kalian klik buat pesanan.
  4. Silahkan isi detail pengiriman selengkap-lengkapnya mulai dari nama pengirim, alamat penerima, koordinat lokasi penerima, dan juga keterangan barang serta nama penerima.
  5. Jika sudah, silahkan klik jenis layanan yang akan digunakan.
  6. Apabila mengirim barang ke lebih dari 1 penerima, maka klik tambah pengirim lain dan isi seluruh data.
  7. Setelah itu akan muncul detail pesanan.
  8. Apabila detail pesanan dan pembayaran sudah sesuai langsung klik Lanjut ke Pembayaran.
  9. Disini akan muncul sebuah QR Code untuk melakukan pembayaran menggunakan GoPay.
  10. Silahkan kalian scan QR Code tersebut dengan aplikasi GoJek kalian.
  11. Klik Pesanan untuk dapat melihat seluruh rincian order termasuk juga live tracking.
  12. Pada menu Live Tracking tersebut, kalian dapat memantau driver secara real time.
  13. Sedangkan untuk melihat riwayat pemesanan kalian bisa langsung klik tab Selesai.

Keuntungan Menggunakan GoSend Web Portal

Bagaimana menarik bukan fitur baru milik Gojek ini? Nah dengan penejelasan singkat diatas, bukan hanya akan memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis atau masayarakat umum dalam mengirimkan barang secara banyak sekaligus, namun masih ada beberapa keuntungan lain yang bisa kalian peroleh. Diantaranya:

  1. Bisa dipakai untuk melakukan pengiriman barang dalam jumlah banyak dengan tujuan berbeda-beda sekaligus.
  2. Bisa digunakan untuk memantau lokasi kurir secara langsung atau live tracking.
  3. Bisa mendapatkan status pengiriman terbaru.
  4. Kejelasan dan transparasi tentang tarif pembayaran bahkan tanpa adanya gelombang perubahan tarif pada web.
  5. Semua barang yang kalian kirim sudah termasuk dalam paket asuransi mencapai Rp 10.000.000.
Baca  25 Lokasi Zona NyAman J3K Gojek Seluruh Indonesia 2020

Degan memanfaatkan layanan ini, tentu saja kemudahan dalam pengiriman paket dalam jumlah banyak akan dapat terselesaikan begitu mudah. Bahkan menariknya tarif yang diberikan atau ditawarkan pun sangatlah terjangkau.

Apabila terdapat kendala saat menggunakan GoSend Web Portal yang merupakan fitur baru Gojek, kalian dapat menguhungi call center Gojek di 021 (50849000) atau juga bisa kirimkan email ke alamat customerservice@go-jek.com. Sekian dan semoga apa yang sudah infojek.com jelaskan diatas bisa menjadi referensi yang menarik.