8 Cara Menggunakan PeduliLindungi di Gojek & Ketentuan

Cara Menggunakan PeduliLindungi di Gojek – Menurunnya jumlah masyarakat terkena virus Covid-19 secara perlahan tentu membuat kabar gembira bagi semua masyarakat. Pasalnya penurunan angka positif memungkinkan beberapa akses pelayanan publik serta tempat wisata kembali beroperasi.

Meskipun begitu, untuk meminimalisir terjadinya penularan yang lebih parah, pemerintah secara bertahap sudah melakukan berbagai macam upaya termasuk memberikan vaksinasi kepada setiap masyarakat. Pemberian vaksin sendiri dilakukan secara 2 kali.

Dan setiap masyarakat ketika telah melakukan vaksin, mereka akan memperoleh sertifikat vaksin. Dimana bukti SERTIFIKAT VAKSIN bisa digunakan agar masyarakat mendapatkan fasilitas pelayanan publik seperti sedia kala. Atau bagi mitra driver untuk kepatuhan terhadap ketentuan pihak Gojek.

Melalui Platform PeduliLindungi yang berbasis online serta mobile app. Setiap masyarakat sudah memiliki sertifikat vaksin dapat mengakses berbagai layanan publik dengan mudah hanya dengan scan QR code melalui aplikasi di tempat maupun pusat keramaian.

Cara Menggunakan PeduliLindungi di Gojek

Menariknya seiring meningkatnya penggunaan platform PeduliLindungi, Kemenkes Indonesia secara resmi telah mengumumkan bahwa kini fasilitas PeduliLindungi telah terintegrasi dengan 11 aplikasi populer di tanah air. Salah satunya adalah Gojek. Lalu seperti apa sih cara menggunakan PeduliLindungi di Gojek?

Apa Itu PeduliLindungi ?

Apa Itu PeduliLindungi

Buat kalian yang belum tahu, PeduliLindungi adalah aplikasi khusus di kembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan guna menghentikan penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang tengah melanda seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Baca  Pendaftaran Gojek Medan 2021 : Cara Daftar & Syarat Biar Diterima

Dalam menggunakan aplikasi ini setidaknya pemerintah membutuhkan partisipasi masyarakat. Karena dengan menggunakan platform ini, instansi pemerintah akan dapat melacak data lokasi setiap pengguna ketika bepergian.

Termasuk untuk melacak riwayat kontak dengan penderita Covid-19 lebih mudah dilakukan. Tidak saja hanya sampai disitu, penggunaan aplikasi PeduliLindungi juga memungkinkan para pengguna mendapatkan pemberitahuan jika sedang berada di Zona Merah.

Ketentuan Menggunakan PeduliLindungi di Gojek

Ketentuan Menggunakan PeduliLindungi di Gojek

Nah dengan semakin banyaknya masyarakat menggunakan layanan PeduliLindungi. Seperti di jelaskan di atas. Layanan satu ini kini sudah terintegrasi langsung di beberapa aplikasi populer, termasuk Gojek salah satunya.

Jadi jika kalian merupakan pengguna aktif Gojek, semestinya memanfaatkan fasilitas ini guna memberikan pengalaman lebih baik saat mengunjungi tempat-tempat keramaian. Nah pertanyaannya seperti apa dan bagaimana sih cara menggunakan PeduliLindungi di Gojek?.

Sebelum kita membahas bagaimana menggunakan fitur PeduliLindungi di Gojek. Peru diketahui bahwa ada beberapa hal penting harus dipahami para calon pengguna. Dan beberapa hal penting yang infojek.com maksud antara lain.

  1. Setiap pengguna Gojek yang ingin menggunakan fasilitas PeduliLindungi untuk check-in & check-out di lokasi publik harus menggunakan Gojek versi terbaru.
  2. Penggunaan layanan check-in dan check-out PeduliLindungi di Gojek hanya tersedia hanya untuk para pengguna smartphone android.
  3. Sampai dengan saat ini fasilitas PeduliLindungi masih terbatas hanya bisa digunakan masyarakat Indonesia telah memiliki NIK.
  4. Telah memiliki akun PeduliLindungi aktif, atau artinya sudah menyerahkan bukti kepemilikan sertifikat vaksin Covid-19.

Siapa yang Dapat Menggunakan PeduliLindungi di Gojek?

