6 Cara Ganti Plat Nomor Grab 2020 : GrabBike & GrabCar

Cara Ganti Plat Nomor Grab – Kendaraan memang jadi faktor yang penting dalam layanan Grab. Seluruh kendaraan baik mobil maupun motor yang beroperasi pada layanan Grab memang harus jelas kepemilikan dan pajaknya.

Pergantian plat nomor kendaraan memang sering terjadi untuk kurun waktu beberapa tahun sekali. Oleh karena itu mitra GrabCar maupun GrabBike wajib mendaftarkan plat nomor baru dalam aplikasi Grab. Indentitas kendaraan menjadi penting karena akan mempengaruhi cara server Grab memberi order.

Satu nomor plat memang hanya bisa didaftarkan oleh maksimal 2 mitra driver saja. Memang ganti plat nomor bisa dilakukan secara langsung pada Grab Driver Center. Namun bagi yang tidak ingin mengantri dan menunggu prosesnya kini bisa ganti plat nomor Grab secara online.

Mengganti plat nomor bisa dilakukan lewat aplikasi Grab Driver. Cara ini lebih praktis karena menghemat waktu dan tenaga mitra. Prosesnya juga mudah karena anda cukup mengisi formulir ganti plat nomor kemudian mengirimkannya secara online.

Cara Ganti Plat Nomor Grab (GrabBike & GrabCar)

Cara Ganti Plat Nomor Grab
Cara ganti plat nomor Grab kurang lebih memakan waktu maksimal 24 jam sehingga dapat diandalkan kapanpun. Anda juga perlu mempersiapkan beberapa foto dokumen yang harus diunggah online. Sebelum melakukan pergantian plat nomor lebih baik simak syarat dan cara yang dirangkum infojek.com berikut.

Syarat Tahun Kendaraan GrabBike & GrabCar

  • Untuk GrabBike minimal tahun motor 2011 dan khusus mitra baru bergabung tahun 2020 maka tahun motornya 2015.
  • Untuk GrabCar tahun mobil semua daerah minimal 2015.
Baca  12 Cara Buka Tutup Restoran GrabFood & Atur Jam Terbaru 2020

Syarat Dokumen Ganti Plat Nomor Grab

Semua dokumen yang dipersiapkan untuk ganti plat nomor Grab harus masih dalam masa berlaku. Apabila dokumen kedaluwarsa maka Grab tidak bisa memproes permintaan ganti plat nomor. Selain itu pastikan juga semua gambar yang diambil benar benar jelas tulisannya.

  • Foto KTP ataupun SIM pastikan semua tulisan bisa dibaca dan hasilnya fotonya tidak blur.

Syarat Dokumen Ganti Plat Nomor Grab

  • Foto STNK dan lembar pajak yang masih berlaku, buka plastik supaya hasil fotonya jelas. Pastikan semua tulisan bisa dibaca dengan baik. Masa berlaku STNK harus sama dengan plat nomor.

Syarat Ganti Plat Nomor Grab

  • Foto driver dengan kendaraan sambil memegang STNK. Masa berlaku plat nomor harus sama dengan STNK.

syarat foto kendaraan

Cara Ganti Plat Nomor Grab Terbaru

Kumpulkan terlebih dahulu syarat pendaftaran mencakup foto dokumen diatas. Selanjutnya semua proses ganti dilakukan lewat aplikasi Grab Driver sebagai berikut.

1. Jalankan Grab Driver kemudian masuk ke menu Akun -> Profil Saya -> Pengaturan(ikon bergerigi) -> tekan nama -> Informasi Kendaraan.

Cara Ganti Plat Nomor Grab Terbaru

2. Tekan Pusat Bantuan maka muncul formulir online yang wajib diisi dimana perubahan diproses 1×24 jam.

cara mengganti Plat Nomor Grab

3. Lanjutkan dengan memilih kota, jenis layanan, mengisi nama ibu kandung, nomor plat lama, merk kendaraan baru, nomor plat baru kemudian memilih dokumen apakah KTP atau SIM.

4. Selanjutnya upload dokumen syarat mulai dari SIM/KTP, STNK dan juga foto selfie bersama kendaraan. Pastikan bahwa semua fotonya tidak blur dan jelas tulisannya,

Unggah Plat Nomor Grab

5. Lanjutkan dengan mencentang kotak Dengan menekan…… Selanjutkan silahkan tekan KIRIM untuk mengirimkan permintaan ganti plat nomor.

6. Apabila sudah mengirim formulir maka muncul notifikasi bahwa Grab akan memproses permintaan anda, tekan Selesai.

Baca  20 Cara Upgrade OVO Premier 2020 dari Syarat & Keuntungan

Proses Ganti Plat Nomor Grab

Proses Ganti Plat Nomor Grab

Grab juga akan mengirimkan email yang berisi informasi ganti plat nomor. Proses ganti plat nomor akan berlangsung dalam waktu maksimal 24 jam. Silahkan selalu periksa email inbox untuk memeriksa apakah pergantian plat nomor selesai dilakukan.

Ketika proses ganti plat selesai dilakukan maka anda akan memperoleh email pemberitahuan dan informasi kendaraan pada aplikasi akan berubah. Ganti plat nomor tidak akan mempengaruhi akun driver apabila dilakukan dengan cara yang benar. Anda juga dapat kembali melakukan top up Grab Driver apabila plat nomor sudah diganti dengan yang baru.