9 Cara Server Grab Memberi Order ke Driver dan Algoritmanya

Cara Server Grab Memberi Order – Penggunaan teknologi dalam sistem pembagian order Grab memang menjadi salah satu hal yang perlu di perhatikan bagi seluruh mitra driver Grab. Karena sistem yang digunakan Grab sendiri memiliki beberapa algoritama untuk menentukan siapa driver yang akan mendapatkan orderan tersebut.

Penggunaan algoritma tersebut otomatis memberikan peluang bagi driver untuk bisa mendapatkan orderan dengan beberapa syarat dan ketentuan yang ada. Namun kurangnya pengetahuan tentang algoritma Grab yang berada di dalam server Grab membuat banyak driver mengeluh karena mereka tidak mendapatkan orderan meskipun berada di lokasi ramai.

Mungkin dengan hal tersebut membuat kalian bertanya-tanya tentang bagaimana sistem algoritma dan juga cara server Grab memberi order ke mitra atau driver. Karena dengan kalian memahami alur kerja dari server Grab tersebut memberikan orderan, maka kalian akan bisa kembali mendapatkan orderan yang banyak.

Dengan begitu nantinya akan membuat aplikasi grab gacor dalam menerima orderan penumpang. Nah agar kalian lebih paham serta jelas tentang alur pemberian oder pada driver Grab yang dilakukan oleh server Grab. Maka dibawah ini akan kami jelaskan secara rinci mengenai cara server Grab memberi oder ke driver.

Algoritma & Cara Server Grab Memberi Order ke Driver

Cara Server Grab Memberi Order ke Driver dan Algoritmanya

Seperti kami singgung pada pembahasan diatas, ketika ada orderan masuk dari konsumen lewat apliksai Grab mereka. Maka orderan tersebut tidak akan langusng masuk ke driver, melainkan masuk terlebih dahulu ke server Grab. Baru kemudian server tersebut menentukan driver mana yang akan mendapatkan orderan.

Baca  7 Cara Memberi Tip Kepada Mitra Pengemudi Grab

Algoritma Grab untuk Penentuan Driver

Algoritma Grab untuk Penentuan Driver 1

Tentunya hal tersebut sudah diatur sedemikian rupa oleh Grab agar server benar-benar memberikan orderan tersebut kepada driver yang tepat sesuai dengan algoritma yang digunakan. Lalu apa saja sih algoritma Grab dalam menentukan driver ketika terdapat orderan yang masuk.

1. Jarak Driver dengan Customer

Algoritma pertama yang digunakan Grab untuk mencari driver ketika ada konsumen yang memesan adalah validasi jarak driver dengan customer. Algoritma akan mulai mencari driver grab dengan jangkauan radius GPS sekitar 1 km dari kustomer. Jika tidak ada baru akan diperluas hingga melebihi jarak 1 km sampai orderan diterima.

2. Kecepatan dalam Berkendara

Sebelum menerima orderan dari konsumen, server Grab lewat algoritma bernama kecepatan dalam berkedara juga menjadi bagian terpenting. Karena lewat algoritma ini Server Grab akan menilai kecepatan kalian sebelum memberikan oderan.

3. Argo Kakap / Perjalanan Jauh

Kemudian algoritma server Grab yang berikutnya adalah Argo Kakap atau Perjalanan jauh. Dengan algoritma ini server Grab akan memending orderan yang masuk karena melihat faktor kelelahan dan konsentrasi. Hal ini tentu menjadi point penting mengingat keselamatan mitra dan konsumen menjadi prioritas penting bagi Grab. Biasanya server akan memberikan rentang waktu istirahat antara 5 – 15 menit.

4. Maping dari Google Maps

Kemudian tidak bisa dianggap remeh, pemberian order pada mitra oleh server Grab juga di lakukan setelah server menjalankan algoritma maping dari Google Maps. Yang dimana dengan Maping tersebut,  Grab akan menjadikannya sebagai patokan baik jarak, kecepatan, argo dan juga arah serta kndisi lalu lintas. Dengan begitu server akan bisa menempatkan posisi driver dan juga penumpang pada saat menentukan titik penejmputan.

Baca  Apa Itu GrabMart : Ketentuan & Cara Menggunakan 2020

5. Ketaatan Mitra Pada Peraturan (SOP)

Dan algoritma terakhir yang digunakan oleh Grab untuk menentukan driver mana yang akan mendapat orderan apabila ada konsumen yang memesan adalah ketaatan driver terhadap peraturan Grab atau SOP Grab bagi mitra. Dalam hal ini algoritma membaca dari ulasan atau komentar pelanggan kepada driver.

Cara Server Grab Memberi Order

Cara Server Grab Memberi Order

Nah itulah algoritma yang digunakan server Grab dalam menentukan driver ketika ada sebuah orderan masuk. Apakah sudah pahan dan jelas ? jika sudah maka hal lain yang perlu mitra driver Grab perhatikan atau ketahui adalah cara server grab memberi order ke driver. Nah untuk lebih jelasnya berikut kami rangkumkan penjelasannya.

1. Konsumen Memesan Layanan Grab

Konsumen Memesan Layanan Grab

Cara pertama yaitu ketika ada konsumen yang melakukan pemesanan layanan Grab lewat aplikasi Grab seperti GrabBike, GrabCar, GrabFood atau Grab Express dan yang lainnya. Maka pesanan tersebut akan masuk ke server Grab terlebih dahulu sebelum dikirimkan kepada mitra yang terpilih dengan mengacu pada algoritma diatas.

2. Order Diterima dan Diproses Server

Order Diterima dan Diproses Server

Apabila server Grab sudah mendapatkan orderan, maka secara otomatis server tersebut akan menjalankan urutan algoritma yang kami sampaikan diatas untuk memilih mana mitra driver yang berhak mendapatkan orderan tersebut.

3. Pemilihan Driver

Pemilihan Driver

Setelah pemrosesnan algoritma selesai dan menemukan driver yang cocok, maka server akan mengirimkan orderan tersebut kepada mitra driver. Namun dalam pemberian ini Grab juga menentukan driver sesuai dengan 2 kategori yaitu driver part time dan full time.

Yang dimana untuk driver part time merupakan driver yang hanya beroperasi pada jam-jam tertentu. Sedangkan driver full time merupakan driver yang beroperasi seharian penuh serta berstatus siap. Dengan begitu  driver ini akan menjadi driver yang diutamakan dalam penentuan orderan yang masuk.

Baca  8 Cara Ganti Tujuan Setelah Mulai Perjalanan

4. Driver Menerima Order

Driver Menerima Order

Apabila semua algoritma tersebut sudah server Grab lakukan, maka secara otomatis server akan mengirimkan sebuah orderan sesuai dengan layanan yang di pilih penumpang kepada aplikasi driver. Dan bagi para driver yang mengaktifkan order prioritas juga akan membuat kesempatan mendapatkan orderan tersebut.

Nah seperti itulah kiranya bagaimana cara server grab memberi oder kepada driver atau mitra. Silahkan kalian pahami poin-poin penting diatas agar kalian bisa mendapatkan orderan gacor dan mendapatkan penghasilan yang masimal. Dan kiranya sekian informasi dari infojek.com semoga bisa bermanfaat.