Siapa yang Dapat Menggunakan PeduliLindungi di Gojek

Mengutip langsung dari situs resmi Gojek serta penjelasan syarat ketentuan di atas. Untuk saat ini yang dapat menggunakan fitur PeduliLindungi di dalam Gojek hanya:

  • Masyarakat Indonesia asli sudah memiliki NIK dan telah terdata di sistem kependudukan Indonesia.
  • Warga Negara Asing (WNA) secara aturan telah memiliki identitas kependudukan resmi di Indonesia.
  • Dan tentunya masyarakat sudah melakukan & memiliki sertifikat vaksin.
Baca  10 Cara Pemulihan Akun Gojek Customer : Syarat & Ketentuan

Selain kedua kriteria tersebut, maka penggunaan fasilitas fitur PeduliLindungi di  Gojek tidak akan bisa digunakan. Jadi pastikan ketika ingin menggunakan fasilitas tersebut setidaknya sudah memiliki NIK dan telah melakukan vaksin Covid-19.

Cara Menggunakan PeduliLindungi di Gojek

Setelah mengetahui semua penjelasan detail terkait apa itu PeduliLindungi, syarat ketentuan penggunaan serta kriteria masyarakat dapat menggunakan fasilitas ini. Maka, jika kalian merupakan salah satu pengguna aktif Gojek dan ingin memanfaatkan fasilitas tersebut.

Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara menggunakan PeduliLindungi di Gojek.

1. Buka Aplikasi Gojek (Android)

Cara pertama, silahkan kalian buka aplikasi Gojek yang ada pada HP android kalian. Pastikan bahwa versi digunakan paling baru. Jika belum segera update di Play Store.

1 Buka Aplikasi Gojek Android

2. Pilih Menu Check-In

Setelah berhasil login dan Gojek sudah terbuka secara sempurna. Maka bagi para pengguna Gojek di Android akan langsung melihat menu Check-in di halaman utama, silahkan dipilih.

2 Pilih Menu Check In

3. Masukkan Data Diri

Kemudian pada halaman berikutnya, silahkan masukkan semua data yang diminta, termasuk di antaranya seperti NIK & Nama Lengkap.

3 Masukkan Data Diri

4. Setujui Syarat & Ketentuan

Cara berikutnya harus dilakukan yakni checklist kotak kecil untuk menyetujui syarat dan ketentuan lalu tap Lanjut Scan QR.

4 Setujui Syarat Ketentuan

5. Konfirmasi Penggunaan

Sebelum aplikasi mengarahkan membuka kamera, kalian akan diminta untuk melakukan konfirmasi penggunaan dengan tampilan seperti berikut ini. Sekali lagi silahkan tap Lanjut Scan QR.

5 Konfirmasi Penggunaan

6. Pindai QR Code

Cara selanjutnya yakni disaat kamera HP terbuka, arahkan pada QR Code terdapat di lokasi pelayanan publik seperti Mall, Perkantoran ataupun tempat wisata.

6 Pindai QR Code

7. Pilih Check-In

Jika scan QR sudah terbaca, maka kalian akan di arahkan ke halaman dimana detail tempat lokasi, jumlah kapasitas akan terlihat. Untuk melanjutkan menggunakan fitur tersebut silahkan klik Check-In.

7 Pilih Check In

8. Check-In Berhasil

Jika cara menggunakan PeduliLindungi di Gojek berhasil. Maka tampilan aplikasi akan memperlihatkan detail Nama, NIK serta warna status.

8 Check In Berhasil

Arti Warna Status PeduliLindungi

Arti Warna Status PeduliLindungi

Sebagai salah satu syarat untuk memudahkan masyarakat saat melakukan perjalanan serta bepergian ke tempat pelayanan publik. Di layanan PeduliLindungi, setidaknya ada 4 indikator warna akan muncul di status check-in.

Baca  9 Cara Daftar Komunitas Partner GoFood 2021: Syarat & Manfaat

Apa saja kiranya warna yang digunakan serta apa arti warna status PeduliLindungi?. Berikut detail penjelasannya.

Warna StatusArti Warna Status PeduliLindungi
HitamBerstatus terinfeksi Covid-19 atau merupakan kontak erat dari orang terinveksiTidak boleh beraktivitas di ruang publik.
MerahBelum melakukan vaksinasi pertama atau keduaDisarnakan tidak boleh berada di ruang publik
Orange / KuningPengunjung baru mendapatkan vaksin dosis pertama /Belum terkonfirmasi Covid-19 dan sudah sembuh namun belum di vaksin karena belum 3 bulanBoleh berada di ruang publik namun dengan protokol tetap dijaga
HijauSudah menerika semua dosis vaksinTidak ada hasil positif / kontak erat dengan pasien Covid-19Aman dan boleh berkegiatan di ruang publik

Akhir Kata

Bagaimana sudah cukup jelas dan paham dengan informasi yang telah infojek.com sampaikan di atas terkait cara menggunakan PeduliLindungi di Gojek?. Jika sudah silahkan ikuti panduan cara tersebut ketika ingin menggunakan PeduliLindungi sat perjalanan atau berkunjung ke tempat publik.